Putus cinta atau bercerai, terutama setelah hubungan yang cukup lama hingga bertahun-tahun, tentu akan sangat menyakitkan. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Semua luka pasti ada obatnya. Kehilangan orang yang kamu cintai bukan berarti kehilangan makna kehidupan.

Berikut beberapa tips bagi kamu yang masih belum menemukan cara menjalani hidup setelah berpisah dari pasangan : 

  1. Sadari bahwa kamu kuat dan berharga

Berpisah dengan seseorang yang kamu cintai mungkin membuatmu merasa tidak lengkap, padahal tidak demikian. Ingatlah kembali bahwa kamu sosok yang kuat, cerdas, dan berharga. 

Kamu adalah individu mandiri yang tidak membutuhkan pengakuan dari orang lain tentang betapa berharganya dirimu, apalagi mengandalkan orang lain untuk kebahagiaan dirimu sendiri. 

Kamu menjalani hidup dengan sangat baik sebelum dia datang ke dalam hidup kamu, jadi tidak perlu khawatir akan kehidupan setelah dia tidak ada di sisi kamu. Semua hal pasti berat untuk saat ini, tetapi matahari yang terbenam akan terbit lagi di pagi hari untuk mencerahkan harimu seiring berjalannya waktu. 

  1. Hadapi perasaan kamu lalu move on

Jangan mempertanyakan alasan mengapa pasangan kamu meninggalkan kamu dan jangan mencoba untuk mendapatkan cintanya lagi, karena semua hal tidak akan sama seperti semula ketika kalian bersama lagi. Jika dia mencampakkanmu sekali, maka dia akan cenderung melakukannya lagi. 

Coba hadapi perasaan kamu. Biarkan diri kamu sedih, terpukul, dan kecewa. Akui perasaan yang menyiksa kamu itu. Kamu boleh menangis sebanyak yang kamu mau. Setelah puas melampiaskan perasaan itu, lepaskanlah mantan kamu, move on!

  1. Jaga pikiran dan tubuh tetap sibuk 

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk fokus pada karier kamu, atau memulai kursus yang kamu inginkan sejak lama. Kamu bisa mencari hobi baru, kembali berhubungan dengan teman-teman lama, lebih banyak berolahraga, dan lakukan semua yang kamu inginkan. Selama kegiatan itu membuat kamu sibuk, maka kegiatan itu bisa menyembuhkan sakit hati kamu. 

Ada pepatah yang mengatakan bahwa setiap akhir adalah awal yang baru. Kamu tidak akan pernah tahu hal baru apa yang akan menyambutmu, jadi bersiaplah.

  1. Kelilingi diri kamu dengan orang-orang yang bahagia

Tahukah kamu bahwa senyum dan tawa itu menular? Coba temui teman-teman kamu yang ceria, tontonlah banyak film komedi, baca buku sebanyak-banyaknya, dan mungkin setelah pandemi berakhir kamu bisa menonton konser bersama teman-teman. 

  1. Rayakan status jomblo 

Menjadi jomblo atau lajang sebenarnya memiliki keuntungan. Mungkin detik ini kamu belum menyadarinya, tapi kamu akan menemukan alasannya nanti. Coba buat pesta kecil-kecilan dengan teman kamu, rasakan kebebasan yang mungkin tidak kamu miliki saat masih hidup bersama pasangan kamu dulu. Dukungan dari teman-teman yang kamu cintai akan membuat kamu merasa jauh lebih baik. 

  1. Nikmati hidupmu lagi

Bangunlah di pagi hari dan nikmati secangkir kopi atau teh hangat sambil menantikan kegiatan seru apa yang akan kamu lakukan hari itu. Jika tidak ada kegiatan apa pun yang terlintas dalam pikiran, maka segeralah buat rencana baru. Tidak harus sesuatu yang besar, kamu bisa membaca buku, menonton film tertentu, atau berbincang dengan teman lama lewat telepon atau face time. 

Baca Juga :

6 Tanda Pasangan Kamu Belum Dewasa

5 Hal Ini Bisa Merusak Hubungan Suami Istri, Salah Satunya Lupa Mencium Pasangan

Awas, 5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Pasangan Kamu Toxic

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Masih Ragu Apakah Dia Juga Mencintaimu? Coba Perhatikan 7 Tanda Ini

Sampai saat ini, belum ada cara yang bisa