Ada kalanya, usai kamu menjalani pagi yang sibuk dan melelahkan, kamu pun beristirahat makan siang untuk mengisi energi lagi, sebelum melanjutkan pekerjaan.

Tapi yang terjadi adalah kamu semakin mengantuk setelah makan siang. Apa yang bisa dilakukan?

Saat seperti itu, biasanya orang akan langsung mencari kopi untuk tetap terjaga demi produktivitas kerja. Sayangnya, lambung kamu akan menjerit jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kopi.

Nah, solusi sehat untuk obati rasa kantuk tanpa kopi ada di sini. Lakukan lima hal berikut ini ketika kamu mulai mengantuk di siang hari :

  1. Temukan lelucon di media sosial

Kamu butuh istirahat kilat yang bisa mengobati rasa kantuk? Gampang. Temukan saja sesuatu yang bisa membuat kamu tertawa. Entah itu video di TikTok dan Youtube, atau meme di Twitter, Facebook dan Instagram. 

Satu studi yang mengamati detak jantung dan pengeluaran energi orang-orang yang tertawa, menemukan bahwa tawa yang tulus dapat meningkatkan energi kamu. Hal itu tentu saja akan menghilangkan kantuk di siang bolong. 

Bahkan, penelitian juga menunjukkan bahwa tertawa dapat meredakan stres, menurunkan tekanan darah, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan endorfin. 

  1. Jalan-jalan 

Saat kamu merasa mata kamu mulai menutup dan ingin tidur, maka jangan paksa diri kamu untuk terus bekerja di depan komputer, karena kamu akan semakin mengantuk. Sebaiknya, kamu segera tutup laptop kamu, lalu keluarlah sejenak untuk berhalan-jalan, melihat pemandangan sekitar, dan menghirup udara segar. 

Tidak perlu waktu lama, kamu boleh jalan-jalan sekitar 10 sampai 15 menit. Waktu singkat tersebut sudah bisa mengobati rasa kantuk dan meningkatkan energi kamu. Bahkan, jalan-jalan bisa lebih efektif untuk hilangkan rasa kantuk dibandingkan dengan meneguk kopi.  

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Physiology & Behavior membandingkan efek konsumsi kafein harian dengan aktivitas fisik, dan mereka menemukan bahwa aktivitas dengan interval pendek seperti berjalan kaki atau naik-turun tangga, lebih efektif dalam meningkatkan tingkat energi. 

  1. Atur pola makan

Sebagai tindakan pencegahan, pilihlah sarapan sehat yang tinggi protein dan rendah karbohidrat. Kemudian untuk makan siang, perhatikan porsi makan kamu. Usahakan untuk makan dengan porsi kecil saja. 

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang seimbang dapat memberikan energi secara perlahan sepanjang pagi. Sedangkan, sarapan tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang bisa menghilangkan energi kamu di siang hari.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa makan siang dalam porsi besar dapat menyebabkan tubuh memproduksi serotonin, yang dapat membuat kamu merasa lelah. 

  1. Kunyah permen karet

Meski kedengarannya aneh, tapi mengunyah permen karet benar-benar dapat meningkatkan energi kamu, loh. Serangkaian penelitian meneliti efek mengunyah permen karet terhadap suasana hati seseorang. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan dan perhatian. 

Tapi ingat, kunyahlah permen karet dengan santai dan alami setelah makan. Teknik santai dan alami akan meningkatkan pengeluaran energi kamu. Permen karet sangat patut dicoba karena dapat menyegarkan bau nafas juga, loh. 

  1. Dengarkan musik favorit

Musik adalah obat yang manjur saat kamu mengantuk. Jadi, ketika mata kamu sudah mulai berat, putarlah musik favorit yang bisa membuat kamu terjaga. Usahakan pilih musik-musik ceria dan menyenangkan, agar suasana hati kamu ikut meningkat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik favorit dapat meningkatkan kadar dopamin. Musik yang membangkitkan semangat adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan fokus kamu, agar siap untuk kembali bekerja. 

Baca Juga :

Cara Ampuh Tetap Fit dengan Jam Tidur yang Kurang

4 Siklus Tidur Alternatif Bagi Kamu yang Kurang Tidur

Sering Mengantuk Setelah Makan? Inilah yang Terjadi Saat Kamu Tidur Setelah Makan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Tren Interior Rumah yang Tampak Keren Tapi Justru Membawa Petaka

Jika kamu sering membaca majalah atau artikel tentang