Flu dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Virus juga menyebar dengan cepat dan sulit dikendalikan. Menjaga kesehatan dan meningkatkan imun adalah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Pada kasus terburuk, flu dapat menyebabkan pneumonia atau infeksi bakteri yang berpotensi fatal, terutama pada wanita hamil dan orang-orang yang menderita asma atau kondisi kronis lainnya.

Inilah beberapa tips pencegahan beserta penanggulangan flu yang bisa kamu lakukan :

  • Menghindari Orang-orang atau Tempat Publik
Business Team Corporate Marketing Working Concept

Menghindari orang selama musim flu adalah cara yang sah untuk menjaga diri dari infeksi. Jika kamu dapat membatasi interaksi dengan publik selama musim flu, maka kamu dapat mengurangi risiko terkena flu. Flu menyebar dengan cepat di ruang terbatas seperti hotel, arena, bioskop, bar dan gedung teater. Jadi, usahakan untuk tinggal di rumah saja jika memang tidak ada kepentingan yang mendesak.

  • Istirahat di Rumah dan Bekerja di Rumah

Meskipun tidak semua orang memiliki kesempatan ini, jika kamu bisa dan diperbolehkan untuk bekerja di rumah, maka lakukanlah. Terutama ketika kamu sudah mulai terbawa cuaca dan mengalami tanda-tanda flu. Bahkan hanya satu hari istirahat di rumah saja dapat membantu kamu menjadi lebih sehat ketika kamu sudah mengalami gejala flu.  

  • Konsumsi Vitamin D

Penelitian tahun 2006 yang diterbitkan oleh Cambridge University Press, menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dapat berdampak pada sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemungkinan kamu terkena flu. Itu sebabnya sebaiknya kamu memenuhi kebutuhan vitamin D (15 mikrogram per hari) selama musim dingin atau musim flu. Kamu dapat mengonsumsi suplemen, atau hanya makan lebih banyak makanan bervitamin D seperti salmon susu, kuning telur dan jamur.

  • Mendapat Vaksinasi Flu dan Minum Obat Flu

Ketika kamu mendapatkan vaksinasi flu, tubuh kamu melepaskan antibodi yang dapat melindungi Kamu dari virus yang paling umum di musim tertentu. Ketika kamu sudah terjangkit flu, segera lah meminum obat flu untuk mencegahnya supaya tidak semakin parah.

  • Jaga Jarak Setidaknya Tiga Kaki dari Orang yang Batuk atau Bersin

Virus flu adalah parasit yang berkeliaran di sekresi pernapasan yang berjalan di udara dalam butiran kecil; ketika diproyeksikan oleh batuk atau bersin, mereka dapat terbang sekitar tiga kaki sebelum jatuh ke tanah. Seorang pasien flu yang secara aktif memproyeksikan tetesan ini dengan batuk atau bersin dapat mencemari udara yang kamu hirup. Tidak ada cara praktis untuk menilai apakah seseorang sedang pilek atau flu, jadi sebaiknya jaga jarak kamu dari siapa pun yang memiliki gejala yang mencurigakan.

  • Jauhkan bibir kamu dari pasangan yang terinfeksi

Virus flu menular mulai dari hari sebelum kamu mengalami gejala pertama kamu, Flu menyebar setiap kali kamu mengalami demam hingga seminggu setelah gejala terakhir mereda. Virus ini juga menyebar dalam air liur, jadi mencium pasangan yang terinfeksi virus flu tentu akan membuat kamu tertular.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/inilah-7-hal-yang-dapat-kamu-lakukan-untuk-mencegah-flu/

http://www.tampilcantik.com/amankan-dirimu-musim-hujan-ini-dengan-mengikuti-tips-mencegah-flu-berdasarkan-ayurveda-ini/

http://www.tampilcantik.com/beberapa-mitos-tentang-flu-yang-harus-berhenti-kamu-percayai-sekarang-juga/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Melindungi Diri dari Virus Corona Menurut WHO

Terlepas dari sudah banyaknya artikel yang membahas tentang