Lewatlah sudah hari-hari ketika arang hanya digunakan untuk membakar sate. Benda hitam sekarang menjadi dikenal luas karena kekuatan pembersihan dan pemurniannya, dan itu semua berkat kemampuan alami arang untuk menghilangkan kotoran.

Permukaan arang yang berpori mampu menyerap racun dan racun lebih baik daripada banyak zat alami lainnya. Sekarang, arang (atau arang aktif) menjanjikan serangkaian manfaat yang bagus. Dari pemutihan gigi hingga pemurnian air, ada beberapa cara Anda dapat memasukkan arang ke dalam rutinitas harian Anda. Lalu apa saja manfaat arang untuk kesehatan dan kecantikan?

1. Pemutih gigi

Banyak yang membuktikan bahwa arang efektif untuk memutihkan gigi. Hal ini karena kualitas perekat alami arang membiarkannya mengikat noda di permukaan gigi Anda (seperti teh, anggur, kopi, dll) dan menghilangkannya.

2. Kembung

Merasa kembung dan tidak nyaman adalah sesuatu yang kita semua alami, tetapi bukankah lebih baik mengobati perut kembung secara alami daripada meraih lemari obat? Sebuah studi di American Journal of Gastroenterology menemukan bahwa arang aktif mencegah pembentukan gas di usus setelah makan yang menghasilkan gas, jadi dengan mengeluarkan 500mg arang aktif satu jam sebelum makan Anda mungkin menganggap ‘bergas’ dengan segelas air bisa menjaga kembung sial di teluk!

3. Perawatan jerawat dan komedo

Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan komedo dan jerawat, jadi andalkan arang untuk menyortir area yang sulit dibersihkan ini dengan menarik kotoran dan kotoran lainnya. Banyak yang menemukan bahwa mengaplikasikan masker yang terbuat dari arang dengan beberapa bahan alami lainnya dapat membuat kulit mereka menjadi lebih baik, membuatnya bersih secara menyeluruh, lembut dan tanpa mengganggu kulit sensitif juga. Seperti mandi lumpur untuk wajah Anda!

4. Filter air

Sekarang Anda akan menyadari bahwa kekuatan super arang menghilangkan kotoran, dan hal yang sama dapat dilihat ketika digunakan sebagai filter air juga. Arang aktif menjebak kotoran dalam air, termasuk klorin dan bahan kimia lainnya, serta mineralisasi air dan menyeimbangkan tingkat pH (terlalu banyak asam dalam tubuh Anda dapat memiliki efek negatif pada kesehatan Anda). Praktik penggunaan arang sebagai penjernih air telah digunakan di Jepang sejak abad ke-17, jadi patut dicoba! 

5. Detoks

Beberapa orang percaya bahwa dengan memasukkan arang aktif ke dalam diet harian Anda sebagai suplemen, zat tersebut akan menghilangkan racun dari usus Anda yang akhirnya keluar dari pori-pori Anda.

6. Sampo

Kita semua bersalah karena mencoba banyak produk berbeda pada rambut kita, dan setelah beberapa saat ini dapat menyebabkan penumpukan residu pada rambut Anda. Shampo yang mengandung arang dapat menyerap minyak dari rambut berminyak sekaligus melembabkan rambut kering dan kulit kepala kering. Setelah menggunakannya untuk sementara waktu, Anda mungkin menemukan bahwa Anda bahkan dapat mencuci rambut lebih jarang. 

7. Mengobati sakit perut

Daya serap arang menjadikannya sebagai bahan yang telah digunakan untuk mengobati keracunan obat atau makanan di dalam tubuh. Untuk alasan yang sama itu bisa sangat efektif untuk mengatasi sakit perut, dengan menonaktifkan racun yang kemudian dapat dibuang oleh tubuh. Meskipun arang aktif tidak dianjurkan untuk siapa pun di bawah tiga tahun, anak-anak yang lebih besar dapat menyesap air dengan arang yang tersebar di dalamnya, dan orang dewasa dapat meminum dua kapsul tiga kali sehari.

Baca Juga :

<strong>Kebiasaan Baik yang Sampai Sekarang Masih Dianggap Buruk oleh Masyarakat</strong>

Dulu 6 Barang Ini Trendi, Sekarang Sudah Tidak Lagi

Cari Tahu 6 Penyebab Kulit Keriput yang Jarang Diketahui

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 2

Jika Anda pernah berurusan dengan jerawat, bahkan jika