Melanin adalah bagian penting dari rambut kita. Ini melindunginya dari sinar UV matahari yang berbahaya dan melindunginya dari kekeringan dan menjadi rapuh. Inilah sebabnya, jika Anda perhatikan, uban yang memiliki kadar melanin sangat rendah seringkali memiliki tekstur yang rapuh. Kekuatan produksi melanosit (melanin) berkurang seiring bertambahnya usia. Dan seperti yang Anda duga, pemasukan pigmen melanin gelap ke dalam rambut juga akan melemah, yang pada akhirnya dan secara alami menyebabkan rambut menjadi putih.

Secara keseluruhan, ada beberapa faktor kunci yang menyebabkan hilangnya melanin pada rambut. Kami mencantumkan semuanya di depan.

1. Penuaan

Sonavane menjelaskan, “Rambut pria mulai beruban sekitar usia 30 tahun, sedangkan rambut wanita membutuhkan waktu beberapa tahun lagi untuk berubah menjadi abu-abu, katakanlah kira-kira hingga usia 35 tahun.” Namun penuaan bukanlah satu-satunya alasan rambut hitam menjadi putih. Seperti disebutkan di atas, beberapa penyebab eksternal dan terkait pola makan juga terkait dengan hilangnya melanin pada rambut.

2. Genetik

Lalu, ada fenomena umum hilangnya melanin pada rambut yang disebut penuaan dini atau rambut beruban yang bisa terjadi pada orang muda, termasuk anak-anak. Penyebab rambut beruban (atau putih) prematur umumnya bersifat autoimun dan genetik.

3. Produk rambut kimia

Menggunakan produk keras yang mengandung bahan kimia pada rambut Anda juga dapat menyebabkan rambut beruban atau putih. Hindari penggunaan bahan-bahan seperti SLS (Sodium Lauryl Sulfate), paraben, alkohol, silikon dan pewarna buatan pada rambut Anda. Bisa jadi terdapat pada sampo, kondisioner, masker, dan sebagainya. Bahan kimia berbahaya lainnya, hidrogen peroksida, yang umumnya digunakan sebagai bahan pemutih rambut, yang bekerja dengan cara memecah sel melanin pada rambut, juga menyebabkan rambut beruban.

4. Pola makan

Menurut Ayurveda, tubuh kita memiliki salah satu dari tiga dosha – vata, kapha atau pitta. Untuk menjaga keseimbangannya, seseorang harus mengonsumsi makanan moderat yang memiliki semua jenis profil rasa seperti manis, asin, asam, pahit, pedas, dan sepat. Konsumsi berlebihan atau kekurangan rasa apapun tidak baik untuk kulit dan rambut Anda. Dr Sonavane mengatakan, “Beberapa penyebab rambut beruban dini terkait dengan kekurangan nutrisi seperti vitamin B12, kekurangan zat besi dan tembaga, serta malnutrisi protein yang parah.”

5. Kondisi kulit dan hormonal

Vitiligo juga bisa menjadi penyebab rambut beruban. Ini adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak putih pada kulit yang tampak sehat, akibat hilangnya atau matinya sel melanosit. Menopause, perubahan kadar hormon tiroid, atau kelainan tiroid juga dapat menurunkan produksi melanosit pada rambut sehingga menyebabkan uban.

6. Merokok

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa merokok adalah salah satu penyebab utama rambut beruban. Racun dalam rokok tidak hanya memengaruhi folikel rambut, tetapi juga diketahui dapat menekan pembuluh darah tubuh, sehingga memengaruhi aliran darah ke folikel rambut dan menghambat produksi melanin, sehingga menyebabkan uban.

Waspadai Efek Sampingnya!

Apa pun yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan, sehingga kelebihan sel melanin juga terbukti berbahaya bagi kulit dan rambut Anda. Peningkatan kadar sel melanosit (pigmen melanin) dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan munculnya flek pada kulit. Oleh karena itu, ingatlah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengatur pola makan dengan terlalu banyak vitamin, kalsium, atau makanan dan suplemen kaya antioksidan.

Baca Juga :

Muncul Uban Di Usia 20-an? Yuk Kenali Penyebabnya

Belajar Menerima Rambut Yang Beruban Dengan Bahagia

Cara Mengatasi Hiperpigmentasi Anti Ribet

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Penting untuk Pencegahan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Jadi, kamu terlalu banyak mendapat sinar matahari, ya?