Sakit kepala adalah sebuah kondisi umum yang dialami banyak orang sehari-hari. Mulai dari sakit kepala yang sekedar tidak nyaman hingga yang tidak bisa tertahankan, yang jelas sakit kepala ini akan bisa mengganggu kehidupan sehari-harimu. Dan meskipun ada banyak obat-obatan yang didesain untuk menghilangkan gejala sakit kepala, banyak juga cara-cara alamiah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sakit kepala tanpa perlu minum obat sintetis. Berikut ini contohnya.

Minum air

Hidrasi yang tidak cukup bisa jadi salah satu alasan sakit kepala yang kamu alami. Pada fatanya, ada banyak studi yang mendemonstrasikan bahwa dehidrasi kronis adalah penyebab umum dari sakit kepala dan sakit kepala sebelah. Untungnya, minum air putih memang ditunjukkan bisa meredakan gejala sakit kepala pada sebagian besar individu yang dehidrasi. Sakit kepala tersebut reda dalam waktu 30 menit hingga 3 jam setelah minum air putih. Selain menghilangkan sakit kepala karena dehidrasi, dehidrasi juga bisa mengurangi konsentrasi dan membuatmu jadi mudah marah. Karena itu, kamu harus rajin-rajin minum air setiap harinya.

Konsumsi magnesium

Magnesium adalah sebuah mineral penting yang diperlukan untuk berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk mengontrol gula darah dan meningkatkan transmisi otak. Menariknya, magnesium juga didemonstrasikan sebagai obat yang efektif untuk menghilangkan sakit kepala. Berbagai bukti menunjukkan bahwa kekurangan magnesium lebih umum terjadi pada orang yang sering mengalami sakit kepala sebelah, dibandingkan mereka yang tidak mengalaminya. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi magnesium sitrat secara oral setiap hari sebanyak 6600 mg bisa mengurangi frekuensi dan keparahan sakit kepala. Sayangnya, bagi beberappa orang, mengonsumsi suplemen magnesium bisa menyebabkan efek samping seperti diare.

Batasi alkohol

Minum alkohol mungkin tidak menyebabkan sakit kepala pada sebagian orang. Tetapi, studi menunjukkan bahwa alkohol bisa memicu sakit kepala sebelah pada sepertiga dari mereka yang memang sering menderita sakit kepala. Sakit kepala karena alkohol diakibatkan karena alkohol berperan sebagai vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah dan membuat darah bisa mengalir lebih lancar. Selain itu, alkohol juga diuretik, membuat tubuh jadi kekurangan cairan dan elektrolit yang bisa memperparah sakit kepala. Kalau kamu ingin menghilangkan sakit kepala, berhenti minum alkohol.

Tidur cukup

Kurang tidur bisa berdampak sangat buruk pada kesehatanmu. Bahkan, ini juga bisa menyebabkan sakit kepala bagi banyak orang. Mereka yang tidurnya kurang dari enam jam setiap harinya lebih sering mengalami sakit kepala. Sakit kepalanya juga lebih parah. Namun, tidur terlalu banyak juga bisa memicu sakit kepala, sehingga kalau kamu ingin menghilangkan sakit kepala, kamu harus tidur dengan jumlah jam yang cukup dan seimbang setiap malam.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Diet yang Akan Mengubah Hidupmu

Menurunkan berat badan, terutama menurunkan berat badam dalam