Pola makan Anda memiliki pengaruh yang kuat namun kompleks terhadap kesehatan Anda. Pola makan yang seimbang menyediakan vitamin, mineral, dan nutrisi penting untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap kuat dan sehat. Pola makan yang baik juga dapat membantu Anda mengatasi berbagai penyakit dan komplikasi kesehatan, serta membantu menjaga berat badan yang sehat. Meskipun mudah bagi sebagian orang untuk mencapai tujuan penurunan berat badan melalui pola makan yang jelas, namun ada pula yang sering kali harus berjuang keras. Angkat tangan jika Anda mengeluh atau mendengar seseorang berkata, “Mengapa berat badan saya tidak turun, padahal saya melakukan segalanya dengan benar?”

Kebanyakan orang mempunyai banyak kesalahpahaman mengenai diet. Secara umum diyakini bahwa makan lebih sedikit, mengurangi asupan kalori, dan berolahraga lebih banyak akan menyebabkan penurunan berat badan. Ada banyak faktor yang berhubungan dengan penurunan berat badan. Itu membutuhkan konsistensi, cinta diri, kerja keras, dan kesabaran. Ditambah lagi genetika dan faktor lainnya membuat penurunan berat badan jauh lebih sulit bagi sebagian orang dibandingkan dengan yang lain. Di sini, kami menguraikan mengapa menurunkan berat badan lebih sulit bagi sebagian orang dibandingkan yang lain.

  1. Pilihan sehat kaya karbohidrat dalam diet Anda tidak akan membuat berat badan Anda bertambah. Namun, mengikuti pola makan yang tidak sehat dan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis kaya karbohidrat akan menyebabkan penambahan berat badan. Jadi kurangi karbohidrat sederhana dan pertahankan karbohidrat kompleks dalam diet Anda.
  2. Penting untuk memantau apa yang Anda makan. Jika penurunan berat badan Anda sepertinya terhenti, mungkin Anda makan terlalu banyak. Simpan buku harian asupan makanan, ini berguna.
  3. Asupan protein yang rendah dapat membuat upaya penurunan berat badan Anda terhenti. Pastikan Anda mengonsumsi banyak makanan kaya protein seperti susu, produk susu, telur, ayam tanpa lemak, ikan, dll).
  4. Hindari makan banyak makanan olahan dan olahan; itu dapat merusak proses penurunan berat badan Anda.
  5. Mengonsumsi sarapan yang sehat dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar di kemudian hari dan mengatakan ‘TIDAK’ pada camilan yang tidak sehat. Tidak perlu makan sedikit-sedikit dan sering, Anda bisa mengikuti pola makan sesuai jadwal, tapi minimal harus makan empat kali sehari (sarapan, makan siang, snack, dan makan malam).
  6. Sertakan setidaknya dua buah dalam diet harian Anda. Makan buah di pagi hari memberikan awal yang baik untuk hari ini. Jangan makan buah bersamaan dengan makan atau setelah makan. Mereka bisa dimakan sebagai camilan di sela-selanya.
  7. Makan malam lebih awal dan ringan. Hindari makanan berat dan manisan di malam hari. Kunyah makanan Anda dengan benar dan makan perlahan.
  8. Pastikan Anda berolahraga secara teratur, dan pilih olahraga yang membantu Anda membakar lemak. Kurangnya olahraga bisa menjadi salah satu penyebab penurunan berat badan. Diet dan olahraga harus berjalan beriringan.
  9. Kurangnya kualitas tidur juga menjadi faktor risiko yang dapat menghambat penurunan berat badan Anda. Minum air putih dapat membantu penurunan berat badan. Untuk mengurangi asupan kalori Anda, minumlah segelas air sebelum makan.
  10. Puasa itu tidak sehat, jika Anda lapar dalam jangka waktu yang lama, Anda akan memilih makan besar yang menggantikan semua kalori yang ingin Anda hemat. Perhatikan pola makan harian Anda untuk mencari ‘kalori kosong’ yang dapat Anda kurangi, seperti biji-bijian olahan dan minuman manis. Jangan menghentikan porsi makan seluruhnya.
  11. Periksa label nutrisi untuk melihat berapa banyak kalori dalam porsi dan juga periksa ukuran porsi. Penting untuk memantau porsi makanan yang Anda makan.
  12. Banyak kondisi medis seperti PCOD, PCOS, masalah tiroid, dan ketidakseimbangan hormon dapat menghambat penurunan berat badan atau bahkan menyebabkan penambahan berat badan. Juga ada beberapa alergi atau intoleransi makanan tersembunyi yang dapat mempersulit penurunan berat badan. Sudah diperiksa.
  13. Selalu makan dengan penuh perhatian saat Anda mencoba menurunkan berat badan. Makan tanpa berpikir adalah salah satu alasan utama orang kesulitan menurunkan berat badan.

Tidak ada dua orang yang sama. Apa yang berhasil untuk orang lain mungkin tidak berhasil untuk Anda. Menurunkan berat badan adalah sebuah proses, jadi ubahlah rencana yang sesuai untuk Anda. Berhati-hatilah untuk menghindari diet iseng yang menyebabkan penurunan berat badan sementara dan mungkin tidak aman. Pertahankan pola makan yang seimbang, yang membantu Anda meningkatkan energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mempertahankannya dalam jangka panjang, fokuslah untuk menerapkan kebiasaan gaya hidup yang lebih sehat. Anda tidak perlu memasak mahakarya yang mewah atau rumit—cukup makanan enak dengan bahan-bahan segar.

“Tetap Aman, Tetap Sehat”. Jadilah pintar, Makanlah dengan cerdas. Jangan makan lebih sedikit, makanlah dengan benar.

Baca Juga :

Baca Ini Jika Perjalanan Penurunan Berat Badan Anda Membuat Anda Terpuruk

Apakah Anak yang Kelebihan Berat Badan Lebih Rentan Terkena Diabetes Dini?

Hormon Dan Pertambahan Berat Badan: Gejala Dan Cara Mengendalikannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Makanan Terbaik Untuk Detoks di Musim Panas

Meskipun diet iseng datang dan pergi, praktik penyembuhan