Jika kamu serius ingin menurunkan berat badan dan menjaganya agar ini berlangsung untuk waktu yang lama, maka berhentilah melakukan hal-hal trendy dalam diet ini yang sebenarnya tidak bermanfaat untukmu. Nah, kamu sebaiknya menggantinya dengan tips diet yang tepat.

Melakukan detoks

Nasehat diet paling buruk yang biasa didengar oleh ahli diet adalah: lakukan detoks atau pembersihan tubuh. Mengejutkan? Diet detoks ini sebenarnya betujuan untuk membersihkan racun-racun dari tubuhmu dan membantu berat badanmu agar menjadi lebih mudah turun. Sayangnya ternyata ini salah. Justru, diet detoks bisa berbahaya buat tubuhmu. Berat badan yang menurun karena diet detoks atau pembersihan adalah solusi sementara. Untuk jangka panjangnya, kamu akan malah kesulitan untuk mempertahankan penurunan berat badanmu.

Memangkas karbohidrat terlalu parah

Iya, kamu masih bisa makan karbohidrat dan tetap sehat. Yang menjadi masalah dengan memangkas karbohidrat untuk menurunkan berat badan adalah karena sebenarnya karbohidrat sangat diperlukan untuk memberi bahan bakar pada aktivitas sehari-harimu. Tanpa karbohidrat, kita merasa lemah, lelah, dan malah bisa kelaparan jadi ingin makan kebanyakan. Solusinya adalah mengonsumsi karbohoidrat yang tinggi serat, yang akan memperlambat pencernaan dan mencegah kenaikan gula darah.

Diet bebas gluten

Menghilangkan gluten juga merupakan salah satu mitos terbesar mengenai menurunkan berat badan. Bagi oang-orang yang  tak mengalami alergi gluten, hasilnya bisa tak terduga buruknya. Setelah mereka kembali melakukan diet biasa, maka mereka akan jadi mengalami sensiitivtas gluten. Selain itu, banyak produk bebas gluten juga mengandung kadar gula yang sangat tinggi dan filler lain yang biasanya tidak sehat. Selain itu, kamu juga tidak merasakan manfaat produk-produk whole grain.

Tidak makan lemak

Memang, kebanyakan lemak bukan merupakan strategi yang baik untuk menurunkan berat badan maupun buat berat badanmu secara umum. Akan tetapi, kalau kamu sama sekali tidak makan lemak, ini juga bukan merupakan hal yang baik. Lemak adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Tetapi, tidak semua lemak sama. Ada yang berbahaya, dan ada yang baik. Sebaiknya kamu meninggalkan lemak jenuh yang tidak sehat dan memilih lemak dalam jumlah tak berlebih dari kacang-kacangan, ikan, dan VCO. Lemak sehat juga membantu menurunkan berat badan karena memberimu energi dan membuatmu merasa kenyang.

Diet instan

Diet instan menjanjikan penurunan berat badan drastis yang tidak sehat. Pada mulanya, kamu mungkin berhasil jadi lebih kurus, tetapi yang berkurang kebanyakan adalah berat badan air dan berat otot. Ketika kamu kembali ke pola makan biasa, kamu akan mengalami siklus yoyo. Lebih baik ubah gaya hidupmu dengan perlahan tapi konsisten dan pasti.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Yuk! Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur Agar Kamu Memperoleh Berbagai Manfaat Ini

Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh