Female Breast Ptosis atau Ptosis Payudara Wanita adalah istilah yang digunakan untuk payudara wanita yang secara alami “melorot” atau mengendur. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi dimulainya proses ini, seperti merokok, faktor genetika, penurunan berat badan yang cepat, dan usia. 

Perempuan harus ingat, bahwa payudara memang memiliki kemungkinan mulai kendur pada usia dini, tetapi ada tindakan pencegahan yang bisa membantu menunda pengenduran tersebut.

Nah, untuk memahami tentang payudara, kamu perlu tahu beberapa fakta payudara yang ternyata hanya mitos, seperti berikut ini. 

  1. Alasan payudara kendur adalah karena menyusui

Banyak wanita keliru menganggap hal ini sebagai kebenaran. Padahal, fakta sebenarnya, menyusui tidak akan memengaruhi ptosis payudara wanita. Bukan proses menyusui yang menyebabkan payudara kendur, tetapi justru jumlah kehamilan yang menyebabkan payudaranya melorot. 

Selain itu, mungkin ada alasan lain mengapa payudara menjadi kendur, salah satunya adalah efek gravitasi. 

  1. Push-up akan mengencangkan payudara

Ahli kebugaran memang menyarankan beberapa jenis olahraga seperti push-up, misalnya, untuk memperkuat otot payudara. Tetapi sebenarnya olahraga tersebut tidak dapat menghindarkan wanita dari proses mengendurnya payudara.

Pasalnya, sebagian besar payudara wanita terdiri dari lemak dan kelenjar susu. Jadi, tidak ada jenis olahraga apa pun yang dapat mengubah bentuk dan komposisinya. Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi kurang elastis dan kelenjar susu sendiri menjadi lebih kecil. Itu sebabnya payudara mulai terlihat “kosong” saat kita tua. 

Nah, olahraga seperti push-up hanya akan memperkuat otot-otot di belakang payudara, yang terletak di dada.

  1. Wanita dengan payudara kecil tidak akan mengalami ptosis 

Proses payudara kendur adalah perubahan terkait usia yang tak terhindarkan. Tidak peduli apakah ukuran payudara kamu kecil atau besar, kamu tetap akan mengalami ptosis. 

Payudara dengan ukuran lebih besar memang cenderung kendur lebih awal, tetapi payudara dengan ukuran lebih kecil juga tetap dipengaruhi oleh gravitasi, sehingga ligamen tetap melemah seiring bertambahnya usia.

  1. Bra dapat mencegah payudara kendur

Bra membantu menjaga payudara tetap tegak dan merupakan elemen tak terelakkan dari sebagian besar lemari pakaian wanita. Pasti kamu punya bra di lemarimu, bukan?

Namun, pemakaian bra secara terus-menerus, tidak akan membuat payudara menjadi kencang, justru jika kamu selalu memakai bra, payudara kamu akan lebih cepat kendur. 

Semua ini terjadi karena bra mengangkat payudara dan meringankan kerja ligamen, kamu. Akibatnya, ligamen jadi lebih lemah dan memperburuk kemampuan mereka untuk menyangga payudara secara alami. 

Kamu memang tidak harus berhenti memakai bra sama sekali, terutama jika kamu merasa tidak nyaman atau sakit saat berolahraga. Tapi, kamu juga tidak boleh terus-menerus menggunakan bra, terutama saat tidur di malam hari. 

  1. Jogging membuat payudara kencang

Jogging dan aktivitas olahraga lainnya memang bermanfaat bagi tubuh. Namun, wanita harus ingat, payudara juga bergerak secara intensif saat jogging. Artinya, gerakan saat jogging tidak membantu mengencangkan ligamen yang meregang, tetapi justru membuat payudara menjadi kendur.

  1. Pijat dapat mengencangkan payudara yang kendur

Memijat diri sendiri dengan aliran air pasti terasa enak dan bisa membantu menjaga kulit tetap kencang. Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi payudara. Karena, perawatan dengan pijat tidak akan mempengaruhi kekuatan ligamen dan tidak bisa mengangkat kembali payudara yang kendor.

Baca Juga :

9 Jenis Perubahan Bentuk Payudara yang Normal dan Berbahaya

7 Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menurunkan Berat Badan

7 Daily Outfit Tips untuk Wanita dengan Payudara Besar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik