Sebagian besar pria tidak mau ambil pusing untuk masalah perawatan wajah dan tubuh. Bagi mereka menggunakan produk kecantikan apa saja termasuk skincare wanita tidak masalah. Padahal di jaman yang semakin modern, banyak produsen kosmetik yang mulai memproduksi skincare untuk pria.. Sebenarnya tidak masalah seorang pria bila ingin menggunakan produk skincare wanita, namun ada banyak hal yang membedakan antara kulit wanita dan pria. 

Perbedaan antara kulit wanita dan pria ini menyebabkan skincare wanita tidak bekerja maksimal untuk kulit pria. Misalnya perbedaan pH pada kulit pria dan wanita hingga produksi minyak yang lebih banyak pada kulit pria. Perbedaan ini membuat pria membutuhkan produk perawatan yang memang diformulasikan khusus untuk pria. 

Perbedaan Kulit Pria Dan Wanita

Secara umum, kulit pria lebih tebal 10- 20 persen dengan folikel rambut yang lebih besar dan banyak. Selain itu, kulit pria juga mempunyai kolagen yang lebih banyak dan produksi minyak atau sebum yang juga lebih banyak karena adanya hormon testosteron. Kondisi kulit yang seperti ini membuat kulit pria kurang sensitif dan tidak mudah iritasi ketika menggunakan produk perawatan wajah dan tubuh. 

Produksi minyak yang lebih banyak ini membuat pria lebih rentan berjerawat terlebih bila sering terekspos dengan polusi dan kotoran. Meski kulit pria cenderung berminyak, namun kulit mereka juga bisa menjadi sangat kering karena terus menerus bercukur. Kegiatan pria yang banyak di luar ruangan membuat mereka lebih rentan terkena kanker kulit karena polusi dan paparan sinar UV berlebih. Oleh karena itu, produk skincare untuk pria harus mengandung sunscreen dan bisa melindungi kulit. 

Preferensi Skincare Pria Dan Wanita

Preferensi pemilihan produk kecantikan bagi pria dan wanita juga berbeda. Wanita cenderung memilih produk skincare yang berlapis-lapis dan memberikan kelembaban ekstra. Sedangkan pria biasanya memilih skincare yang ringan dan mudah menyerap tanpa memberikan kesan kilap atau kusam di wajah. Pria juga lebih suka skincare yang simpel sehingga mereka memilih produk yang multifungsi dan lebih sederhan ketika digunakan. 

Selain itu, preferensi aroma pada skincare pria dan wanita juga cenderung berbeda. Wanita lebih menyukai skincare dengan aroma yang lembut, wangi, ataupun manis. Namun pria lebih suka aroma yang maskulin seperti aroma musk dan sejenisnya. 

Memilih Skincare Yang Tepat Untuk Pria

Secara garis besar, memikih skincare untuk pria dan wanita hampir sama yaitu pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Terlepas dari perbedaan struktur kulit pria dan wanita, keduanya tetap membutuhkan hidrasi atau pelembab. Utamanya kulit pria, biasanya membutuhkan pelembab setelah bercukur karena kulit lebih kering dan mudah iritasi.  

Rutin melakukan perawatan wajah dan tubuh bisa mengurangi masalah pada kulit pria seperti jerawat, flek hitam, komedo, kerutan, dan sebagainya. Produk skincare bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak pada wajah. Bila produksi minyak berkurang, tentu kulit akan nampak lebih segar, tidak kusam, dan jauh dari masalah. 

Baca Juga :

Tahapan Penggunaan Skincare Untuk Pria

Mengintip Seberapa Penting Skincare bagi Pria

Tips Memilih Skincare yang Cocok untuk Pria

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Bahan Aktif untuk Atasi Keriput – Bagian 2

Setelah sebelumnya dibahas mengenai 5 bahan aktif untuk