Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kita dapat mengetahui banyak hal tentang kepribadian, status, usia, dan pendapatan seseorang hanya dengan melihat foto sepatunya. Menarik kan? Ternyata memang benar, gaya dan cara berpakaian dapat mempengaruhi citra kamu dan juga kesuksesan kamu. 

Berikut adalah beberapa hasil penelitian yang menunjukkan tentang bagaimana pakaian kita dapat memengaruhi produktivitas kita :

  1. Pakaian yang tidak biasa akan membuat kamu terlihat lebih kompeten

Orang yang mengenakan pakaian yang mungkin dianggap “tidak pantas” untuk apa yang mereka lakukan, sebenarnya memiliki citra yang lebih baik dan dapat dianggap sebagai spesialis dalam bidang pekerjaannya. Peneliti menyebut hal ini sebagai “efek sepatu kets merah”. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan temuan yang mengungkap fakta bahwa mahasiswa menganggap seorang profesor yang memakai sepatu kets warna merah saat memberikan kuliah adalah profesor yang lebih berkompeten.

  1. Gaya tertentu dapat meningkatkan pemikiran kreatif kamu

Menurut sebuah penelitian, berpakaian secara formal ternyata dapat meningkatkan pemikiran abstrak kita. Hal ini dijelaskan oleh fakta bahwa pakaian profesional mampu menciptakan jarak sosial tertentu. Dan ketika orang-orang lebih jauh secara sosial, mereka cenderung berpikir lebih jauh dan menemukan solusi yang lebih kreatif. Bagaimana? Apakah kamu ingin mulai berpakaian formal sekarang?

  1. Gaya pribadi kamu dapat membantu menampilkan diri kamu dengan lebih baik

Kamu tidak boleh mencoba menyesuaikan diri dengan gambaran stereotip tentang “seperti apa pakaian yang harus kamu pakai di depan orang tertentu”. Sebaliknya, kamu harus berpakaian dengan cara kamu sendiri. Berpakaianlah dengan gaya yang menurut kamu dapat menampilkan jati diri kamu sebaik mungkin. Karena, seperti yang dikatakan para spesialis, kepribadian adalah faktor yang paling penting dalam perekrutan pekerjaan.

  1. Pakaian yang tepat akan membuat kamu lebih fokus

Mengenakan pakaian tematik dapat memberikan efek positif pada kognisi kita, terutama perihal fokus. Dalam sebuah percobaan, orang-orang yang mengenakan jas lab melakukan lebih sedikit kesalahan saat menjalankan tugas-tugas yang membutuhkan perhatian, dan para peneliti menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena  makna simbolis maupun pengalaman fisik ketika mengenakan pakaian tersebut.

  1. Pakaian kamu bisa menunjukkan tentang tujuan kamu

Orang memproses detail visual tanpa terlalu memikirkannya. Pada dasarnya, otak kita membuat penilaian dalam halanya dalam waktu sekian milidetik, dan kita dapat mengembangkan kesan tentang seseorang pada berbagai hal hanya dalam waktu yang singkat tersebut. Jadi, karena pakaian kita merupakan bagian terbesar dari penampilan visual kita, kita harus memilih pakaian dengan hati-hati untuk menunjukkan siapa kita dan tujuan apa yang ingin kita capai.

Para peneliti mengungkapkan, menyingsingkan lengan baju dapat menunjukkan tekad kamu untuk menyelesaikan sesuatu. Kemudian, ada juga, mengenakan pakaian informal di acara mewah akan menunjukkan bahwa kamu ingin menjalin hubungan sosial dengan banyak orang. 

Nah, setelah mengetahui tentang pengaruh pakaian terhadap citra dan kesuksesan, kini kamu tahu mengapa kamu harus selalu memperhatikan penampilan. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk terlihat “Wah”. Kamu cukup memperhatikan di mana, untuk tujuan apa, dan dengan siapa kamu akan bertemu. Itu akan membantu kamu untuk memilih pakaian yang sesuai.

Baca Juga :

5 Fashion Tips Untuk Membuat Kamu Terlihat 5 Tahun Lebih Muda

7 Tren Fashion dari Sitkom “Friends” yang Tetap Keren di Tahun 2020

10 Fashion Trendy yang Dapat Membuat Tubuhmu Jadi Terlihat Tak Berbentuk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Tren Tahun 2000-an yang Kini Terlihat Konyol

Tahun 2000 adalah masa untuk fashion glamor dan