Tips Pencegahan Kanker Payudara Yang Wajib Diketahui Semua Wanita

Kanker payudara menjadi penyakit yang kerap menjangkit para wanita. Bahkan banyak informasi yang menyebutkan jika kanker payudara merupakan penyakit yang jadi sebab kematian utama banyak wanita di dunia. Tak heran jika hal ini menjadikan para wanita merasa was-was karenanya.

Perlu diketahui jika di Indonesia sendiri diperkirakan ada 350 ribu wanita yang memiliki kanker payudara. Meski demikian jangan terlalu khawatir karena sebetulnya ada banyak cara dalam pencegahan kanker payudara yang bisa kamu upayakan sendiri. Sebetulnya ada banyak sekali faktor yang memungkinkan terjadinya kanker payudara. Namun, mari lebih fokus pada tips pencegahannya berikut ini:

Menjaga berat badan

Berat badan kerap dikaitkan dengan besarnya risiko untuk mengidap kanker payudara. Wanita dengan obesitas usai masa menopause mempunyai risiko untuk terkena kanker payudara hingga 20 sampai 40 persen lebih tinggi lho dibandingkan yang mempunyai berat badan normal. Perubahan pada berat badan serta waktu terjadi kenaikan berat badan tersebut diperkirakan berkaitan adanya hormon estrogen serta insulin yang ada di tubuh. Mengetahui risiko ini, maka kamu pun harus berusaha untuk menjaga berat badan untuk hindarkan diri dari kanker payudara.

Mengutamakan makanan sehat

Kamu pun jangan lupakan untuk selalu makan dengan pola yang sehat. Asupan buah, sayur hingga kacang-kacangan harus mencukupi. Kandungan makanan sehat tentunya penuh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur dan buah pun mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa bantu kurangi risiko kanker payudara. Untuk wanita yang telah terkena kanker payudara juga bisa meningkatkan kualitas hidup dengan kurangi makanan yang berlemak. Sosis, daging dengan lemak tinggi, margarin, krim hingga minyak dan mentega menjadi makanan yang baiknya dihindari.

Olahraga itu harus

Mungkin ini menjadi tips yang sudah sering kamu dengarkan jika olahraga sangat baik untuk kesehatan. Tapi jangan sepelekan olahraga lho ya karena olahraga bisa jadi cara untuk menurunkan risiko terkena kanker payudara lho. Ini sudah dibuktikan dengan studi dan penelitian lho. Standar dalam melakukan olahraga adalah dengan intensitas yang sedang setidaknya 2,5 jam per minggunya.

Hindari kebiasaan merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang bisa mengancam kesehatan. Bahkan perokok memiliki risiko yang amat tinggi untuk bisa terkena kanker payudara lho. Jika Anda masih aktif merokok sampai saat ini, maka risiko terkena kanker bisa mencapai 13 persen. Wah, pastikan berhenti merokok sejak saat ini demi investasi kesehatan jangka panjang kamu.

Batasi minuman beralkohol

Konsumsi minuman beralkohol dengan takaran segelas per hari setidaknya bisa meningkatkan risiko kanker payudara hingga 12 persen lho. Potensi ini tentunya akan kian meningkat jika kamu minum alkohol dengan takaran lebih dari segelas per hari. Bahaya sekali bukan? Untuk itu pastikan kamu batasi minum minuman beralkohol ya. Ada baiknya jika kamu bisa menghilangkan kebiasaan yang satu ini.

Kenali perubahan yang ada

Hal paling umum untuk bisa kenali kanker payudara yakni dengan melakukan pengecekan dengan rutin yang biasa disebut SADARI. Caranya adalah dengan meraba payudara demi deteksi adanya kelainan. Selain dilakukan mandiri, ada baiknya kamu cek juga ke dokter demi validnya kondisimu.

Baca Juga:

^  REVIEW: LA Girl Pro Matte Foundation

^  Perceraian Bukan Akhir Segalanya. Banyak Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Hidup Lebih Baik

^  8 Mitos Bra yang Tidak Perlu Kamu Percayai

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cut Carbo Demi Diet Tanpa Lapar, Cobain Yuk

Cut Carbo Demi Diet Tanpa Lapar, Cobain Yuk!