Tahukah kamu, bahwa 60% komponen di dalam tubuh kita terdiri dari air?

Minum cukup air sepanjang hari sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidrasi demi menjaga kulit kita tetap bercahaya, menjaga berat badan yang sehat, dan membuang racun dari dalam tubuh. Bahkan, hidrasi dapat memengaruhi suasana hati dan kemampuan kita untuk belajar, loh. 

Mengontrol asupan air harian tidaklah mudah. Hal ini tidak sesederhana meminum 8 gelas air sehari. Tapi tenang, meski tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin, kok. Berikut adalah beberapa daftar kesalahan asuapan hidrasi yang mungkin kamu lakukan tanpa kamu sadari :

  1. Kamu minum air setelah berolahraga

Memang benar bahwa minum air setelah olahraga dapat membantu hidrasi, sehingga penting untuk minum cukup air sebelum dan selama berolahraga. Jika kamu memulai latihan dalam kondisi hampir dehidrasi, kamu akan kehilangan lebih banyak cairan saat kamu berolahraga. Ini bisa jadi berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik kamu. Kamu bisa mengonsumsi minuman seperti air kelapa, teh hitam, teh hijau, dan bahkan susu coklat untuk menghidrasi tubuh kamu. Minuman tadi dapat mengembalikan hidrasi tubuh sebaik air.

  1. Kamu berpikir bahwa kopi dan teh tidak dihitung sebagai asupan cairan

Secangkir kopi atau teh di pagi hari bisa berfungsi sebagai minuman yang sedikit menghidrasi. Meskipun sebagian besar minuman ini mengandung kafein, minuman ini tetap menambah jumlah cairan yang kamu dapatkan setiap hari. Jadi, minum sekitar 3,5 cangkir kopi per hari akan membuat kamu tetap terhidrasi seperti halnya ketika kamu minum air.

  1. Kamu kurang mengonsumsi garam

Meskipun menu makanan yang tinggi natrium dapat membuat tubuh dehidrasi, tapi sebenarnya natrium mendukung keseimbangan cairan tubuh. Kita secara alami kehilangan natrium dan elemen lainnya melalui keringat. Sehingga, tidak hanya air saja yang harus diganti, melainkan kandungan natrium juga perlu diganti. Untuk itu, sebaiknya kamu mengonsumsi cukup garam dalam sehari, tapi jangan sampai berlebihan ya!

  1. Kamu minum 8 gelas air per hari 

Nasihat dan anjuran yang sangat populer ini tidak selalu akurat, loh. Berapa banyak air yang kita butuhkan sangat bergantung pada faktor gaya hidup kita. Contohnya, seberapa aktif kita secara fisik dalam hari itu, apa saja yang kita makan, bagaimana cuaca di tempat tinggal kita, dan masih banyak lagi faktor lainnya. 

  1. Kamu minum segelas air di pagi hari

Kita kehilangan cairan tubuh saat tidur, dan bahkan jika kita minum cukup air sebelum tidur, kita tetap akan merasa haus di pagi hari. Tetapi tahukah kamu? Minum air putih saat perut kosong bukanlah cara paling efektif untuk menghidrasi tubuh. Lebih mudah bagi tubuh kita untuk menyerap dan menahan air saat ada nutrisi lain yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, jika kamu mencoba menjaga keseimbangan cairan, minumlah air dengan kudapan snack atau dengan segelas jus jeruk atau susu.

  1. Kamu tidak minum air selama olahraga

Saat kita berolahraga, tubuh kita kehilangan air melalui keringat dan pernapasan. Tetap terhidrasi selama berolahraga juga penting untuk mengatur suhu tubuh dan tekanan darah kamu. Pakar kebugaran merekomendasikan minum 7 hingga 10 ons air setiap 10 hingga 20 menit selama kamu berolahraga.

  1. Kamu melupakan menu makanan yang kaya air

Banyak buah dan sayuran yang dapat dihitung dalam asupan cairan total harian kamu. Beberapa di antaranya, seperti tomat, semangka, dan mentimun, selain kaya akan air juga kaya kalium yang akan membantu tubuh kamu tetap terhidrasi sepanjang hari.

Baca Juga :

8 Hair Style Ini Akan Membuat Wanita Pendek Terlihat Lebih Tinggi

5 Cara Mudah Memeriksa Kualitas Air

5 Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Kulit

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Alasan Mengapa Kamu Butuh Pujian

Beberapa orang mungkin merasa ragu saat akan memberikan