Selimut adalah sahabat di tempat tidur yang tidak hanya memberi kamu kehangatan di cuaca dingin, tapi juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan lain. Selimut tebal memiliki berat yang dapat memberi kamu manfaat terapeutik. Ini karena selimut tebal meniru teknik yang dikenal sebagai tekanan dalam. Tekanan dapat digambarkan sebagai perasaan yang muncul ketika seseorang sedang memeluk kamu. 

Kamu perlu memahami betapa pentingnya tidur, terutama tidur dengan selimut tebal, karena dengan tidur dengan selimut tebal, kamu akan memperoleh berbagai manfaat berikut :

  1. Kamu akan mendapatkan pelukan

Selimut tebal merupakan simulasi tekanan yang terasa seperti pelukan hangat dan sangat nyaman. Pelukan sangat penting karena memiliki kekuatan untuk menciptakan perasaan rileks akibat pelepasan hormon oksitosin. Pada saat yang sama, detak jantung kamu akan melambat dan tekanan darah kamu mungkin turun, sehingga tubuh kamu akan lebih rileks saat tidur.

  1. Membantu kamu melawan kecemasan

Selimut tebal menyimulasikan sentuhan dalam yang mungkin memberi kamu perasaan yang menenangkan. Sangat bagus menggunakan selimut agar kamu merasa tenang dan santai, sehingga kamu bisa tertidur lebih cepat. Selain itu, jika kamu menderita gangguan kecemasan, mungkin gejala kamu akan berkurang.

  1. Membantu kamu tetap fokus

Sekolah dan tempat kerja bisa menjadi tantangan hidup yang memberatkan bagi sebagian besar orang. Ruang kelas, situasi kantor, kebisingan, dan lorong-lorong bisa membuat kamu kewalahan dan membuat kamu kesal bahkan frustrasi. Selimut tebal akan memberikan tekanan lembut namun kuat yang dapat membantu meredakan kecemasan yang disebabkan oleh gangguan sensorik dan membantu kamu tidur nyenyak.

  1. Membantu kamu menghilangkan rasa sakit

Selimut dapat membantu kamu “membumi” dengan tubuh kamu saat kamu tidur dan menciptakan efek menenangkan. Kemudian dalam kombinasi dengan tekanan, selimut tebal ini mungkin membantu kamu mengatasi rasa sakit, baik itu rasa sakit secara mental atau fisik. Tentu ini dapat mengurangi obat penghilang rasa sakit dan membuat kamu merasa lebih segar di pagi hari.

  1. Kamu akan tidur lebih nyenyak

Kamu mungkin mengalami kelelahan karena kurang tidur atau kualitas tidur kamu buruk sehingga kamu merasa capek di pagi hari. Mengganti selimut biasa dengan yang selimut tebak dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Kamu mungkin mulai tertidur lebih cepat, tidur dalam waktu yang lebih lama, dan akan merasa segar setelah bangun nanti. 

  1. Tingkat stres akan menurun

Jika kamu menghadapi stres, kamu mungkin membutuhkan lebih banyak zat kimia yang dapat mengangkat suasana hati. Tekanan dalam selimut tebal dapat membantu memproduksi lebih banyak serotonin, yang mampu menurunkan hormon stres dan meningkatkan suasana hati kamu. Ini mungkin akan membantu kamu meredakan kesedihan.

  1. Meredakan gangguan mental

Kamu bisa mendapat manfaat sentuhan terapi dari selimut tebal. Ini dapat membantu kamu menghadapi peristiwa traumatis dan meredakan gangguan mental lainnya seperti depresi dan bahkan gangguan obsesif-kompulsif. Gangguan seperti OCD terkait dengan tingkat serotonin yang rendah. Nah, tekanan dalam selimut mungkin bisa bekerja sebagai terapi dengan meningkatkan serotonin dan mengendalikan gejala OCD.

Baca Juga :

Berapa Banyak Teman Yang Kamu Punya? Kalau Diantara Mereka Ada Yang Seperti Ini, Bisa Jadi Mereka Adalah Musuh Dalam Selimut

5 Detail Interior Rumah Ini Dapat Mengungkap Kepribadian Kamu

Kamu Seorang Fans K-Pop? Simak 8 Fakta Korea Selatan yang Tidak Banyak Diketahui Orang Asing

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Sampai 10 Menit, Rangkaian Olahraga Ini Akan Melatih Kaki dan Pantat Kamu

Olahraga sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Namun terkadang,