Tidak ada orang di planet ini yang memiliki bau badan yang sama dan setiap orang memiliki bau yang unik. Meskipun wajar bagi tubuh kita untuk menghasilkan aroma yang berbeda, tapi  ketika bau tersebut menjadi sangat kuat dan tidak menyenangkan, maka orang sekitar dan bahkan diri kita sendiri akan terganggu karenanya.

Jika kamu mengalami bau badan yang kuat dan menyengat, kamu tidak perlu khawatir. Selalu ada solusi untuk hal ini. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang kamu miliki di rumah untuk melawan bau badan.

  • Rendam kaki dengan cuka

Cuka adalah obat rumahan anti bakteri yang kuat dan mampu melawan berbagai bentuk bakteri, jamur, dan mikroba. Anti bakteri pada cuka muncul karena asam asetat yang dikandungnya. Asam asetat telah terbukti dapat mengatasi bau kaki dan kutu air.

Untuk merendam kaki dengan cuka, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Kamu juga boleh mencampurkan beberapa tetes minyak esensial favorit kamu. Aduk campuran tadi di dalam baskom dan rendam kaki kamu selama 10 hingga 20 menit. Lakukan hal ini sekali sehari dan kaki kamu tidak akan bau menyengat lagi.

  • Gunakan ampas kopi untuk lulur

Bubuk kopi dikenal karena sifat penyerap bau. Karena aromanya yang kuat, kamu bahkan bisa menggosok tangan dengan bubuk kopi untuk menghilangkan bau kuat setelah memasak. Misanya bau amis ikan, bau bawang putih, atau bau bahan masakan lainnya. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan ampas kopi untuk mengurangi bau badan, dengan menggunakannya sebagai lulur mandi untuk mengelupas sel kulit mati dan menampakkan kulit baru yang bersih dan wangi.

Untuk membuat lulur kopi, campurkan kopi dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1. Campur bahan tadi di dalam mangkok atau toples kecil. Untuk menggunakan lulur kopi, basahi kulit kamu dan oleskan scrub kopi dengan lembut ke tubuh kamu. Pijat dengan lembut untuk mengelupas sel-sel kulit mati. Setelah itu, bilas dengan sabun lembut dan air. Gunakan scrub kopiseminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

  • Minum Air Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan asam sitrat, yang membantu melindungi tubuh kamu dari bakteri penyebab bau badan. Minum air lemon dan oleskanlah jus lemon ke ketiak kamu untuk mengubah tingkat pH tubuh kamu, supaya bau badan kamu berkurang.

Perlu diperhatikan, para ahli medis telah menemukan bahwa asam yang ditemukan dalam lemon dapat bereaksi keras saat terkena sinar matahari. Hal ini bisa menyakitkan bagi kulit, jadi sebaiknya gunakan jus lemon pada malam hari atau saat kamu tahu kamu akan tinggal di dalam ruangan sepanjang hari.

Untuk mengoleskan jus lemon pada ketiak, kamu perlu 1 gelas air dan air/jus dari ½ buah lemon. Kamu bisa meminum campuran ini dan juga bisa mencelupkan kapas pada cairan lalu mengoleskannya pada ketiak kamu.

  • Gunakan minyak kelapa untuk obat kumur

Minyak kelapa kaya akan sifat antibakteri yang telah terbukti membantu kebersihan mulut. Minyak serbaguna ini bisa mengurangi plak, radang gusi, dan bau mulut. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur, maka campurkan 1 – 2 sendok makan minyak kelapa ekstra virgin, lalu gunakanlah untuk berkumur. Kamu bisa berkumur di mulut dan tenggorokan setidaknya selama 5 – 20 menit. Setelah kumur, buang minyak kelapa dan berkumurlah lagi dengan air hangat.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/10-tips-menghilangkan-bau-badan-ketika-tidak-sempat-mandi/

https://www.tampilcantik.com/penggunaan-deodoran-untuk-bau-badan-amankah/

https://www.tampilcantik.com/cara-alami-menghilangkan-bau-mulut/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Cara Aman Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami

Jika kamu perhatikan, selama pandemi COVID-19 ini, banyak