Anda bisa mendapatkan kolagen dengan beberapa cara. Anda bisa makan makanan kaya kolagen untuk rambut dan kulit atau Anda bisa mengonsumsi suplemen makanan kolagen dengan saran dokter. Namun, jika Anda bisa mendapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, kenapa Anda harus menambahkan suplemen? Berikut ini beberapa makanan terbaik dengan kolagen yang tinggi.

Makanan Kaya Kolagen

Anda bisa mengonsumsi makanan kaya kolagen untuk kesehatan rambut, kulit, tulang, dan usus. Kolagen yang Anda makan dipecah menjadi asam amino, yang kemudian didistribusikan ke bagian tubuh Anda di mana kolagen dapat (atau perlu) dibuat. Glisin, lisin, prolin, leusin, hidroksiprolin, dan hidroksilisin adalah beberapa asam amino esensial untuk produksi kolagen. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, daging adalah sumber kolagen yang baik.

  1. Daging sapi

Daging sapi adalah salah satu sumber asam amino terbaik, bahan pembangun jaringan ikat. Daging sapi juga merupakan sumber kolagen alami dan banyak digunakan dalam proses ekstraksi untuk membuat peptida kolagen (suplemen). Jadi, ketika Anda menggigit steak yang berair, Anda melakukan kebaikan untuk diri sendiri.

  1. Ikan Dengan Kulit

Kulit yang Anda temukan pada ikan, terutama ikan laut, kaya akan kolagen. Selain itu, ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang meningkatkan kesehatan kulit.

  1. Ayam

Jika Anda adalah penggemar daging tanpa lemak dan menikmati makan ayam, Anda memasok tubuh Anda dengan banyak bahan yang dibutuhkan untuk memasak kolagen untuk Anda. Leher ayam dan tulang rawan adalah sumber yang sangat baik, jadi Anda mungkin ingin menyiapkan kaldu ayam/kaldu/sup dengan ini untuk meningkatkan kolagen.

  1. Telur

Telur adalah cara yang sangat sehat untuk memasukkan protein sehat ke dalam makanan Anda karena mengandung asam amino yang membuat kolagen.

  1. Kaldu tulang

Kaldu tulang dibuat dengan merebus tulang dan jaringan ikat dari daging sapi, daging rusa (rusa), ayam, atau kalkun dalam waktu lama. Proses memasak yang lambat membantu mengeluarkan kolagen ke dalam kaldu. Jika Anda tidak ingin melalui proses yang lama (walaupun sebanding dengan kualitas dan rasanya), Anda bisa membeli kaldu tulang di toko. Kaldu tulang yang tersedia secara komersial dapat bervariasi dalam kualitas, atau ketersediaan kolagen karena diproses secara berbeda. Studi menunjukkan bahwa sementara kaldu tulang mengandung beberapa asam amino esensial untuk kolagen, itu mungkin bukan sumber yang cukup konsisten jika dibandingkan dengan suplemen oral.

Makanan Penambah Kolagen

Ada kekurangan makanan kaya kolagen yang diperbolehkan oleh diet vegetarian dan vegan karena sebagian besar sumber alami berbasis hewani. Namun, karena tubuh Anda adalah unit pembuat kolagen yang kuat, Anda selalu dapat memakan bahan-bahan yang digunakan tubuh Anda sebagai bahan baku untuk membangun kolagen. Pastikan Anda makan berbagai macam makanan padat nutrisi, dengan penekanan pada nutrisi penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kolagen.

  1. Vitamin C

Tubuh Anda tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami, jadi penting untuk memasukkan makanan yang mengandung vitamin C ke dalam makanan Anda. Apa hubungannya dengan kolagen? Anda mungkin bertanya. Nah, dari sudut pandang tubuh Anda, semuanya. Itu karena tubuh Anda menggunakan vitamin C untuk membuat kolagen sendiri. Jika Anda tidak memiliki cukup, Anda tidak hanya akan menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat tetapi juga membuka diri terhadap masalah kesehatan yang serius.

Paprika merah dan hijau, buah jeruk, beri, blackcurrant, brokoli, kubis brussel, dan kentang adalah beberapa sumber nutrisi penting ini.

  1. Seng

Seng memainkan peran penting dalam perkembangan dan pemeliharaan tulang. Peran seng ini juga terkait dengan perannya dalam pembuatan kolagen dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa seng meningkatkan kinerja sel yang bertanggung jawab untuk produksi kolagen di jaringan tulang.

Daging, kerang, tiram, buncis, kacang-kacangan, sereal yang diperkaya, roti, dan produk susu merupakan sumber seng yang baik.

  1. Tembaga

Anda perlu meningkatkan asupan tembaga Anda untuk meningkatkan produksi kolagen karena memainkan peran penting dalam pengembangan dan pemeliharaan jaringan ikat Anda. Elastin (protein vital yang memberikan elastisitas pada jaringan ikat di kulit) dan kolagen dapat berikatan silang dan membentuk ikatan berkat ketersediaan tembaga.

Kacang-kacangan, plum, sayuran berdaun gelap, kentang, lada hitam, kerang seperti tiram, dan daging organ seperti hati dan ginjal adalah sumber yang baik dari mana Anda bisa mendapatkan perbaikan tembaga Anda.

  1. Asam lemak omega-3

Anda dapat menjaga ligamen tetap bugar dengan mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa omega-3 dapat meningkatkan kolagen yang membentuk fibroblas (sel yang membuat jaringan ikat) bekerja di ligamen tubuh Anda.

Biji-bijian seperti biji rami, biji bunga matahari dan chia, kenari,, kangkung, bayam, dan ikan berlemak seperti makarel, sarden, dan salmon adalah sumber omega-3 yang sangat baik.

  1. Antioksidan

Antioksidan tidak secara langsung membuat kolagen untuk Anda. Tapi, mereka melakukan sesuatu yang sangat penting untuk kulit Anda. Tidak hanya usia, tetapi radikal bebas di kulit Anda juga bertanggung jawab atas hilangnya kolagen. Antioksidan adalah pemulung radikal bebas dan dapat melindungi kolagen di kulit Anda dari kerusakan yang berlebihan.

Cokelat hitam, kacang-kacangan, beri, kangkung, bayam, kol merah, bawang bombay, plum, aprikot, brokoli, dan teh hijau hanyalah beberapa sumber antioksidan yang dapat Anda sertakan dalam diet kolagen Anda.

Baca Juga :

Ingin Awet Muda? Konsumsi 7 Makanan Kaya Kolagen Ini

Ingin Kulit Awet Muda Tanpa Kosmetik? Coba Makan 7 Produk Tinggi Kolagen Ini

Catat! Inilah Daftar Makanan Yang Memproduksi Kolagen di Tubuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh