Kerontokan rambut sebenarnya adalah hal yang normal bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang mengalami penurunan berat badan, melahirkan, mengalami stres setiap hari, atau memiliki gangguan kesehatan yang membuat rambut rontok. Namun karena faktor tertentu, terkadang kamu bisa mengalami rambut rontok yang berlebihan sampai berujung pada kebotakan.

Untungnya, ada beberapa cara mudah dan efektif untuk menyelamatkan rambut kamu dan membuatnya lebih kuat. Berikut beberapa cara alami untuk menumbuhkan rambut dan melawan kebotakan :

Konsumsi makanan yang merangsang pertumbuhan rambut

Pola makan yang salah dapat menjadi penyebab kerontokan rambut. Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang tepat, akan memperbaiki kondisi rambut kamu. Berikut makanan hebat yang akan meningkatkan pertumbuhan rambut kamu :

  • Kimchi

Kimchi mengandung probiotik yang dapat membantu membalikkan kerontokan rambut.

  • Telur

Telur kaya akan protein dan biotin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

  • Bayam

Bayam mengandung komponen penting untuk pertumbuhan rambut seperti folat, zat besi, dan vitamin A.

  • Salmon dan ikan berlemak

Mereka merupakan sumber omega-3 terbaik yang akan meningkatkan kepadatan rambut.

  • Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E, vitamin C, dan asam lemak penting, yang bermanfaat bagi rambut.

  • Daging

Daging adalah sumber protein dan zat besi yang penting untuk kesehatan rambut.

  • Lakukan perawatan kulit kepala

Menggosok kepala dan mengoleskan masker rambut sama bermanfaatnya dengan mengatur pola makan kamu. Kamu bisa mulai coba memijat kulit kepala dengan menggunakan berbagai jenis minyak. Ini akan membantu menghilangkan ketegangan dan meningkatkan pertumbuhan rambut di sel papilla dermal. Berikut minyak yang bisa kamu gunakan :

  • Minyak rosemary : dapat digunakan untuk mengatasi kebotakan dan merangsang rambut untuk tumbuh kembali. Gunakan obat tetesnya untuk memijat kulit kepala beberapa kali seminggu.
  • Minyak geranium : merupakan produk yang dikenal dengan efek penunjang pertumbuhan rambut. Kamu dapat mencampurnya dengan minyak dan menerapkannya sebagai masker atau menambahkannya ke dalam sampo untuk digunakan selama seminggu.
  • Gel lidah buaya : dapat digunakan untuk melawan ketombe dan melawan kulit kepala gatal. Jika kamu terlalu banyak menggaruk kepala, kamu bisa merusak kulit kamu. Luka kecil, ruam, dan iritasi dapat merusak rambut bahkan menyebabkan rambut rontok. Dan lidah buaya dikenal bisa menyembuhkan luka itu.
  • Manfaatkan jus bawang merah

Jus Bawang Merah?! Ya, mungkin baunya tidak enak, tetapi jus bawang merah beserta potongannya dapat menjadi bantuan yang efektif untuk mengatasi kebotakan, loh. Jus bawang merah mengandung nutrisi yang bila dioleskan pada rambut, akan bermanfaat untuk folikel. Dengan cara ini, kamu dapat mengondisikan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu bisa memeras sedikit jus bawang merah atau menumbuk bawang hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke seluruh kulit kepala kamu.

  • Periksa kadar Vitamin D dalam tubuhmu

Ada hubungan antara tingkat Vitamin D yang rendah dengan kebotakan rambut. Karena itu, berkonsultasilah dengan dokter kamu dan dapatkan pemeriksaan yang kamu perlukan. Bisa jadi rambut kamu rontok karena kamu kekurangan Vitamin D. Menggunakan suplemen vitamin D yang diresepkan oleh dokter kamu, menjaga pola makan yang sehat, dan berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu kamu mengatasi rambut rontok lebih cepat.

  • Hindari menyisir rambut yang masih basah

Menata rambut tepat setelah kamu keramas dapat menyebabkan kerusakan yang parah. Jika kamu terus-menerus melakukan kesalahan ini, maka kamu bisa menyebabkan rambut rontok hingga mengalami kebotakan. Sebaiknya, biarkan rambut kamu mengering lalu gunakan sisir bergigi lebar untuk menyikat rambut dengan lembut.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/4-bahan-alami-untuk-menghilangkan-rambut-halus-pada-wajah/

https://www.tampilcantik.com/tips-mempertahankan-warna-rambut-dan-kebiasaan-buruk-yang-dapat-merusaknya/

https://www.tampilcantik.com/cara-membuat-rambut-lebih-panjang-dan-lebih-tebal-dalam-30-hari/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Cara Aman Mewarnai Rambut dengan Bahan Alami

Jika kamu perhatikan, selama pandemi COVID-19 ini, banyak