Kulit kendor bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan seiring bertambahnya usia. Memang tubuh kita secara alami akan mulai kehilangan protein yang bertanggung jawab atas elastisitas kulit, tapi beberapa faktor eksternal dapat menyebabkan kulit lebih cepat kendor. Selain faktor usia dan eksternal, kadang proses diet ekstrem juga bisa memicu kemunculan kulit kendur.  

Nah, untuk mengembalikan kulit kendur agar tetap kencang, ada beberapa cara yang bisa kamu coba :

  1. Pijat area kulit yang kendur

Saat memijat kulit, kamu akan meningkatkan aliran darah dan merangsang fibroblas, yaitu sel yang membantu memproduksi jaringan ikat, seperti kolagen dan elastin, yang menjaga kekencangan kulit kamu. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan krim anti penuaan sambil memijat kulit, akan memberikan efek yang lebih baik pada kulit. 

Pijatlah area yang kendur secara perlahan dan gunakan gerakan memutar. Lakukan pemijatan secara rutin, setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Lihatlah perubahan yang terjadi pada kulit kendur kamu setelah perawatan pijat! 

  1. Lakukan latihan otot

Ketika kamu berolahraga untuk menurunkan berat badan, ada kemungkinan kamu akan kehilangan otot juga, dan itu akan mengakibatkan kulit kamu menjadi kendur. Namun, kamu bisa menambahkan beban dan latihan otot dalam rutinitas olahraga supaya kamu dapat membangun otot tanpa lemak. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kulit akan kendur. 

  1. Latihan Yoga dan Pilates

Yoga dan Pilates adalah pilihan terbaik bagi kamu yang  tidak menyukai olahraga tetapi membutuhkan latihan otot. Baik Yoga maupun Pilates adalah pilihan yang sangat hemat tetapi efektif untuk menjaga otot tetap kuat dan kencang. Latihan yoga dan pilates juga dapat membantu mengencangkan kulit. Untuk mengatasi masalah kulit kendur, coba minta instruktur kamu untuk menunjukkan gerakan yang akan membentuk otot-otot pada area kulit yang kendur.

  1. Hindari diet drastis

Alih-alih menjalani diet ekstrem yang menyiksa, sebaiknya kamu melakukan diet sewajarnya dan turunkan berat badan secara bertahap. Karena ketika kamu kehilangan otot bersamaan dengan kehilangan lemak, kamu akan mendapat lebih banyak kulit kendur. Usahakan untuk menurunkan tidak lebih dari 2 kg per minggu untuk mencegah kulit kendur.

  1. Jaga agar tubuh tetap terhidrasi

Seiring bertambahnya usia, kulit kita kehilangan elastisitasnya. Ini menyebabkan munculnya keriput dan kulit kendur.  Nah, untuk mencegah efek samping dari berkurangnya elastisitas kulit, kamu harus menjaga kesehatan kulit kamu dengan cara mengonsumsi cukup cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Pastikan untuk minum air yang cukup setiap harinya. 

  1. Cobalah pengobatan alami
  • Mentimun

Mentimun memiliki kadar air yang tinggi, yang membantu mengencangkan kulit. Buatlah ekstrak jus mentimun sebanyak mungkin, gosokkan ke area kulit yang tampak kendor bagi kamu dan biarkan mengering.

  • Lemon

Lemon dapat meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit lebih halus dan lebih kencang. Buatlah jus lemon dan oleskan jus lemon ke tubuh kamu. Jangan lupa gosokkan pada area yang kendur.

  • Lidah Buaya/Aloe Vera

Studi menunjukkan bahwa Lidah Buaya adalah obat ajaib bagi kulit karena kemampuannya dalam menyembuhkan luka bakar, luka lecet dan juga berfungsi sebagai pelembab. Jadi, menggunakan gel lidah buaya bisa sangat memengaruhi kulit kendur dan membantu mengencangkannya.

Cara perawatannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa ekstrak gel pada daun lidah buaya, lalu oleskan langsung ke kulit dan biarkan selama 15 – 20 menit. Setelah itu, cuci bersih dengan air. 

Baca Juga :

Kulit Kendur Padahal Masih Muda. Mungkin Ini Beberapa Penyebabnya

5 Faktor yang Memicu Munculnya Kerutan pada Kulit

Eiits, Jangan Sampai Kamu Dibilang Tua Karena Kulit Kamu yang Kurang Kencang Yaa. Makanya Gunakan Tips Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Hilangkan Jerawat? Coba Ubah Kebiasaan Kamu dengan Cara Berikut!

Jerawat adalah musuh semua orang. Tidak hanya membuat