Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, kita dituntut untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19. Salah satu protokol kesehatan yang utama adalah memakai masker di mana pun dan kapan pun. 

Setelah hampir dua tahun memakai masker setiap keluar rumah, rasanya pakaian belum lengkap jika belum memakai masker. Kebiasaan memakai masker tentu berpengaruh pada rutinitas make up para perempuan.

Lipstik sebagai poin utama make up, sering kali luntur dan berantakan. Lipstik berpindah ke kain masker selama kita beraktivitas. Akibatnya, saat masker dilepas, lipstik sudah hilang atau menjadi belepotan. 

Untuk itu, kamu membutuhkan trik make up tertentu agar lipstik yang dipakai tetap awet dan maskerproof. Berikut beberapa trik yang bisa kamu coba:

  1. Hilangkan sisa lip balm pada bibir

Lip balm adalah pelembab bibir yang sangat penting dan wajib diaplikasikan sebelum memakai lipstik. Produk ini berfungsi menghidrasi bibir kamu agar tetap lembut dan kenyal, serta bebas dari bibir pecah-pecah. 

Dengan memakai lip balm, bibir kamu akan lembap sepanjang hari. Selain itu, beberapa produk lip balm sudah mengandung SPF 15 yang melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari.

Meskipun kaya manfaat, namun penggunaan lip balm yang berlebihan tidak dianjurkan ketika kamu harus memakai masker. Agar lipstik tidak cepat luntur, kamu harus menghilangkan sisa lip balm pada bibir sebelum mengaplikasikan lipstik.

Caranya, aplikasikan lip balm seperti biasa, kemudian mulailah merias wajah. Setelah semua riasan wajah selesai dan nutrisi lip balm sudah terserap bibir, kamu dapat mengambil tisu atau kapas untuk membersihkan sisa lip balm pada bibir kamu. Setelah sisa lip balm dibersihkan, barulah kamu bisa mengaplikasikan lipstik. Trik ini akan membuat lipstik lebih tahan lama dan maskerproof.

  1. Pakai lip liner untuk gantikan lipstik

Lip liner kamu akan menjadi sahabatmu selama pandemi Covid-19. Selain menambah kedalaman dan menegaskan bentuk bibir, lip liner juga dapat dijadikan kanvas bagi lipstik yang akan kamu aplikasikan. Produk ini akan melindungi lipstik agar tidak mudah luntur atau menempel pada masker.

Caranya mudah, cukup ganti lipstik kamu dengan lip liner. Aplikasikan lip liner pada seluruh bibir untuk menggantikan lipstik. Cara ini akan efektif karena lip liner mampu memberikan hasil akhir matte yang halus pada bibir kamu. Selain itu, lip liner juga tahan air dan transferproof. Jadi kamu tidak perlu khawatir lipstik akan hilang akibat menempel pada masker. 

  1. Pilih lipstik matte

Bagi kamu pencinta lipstik dengan hasil akhir glossy, mau tidak mau, kamu perlu mempertimbangkan lipstik matte agar selamat dari masker. Alasannya sederhana, lipstik glossy akan sangat mudah berpindah atau transfer ke masker yang kamu pakai. Ini bisa membuat riasan kamu berantakan selama beraktivitas.

Jika kamu tidak suka lipstik matte karena terasa berat di bibir, maka carilah lipstik matte berformula ringan yang tidak akan menyiksa bibirmu. Apabila kamu khawatir lipstik matte membuat bibir kering, maka kamu bisa mengaplikasikan lip balm sebelum memakai lipstik untuk menjaga kelembaban bibir.

  1. Rekatkan lipstik dengan bedak tabur transparan 

Teknik merekatkan lipstik dengan memanfaatkan bedak tabur akan membuat lipstikmu tahan lama. Caranya, aplikasikan lipstik seperti biasa, kemudian ambil tisu, tempelkan pada bibir, lalu oleskan bedak tabur transparan menggunakan brush make up di atas tisu. 

Bedak tabur akan membantu menyerap produk lipstik berlebih pada bibir dan membuat lipstik lebih merekat pada bibir kamu. Dengan cara ini, lipstik yang kamu pakai tidak akan bergeser atau berantakan ketika kamu menggunakan masker. 

Baca Juga :

Mau Nampak 10 Tahun Lebih Muda? Cobain Trik Makeup Mata Berikut Ini Yuk

Coba Trik Makeup ini Untuk Membuat Kulit Pucat Terlihat Glowing

Trik Makeup Setiap Wanita yang Harus Kamu Ketahui

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

REVIEW: Missha Wish Stone Tint Velvet Line Friends Edition

Hello! 😉 Setelah sebelumnya review Hand Cream kolaborasi