Bagi kamu para penggemar film, tentu sudah tidak asing dengan adegan makan bersama keluarga, terutama di sebagian besar film Hollywood. Ternyata, bukan tanpa alasan, budaya makan bersama keluarga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak, loh.  Berikut adalah beberapa hal baik yang akan terjadi jika kamu dan keluarga selalu membiasakan makan bersama setiap hari :

  1. Anak akan belajar sopan santun

Anak-anak cenderung suka meniru perilaku orang tua mereka. Untuk itu, makan bersama keluarga adalah momen yang tepat untuk menunjukkan kepada anak bagaimana cara makan yang benar dan sopan. Dengan begitu, anak akan terbiasa dengan cara makan yang baik di mana pun ia makan.

Selain itu, makan bersama keluarga juga dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan komunikasi anak. Karena, selama makan bersama, orang tua dapat membicarakan banyak hal dengan anak.

  1. Anak bisa lebih berprestasi di sekolah

Bagaimana bisa makan bersama mempengaruhi prestasi anak di sekolah?

Ternyata, anak-anak yang terbiasa makan bersama orang tua setiap hari mendapatkan nilai lebih baik daripada teman sebaya yang terbiasa makan sendiri. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh diskusi selama makan bersama. Ketika anak sering diskusi masalah sekolah dengan orang tua, maka ia cenderung lebih termotivasi untuk mengatasi masalahnya, termasuk masalah belajar.

Selain itu, kualitas makanan yang dimakan bersama orang tua dan anggota keluarga lainnya akan lebih baik daripada saat anak makan sendiri. Dengan makan bersama, orang tua bisa memastikan gizi yang dikonsumsi anak. 

  1. Anak mendapatkan makanan sehat 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makan bersama keluarga memungkinkan orang tua untuk dapat mengontrol asupan gizi anak. Orang tua dapat melihat seberapa banyak anak makan, apakah anak sudah cukup mendapatkan protein, karbohidrat, vitamin, serat, dan lain-lain.

Di sisi lain, makan bersama keluarga di rumah dengan menyantap hidangan rumahan juga bisa menghindarkan anak dari kebiasaan makan yang buruk, entah itu kebiasaan mengonsumsi junk food atau kebiasaan lain seperti tidak cuci tangan sebelum makan. 

  1. Anak jadi lebih terbuka

Kebiasaan makan bersama keluarga sambil berbincang dapat membuat anak-anak dan remaja menjadi lebih terbuka pada orang tuanya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara anak dan remaja dengan orang tua akan lebih baik apabila biasa makan bersama. Hal ini terjadi karena hampir setiap anggota keluarga menceritakan sedikit hal tentang kehidupan mereka. Tanpa berkata-kata pun, masalah yang dihadapi anak akan terlihat dari sikap dan ekspresinya ketika makan bersama.

  1. Harga diri anak akan meningkat

Makan bersama keluarga akan menciptakan rasa saling memiliki antar anggota keluarga. Manfaatkan momen makan bersama keluarga untuk fokus pada percakapan yang penuh perhatian kepada setiap anggota keluarga. Dengan demikian, anak-anak akan lebih terhibur dan merasa lebih berharga sehingga harga diri mereka pun akan meningkat. Ketika keluar rumah nanti, anak akan lebih percaya diri untuk menghadapi dunia. 

  1. Anak menjadi lebih mandiri

Orang tua boleh melibatkan anak-anak dalam proses mempersiapkan makanan agar anak menjadi lebih mandiri. Misalnya, meminta bantuan anak untuk mengupas bahan makanan, menggoreng sesuatu, atau mempersiapkan alat makan. 

Dengan cara ini, anak akan belajar mempersiapkan makanan sendiri sehingga ketika tidak ada orang tua, ia akan paham bagaimana cara memasak dan menyiapkan makanan bagi dirinya sendiri. 

Itulah enam hal baik yang bisa terjadi jika kamu dan keluarga membiasakan diri untuk selalu makan bersama. 

Baca Juga :

Kalau Masih Sayang Hidup, Jangan Pernah Mengkonsumsi Makanan Ini Secara Bersamaan!

Cara Mengajari Anak Agar Tidak Pilih-pilih Makanan

Ini 7 Alasan Mengapa Banyak Pasangan Hidup Bersama Sebelum Menikah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Hal Ini Perlu Disimpan di Mobil untuk Keperluan Darurat

Melakukan perjalanan jauh tentu butuh persiapan ekstra. Tidak