Bintik-bintik itu lucu, tetapi ketika datang ke bercak yang tidak diinginkan di wajah – tidak, terima kasih. Tidak semua orang mendapatkannya, tetapi bagi mereka yang mengalaminya, bintik hitam di wajah, dada, tangan, atau bagian tubuh lainnya bisa sangat membuat frustrasi. Namun, karena Anda tidak dapat menghilangkan noda dengan tongkat ajaib, dan rata-rata concealer tidak selalu dapat menutupinya, terkadang kita harus sedikit kreatif dalam menangani tambalan ini. Namun sebelum kita mulai tentang cara menghilangkan flek hitam secara alami di wajah kita, mari kita coba mencari tahu terlebih dahulu. Mengapa mereka muncul di tempat pertama?

Anda mungkin pernah mendengar tentang pigmen alami yang disebut melanin yang ada di kulit Anda. Bertanggung jawab atas warna kulit, mata, bahkan rambut, melanin juga melindungi kulit Anda dari efek berbahaya sinar matahari. Setiap kali kulit Anda terkena sinar matahari, melanosit – atau sel yang memproduksi melanin – meningkatkan produksi melanin. Dan terkadang, mereka mengalami overdrive, memproduksi lebih banyak melanin dari biasanya, menghasilkan bintik hitam. Ini sering disebut sebagai hiperpigmentasi jika Anda ingin mendapatkan semua medis tentang hal itu.

Meskipun ada banyak cara untuk menghilangkan bintik hitam ini, mulai dari mengoleskan tabir surya seperti tidak ada hari esok hingga menggunakan retinoid topikal yang dapat membantu meringankannya. Menggunakan bahan kimia berat pada kulit, terutama kulit sensitif, sering kali lebih berbahaya daripada baik. Tapi jangan khawatir, karena sebelumnya, kami akan membuat daftar berbagai item sehari-hari yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bintik-bintik secara alami dari kulit Anda. 

  1. Susu

Daftar panjang manfaat susu tampaknya tidak pernah berakhir. Menambahkan ke daftar itu, susu, buttermilk, bahkan susu asam telah terbukti efektif mengobati perubahan warna kulit, semua berkat asam laktat.

Cara menggunakan susu untuk mengobati flek hitam:

  • Rendam bola kapas dalam susu.
  • Gosokkan pada bintik-bintik 3-4 kali sehari, dan ulangi sampai Anda melihat hasilnya!
  1. Pepaya

Apa cara jitu untuk mencerahkan bintik hitam, dan warna kulit Anda secara keseluruhan? Bilas lapisan atas dengan exfoliant alami, seperti pepaya. Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi (AHA yang terkenal!) Yang merupakan pengelupasan kimia yang menghilangkan sel-sel kulit mati dan kusam dan menghidupkan kembali sel-sel kulit yang sehat. Untuk membuat exfoliant pepaya Anda sendiri di rumah untuk menghilangkan noda, inilah yang dapat Anda lakukan:

Cara menggunakan pepaya untuk mengobati flek hitam:

  • Hancurkan pepaya matang dalam mangkuk, dan oleskan sebagai masker selama 20 menit.
  • Saat melepas masker, gunakan gerakan melingkar yang lembut untuk sedikit pengelupasan tambahan pada lapisan atas sel kulit mati.
  1. Bubuk Kunyit

Pada titik ini, haldi sama pentingnya dengan bagian dari perawatan kulit kita, seperti halnya diet kita. Dan kami hanya akan mengatakannya – nenek kami tidak salah ketika mereka mencoba melapisi paket wajah kunyit di wajah kami, sementara kami mencoba menggeliat. Manfaat ganda kunyit meluas hingga menghambat produksi melanin kulit, yang, seperti yang telah kita bahas, bertanggung jawab atas hiperpigmentasi. Yakin dan siap membuat perawatan penghilang flek kunyit sendiri? Inilah yang perlu Anda lakukan:

Cara menggunakan kunyit untuk mengobati flek hitam:

  • Campur satu sendok teh bubuk kunyit, dengan 1-2 sendok teh madu, dan 1 sendok teh minyak kelapa sampai berbentuk pasta dengan konsistensi yang tidak terlalu kental atau terlalu cair.
  • Biarkan di wajah Anda selama 20 menit, dan bilas dengan air.
  1. Kentang

Bahan french fries favoritmu? Ya, itu juga dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap, jika Anda tidak tahu! Kentang mentah mengandung vitamin c, potasium, dan zat pencerah lainnya yang membantu menghilangkan bintik hitam dan penyamakan kulit. Inilah cara Anda membuat masker kentang DIY sendiri:

Cara menggunakan kentang untuk mengobati flek hitam:

  • Parut beberapa kentang mentah (cukup 2-3 saja) dan campurkan dengan jus lemon, atau yoghurt. Jika Anda memiliki kulit yang sangat kering, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu ke dalam campurannya.
  • Oleskan ini pada wajah Anda selama beberapa menit, dan cuci muka dengan air hangat.
  1. Bawang Merah

Yup, kami sama terkejutnya dengan Anda. Meskipun bawang merah bisa membuat Anda menangis, bawang merah sebenarnya berhasil membuat kulit Anda sangat bahagia. Sekarang tersedia dalam banyak krim pencerah kulit dan noda, kulit bawang merah kering adalah bahan yang efektif untuk menghilangkan noda, menurut penelitian. Sambil mencari krim yang mengandung allium cepa (nama ilmiahnya) adalah salah satu caranya, Anda juga bisa menggunakan bahannya di rumah. Berikut caranya:

Cara menggunakan bawang merah untuk mengobati flek hitam:

  • Gosok bawang (dengan kulitnya) di daerah yang terkena 2-3 kali sehari.
  • Jika baunya mengganggu Anda, cuci muka setelahnya. Anda akan melihat hasilnya dalam beberapa hari!

Baca Juga :

6 Skincare Alami untuk Hilangkan Flek Hitam

5 Penyebab Munculnya Flek Hitam pada Wajah

Yuk, Ketahui Flek Hitam Secara Lebih Mendalam

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sikat Pembersih Wajah

Sesekali, dunia kecantikan memunculkan penemuan yang merevolusi cara