Saat membahas mengenai apa masalah kulit yang paling sering dicari? Jawabannya adalah  “Bagaimana mengatasi hiperpigmentasi?”. Masalah hiperpigmentasi selalu menjadi pencarian teratas. Banyak yang mencari rekomendasi produk untuk membantu warna kulit lebih cerah, mengurangi bintik hitam, dan memudarkan bekas jerawat.

Jika memang Anda berjuang dengan masalah hiperpigmentasi dan mencari produk untuk mengatasinya, maka Anda tidak sendiri, karena untuk mengatasinya Anda harus mengetahui pengertian dan penyebab hiperpigmentasi agar Anda mendapat perawatan kulitt erbaik untuk masalah kulit yang Anda miliki.

Mengenal Hiperpigmentasi. Apa itu?

Hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang terjadi karena adanya kelebihan pigmen pada kulit. kelebihan pigmen inilah yang menyebabkan adanya bintik pada kulit dan warna kulit menjadi lebih gelap.

Mengenal Penyebab Hiperpigmentasi

Flek hitam dapat terjadi karena melanin memproduksi melanosone dalam jumlah berlebihan, sehingga membuat warna kulit menjadi lebih gelap. Saat terkena paparan sinar matahari, bintik hitam ini akan semakin terlihat jelas. Selain itu, penyebab flek hitam dapat disebabkan karena 

Penggunaan obat-obatan yang membuat kulit lebih sensitif terhadapat paparan sinar matahari. Ada beberaap obat-obatan dengan kandungan zat tertentu seperti Estrogen, Fenitoin, Sulfonamida, dan sebagainya.

Flek juga dapat terjadi karena adanya kondisi tertentu, seperti ibu hamil, penyakit Addison, Hemokromatosis, hingga penyakit hati.

Faktor dimana seseorang tinggal ternyata juga mempengaruhi resiko seseorang memiliki flek. Terlebih Indonesia terletak di garis khatulistiwa, sehingga membuat kulit seseorang memproduksi melanin sebagai repon tubuh terhadap paparan sinar matahari. Inilah yang membuat kulit seseroang cenderung berwarna gelap.

Mengatasi Masalah Flek Dengan Mudah

Mengatasi hiperpigmentasi seringkali membuat seseroang merasa stress. Padahal ada 3 langkah mudah yang dapat dilakukan dan cenderung efektif untuk membantu membuat warna kulit lebih cerah, diantaranya:

Langkah 1 : Eksfoliasi

Proses eksfoliasi (pengelupasan) kulit memiliki manfaat baik untuk kulit jka dilakukan secara teratur. Salah satu manfaat baiknya adalah untuk memudarkan bintik hitam dan bekas jerawat pada wajah. Pengelupasan dapat membantu regenerasi kulit mati, sehingga kulit akan halus dan terawat.

Langkah 2: Meningkatkan Warna Kulit (Membuat Kulit Lebih Cerah)

Untuk membantu mencerahkan warna kulit, pilihproduk perawatan kulit yang mampu menghambat produksi melanin. Bahan yang mampu menghambat adalah asam traneksamat. Pastikan memilih produk yang aman dan memiliki BPOM.

Langkah 3: Aplikasikan Suscreen

Langkah selanjutnya untuk mencegah timbulnya flek hitam adalah membangun pertahanan kulit untuk memberi perlindungan kulit terhadap resiko yang menyebabkan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Jangan lupakan untuk aplikasikan suscreen dengan kandungan SPF, karena tanpa sunscreen, perawatan kulit Anda akan sia sia, karena paparan sinar atahari dapat menyebabkan resiko kerusakan kulit.

Berapa Lama Flek Hitam Memudar?

Mengatasi flek hitam bukanlah menghapus pensil atau spidol yang akan hilang dalam beberapa kali usap. Dibutuhkan kesabaran dan perawatan rutin untuk mengatasinya, karena proses pigmentasi terjadi di bawah lapisan kulit. lakukan 3 langkah diatas secara rutin dan rasakan hasilnya. Jika memang diperlukan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Baca Juga :

<strong>5 Tips Mengobati Hiperpigmentasi pada Semua Warna Kulit</strong>

Trik Pintar Menggunakan Lipstik Tanpa Takut Bibir Kering Selama Puasa

8 Langkah Mudah Mendapatkan Tampilan Riasan Nude Sempurna

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Cara Menghilangkan Jerawat yang Terbukti untuk Kulit Bersih

Jerawat adalah masalah umum yang dihadapi kebanyakan orang,