Mata adalah petunjuk terhadap kesehatan kamu. Selain adanya penyakit mata seperti glukoma dan katarak, keanehan di mata juga bisa jadi merupakan gejala penyakit di tubuh yang tidak kamu ketahui. Jika kamu merasa adanya gejala-gejala mata yang aneh, atau melihat bahwa matamu terlihat aneh ketika berkaca, maka perhatikan baik-baik. Bisa jadi, keanehan di mata tersebut merupakan alarm dari 4 kondisi serius berikut ini.

Kolesterol Tinggi

Jika kamu memiliki kolesterol tinggi, maka kamu bisa mengalami kehilangan penglihatan sementara yang datang dan pergi, seperti sebuah tirai yang tertutup dan tersibak menutupi matamu. Ini adalah gejala bahwa pembuluh arteri karotidmu dipenuhi oleh kolesterol dan berusaha  untuk bisa mengirimkan darah ke matamu. Kamu juga bisa mengalami sakit mata, melihat adanya cincin abu-abu di sekitar kornea , atau mengalami kesulitan menyesuaikan penglihatan terhadap cahaya yang sangat terang. Di beberapa kasus, deposit kolesterol kuning yang dinamai xanthelasma bisa muncul di ujung matamu atau di kelopak matamu.

Gangguan Tiroid

Tiroid adalah organ kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terdapat di lehermu. Tiroid mengontrol hormon-hormon tertentu yang membantu mengatur pertumbuhan dan metabolismemu. Jika tiroidmu tdak berfungsi dengan benar, maka bisa terjadi berbagai masalah yang buruk bagi kesehatanmu. Kadang-kadang, gejala seperti otot mata yang bengkak dan mata yang terlihat lebih besar dari biasanya adalah gejala ini. Masalah tiroid juga bisa menyebabkanmu memiliki penglihatan ganda: ketika objek di hadapanmu nampak seperti ada dua dan kabur. Karena itu, jika kamu memperhatikan ada keanehan di mata atau matamu nampak tidak wajar di cermin, maka kamu harus segera menghubungi dokter.

Diabetes

Pemeriksaan mata secara teratur direkomendasikan untuk semua orang karena keanehan di mata bisa merupakan gejala dari penyakit serius. Akan tetapi, jika kamu memiliki diabetes atau beresiko tinggi terserang diabetes, maka ini wajib hukukmnya. Diabetes bisa membuat bagian dari retina yang mengendalikan penglihatan sentralmu membengkak atau mengandung cairan. Kamu tidak akan kehilangan penglihatan karena ini, tetapi kamu akan mengalami penglihatan yang memburuk. Kabar buruknya, orang-orang yang menderita diabetes punya resiko lebih tinggi 40% terserang glukoma dan 60% terserang katarak. Ada juga ancaman terserang retinopati diabetes yaitu gangguan yang mempengaruhi bagian mata yang sensitif terhadap cahaya. Ini akan bisa menyebabkan kaburnya pandangan.

Stroke

Satu lagi penyakit yang harus kamu waspadai jika menemukan keanehan di mata adalah stroke. Jika kamu kehilangan penglihatan secara mendadak dan mengejutkan, artinya mungkin kamu akan mengalami stroke, atau bahkan sudah mengalaminya. Biasanya, kehilangan penglihatan karena stroke hanya terjadi pada satu mata, tapi ini juga bisa terjadi pada kedua mata dan menyebabkan kebutaan. Kadang, serangan stroke juga merusak syaraf yang menggerakkan matamu dan membuatmu memiliki penglihatan ganda.

Baca juga Jangan Sampai Kamu Mengalami Masalah Mata Karena Salah Menggunakan Lensa Kontak Yaa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Tidak Perlu Meminta Maaf Untuk 6 Hal Ini

Apakah kamu tipe orang yang sering meminta maaf