Chia seed kaya akan antioksidan, protein, lemak sehat, dan serat makanan yang membantu membuang racun, membangun massa otot tanpa lemak, mengurangi peradangan, dan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana benih kecil ini dapat membantu Anda mengatasi masalah besar. Gulir ke bawah untuk lebih memahami manfaat nutrisi biji chia.

  1. Kaya Serat Makanan

Biji chia kaya akan serat makanan, yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dengan meningkatkan keteraturan dan meningkatkan frekuensi buang air besar untuk mencegah sembelit. Selain itu, serat dalam biji chia juga menyerap banyak air, yang membuat Anda kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar.

Makanan kaya serat dapat mencegah tubuh Anda menyerap beberapa kalori dari makanan yang Anda makan. Nutrisi mengikat molekul lemak dan gula dalam makanan dan menghalangi penyerapannya. Ini mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi.

  1. Sarat Dengan PUFA

Asam lemak tak jenuh ganda dikategorikan sebagai lemak sehat. Biji chia sarat dengan asam alfa linoleat (ALA), asam lemak omega-3. Asam lemak omega 3 dikenal karena efek anti-inflamasinya, serta meningkatkan otak dan melindungi kesehatan jantung.

  1. Tinggi Protein

Kandungan protein biji chia cukup mengesankan. Satu ons biji chia mengandung 4,4 gram protein. Anda membutuhkan sekitar 0,8 g per kg berat badan protein setiap hari. Jika Anda bukan pemakan daging, kemungkinan besar Anda tidak mengonsumsi cukup protein. Dan untuk memenuhi protein, Anda perlu melihat makanan utuh, bukan suplemen. Protein dalam biji chia membantu dalam membangun massa otot dan membantu pemulihan otot.

  1. Tingkatkan Tingkat Energi

Gaya hidup sedentary adalah salah satu penyebab kenaikan berat badan. Biji chia memberikan energi dan membuat Anda lebih aktif. Faktanya, ketika Anda mulai membangun otot tanpa lemak, jumlah mitokondria (organel sel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP) meningkat. Ini, pada gilirannya, tidak hanya meningkatkan tingkat energi Anda tetapi juga mempercepat laju metabolisme Anda.

  1. Sarat Dengan Antioksidan

Antioksidan membantu membuang racun dan menurunkan stres dan peradangan dalam tubuh. Mereka bertindak dengan mengais radikal oksigen bebas yang berbahaya, yang juga dapat menyebabkan mutasi DNA, yang menyebabkan sintesis protein yang berbahaya/tidak berfungsi. Biji chia sarat dengan berbagai antioksidan – quercetin, asam caffeic, kaempferol, dan asam klorogenat. Oleh karena itu, mengkonsumsi biji ini akan mengurangi racun dalam tubuh Anda, membantu Anda menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Produksi Leptin

Leptin adalah hormon penghambat rasa lapar yang diproduksi oleh sel-sel lemak (jaringan adiposa). Para ilmuwan telah menemukan bahwa semakin banyak protein yang Anda konsumsi, semakin banyak produksi leptin. Biji chia adalah sumber protein yang baik (seperti yang disebutkan di atas) dan juga membantu merangsang leptin. Ini, pada gilirannya, membantu menekan nafsu makan, mencegah makan berlebihan, dan mempertahankan komposisi tubuh yang sehat.

Chia Seed Untuk Menurunkan Berat Badan – Berapa Banyak yang Harus Anda Konsumsi?

Anda bisa mengonsumsi 2-3 sendok makan biji chia per hari. Pastikan Anda tidak melampaui rekomendasi ini hanya untuk menurunkan berat badan “dengan cepat” karena dapat menjadi berbahaya dalam dosis yang lebih tinggi. Juga, bicarakan dengan dokter/ahli gizi Anda sebelum mengonsumsi chia.

Selain mengonsumsi biji chia, Anda juga harus mengikuti pola makan yang sehat. Tidak yakin harus mulai dari mana? Nah, simak rencana diet di bawah ini untuk mendapatkan gambarannya.

Cara Mengkonsumsi Chia Seed

Chia seed bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Mereka dapat direndam semalaman dan dapat dikonsumsi untuk sarapan dengan segala bentuk susu dadih dan buah-buahan. Mereka dapat ditambahkan dengan air kelapa atau air lemon atau buttermilk. Menaburkan biji chia menambah tekstur yang bagus pada salad.

Baca Juga :

Manfaat Ajaib dari Chia Seed yang Fenomenal

7 Makanan Pembakar Lemak Untuk Menurunkan Berat Badan

5 Peringatan dari Fenomena Alam yang Harus Diwaspadai

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh