Tingkatkan warna kulit Anda dan dapatkan cahaya yang sehat dengan menambahkan beberapa cara ahli ini ke rutinitas harian Anda. Dari makanan yang baik untuk kulit, hingga pemeriksaan tahi lalat bulanan, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjaga kulit 

1. Lindungi kulit Anda dari UV

Paparan sinar matahari adalah penyebab terbesar penuaan dan kanker kulit. Pakai tabir surya minimal SPF 30 dan perbaharui setiap 3 jam sekali agar kulit wajah Anda terhindar dari bahaya paparan sinar matahari. Terlebih bagi Anda yang kerap melakukan aktivitas di luar rumah. Namun, Anda yang beraktivitas di dalam ruangan pun tetap harus menggunakannya karena paparan sinar matahari juga akan tetap masuk dan mengenai kulit wajah Anda.

2. Tidur dan kesehatan kulit

Tidur berkualitas baik untuk kesehatan kulit bukanlah mitos. Saat tidur kulit kita beregenerasi sendiri, jadi targetkan tujuh hingga delapan jam semalam. Tapi sisakan cukup waktu untuk bercinta! Ini membantu orang terlihat lebih muda. Penelitian menunjukkan orang tua dengan kehidupan cinta yang aktif terlihat lima sampai tujuh tahun lebih muda dari usia mereka, berkat endorfin yang baik dan hormon pertumbuhan manusia yang dapat membantu menjaga kulit tetap elastis.

3. Matikan pemanas atau AC

Pemanasan sentral, dan AC, dapat membuat kulit Anda sangat kering, menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Sebagai gantinya, kenakan baju yang lebih tipis dan menyerap keringat, atau sesekali bisa gunakan kipas angin.

4. Merokok buruk untuk kulit

Studi menunjukkan bahwa bahan kimia dalam rokok merusak serat elastin dan kolagen. Rokok juga mengurangi aliran darah ke kulit, membatasi oksigen dan nutrisi. Oleh karenanya jauhi rokok, dan juga asapnya.

5. Melembabkan kulit Anda setiap hari

Dapatkan minyak yang baik dengan melembabkan kulit Anda dua kali sehari. Hal ini membantu mengisi kembali minyak. Pelembab apa pun yang Anda suka akan baik-baik saja. Kebanyakan dokter kulit merekomendasikan pelembab murah dan bebas pewangi.

6. Lakukan pemeriksaan tahi lalat bulanan

Munculnya tahi lalat baru atau perubahan tahi lalat yang sudah ada adalah tanda paling umum dari kanker kulit. Dan mengenalinya lebih awal meningkatkan peluang Anda untuk pengobatan dan pemulihan yang berhasil. Tidak menyenangkan untuk memeriksa diri sendiri telanjang di depan cermin, tetapi itu penting.

Cari tahi lalat yang berubah bentuk, ukuran atau warna, atau menjadi gatal atau berdarah. Perubahan tidak harus berarti kanker, tetapi penting untuk menghubungi dokter umum Anda untuk dilihat. Kebanyakan melanoma memiliki bentuk yang tidak beraturan, lebih dari satu warna dan paling sering muncul di kaki atau punggung Anda.

7. Hindari gula

Gula menyebabkan kerusakan glikasi di kulit. Gula mengurangi sifat-sifat yang membuat kulit tampak muda dan montok. Mengkonsumsi terlalu banyak gula akan menyebabkan kolagen dan elastin menjadi lebih kaku, rapuh dan rentan terhadap kerusakan, yang berarti kulit akan kehilangan “kencangnya kembali”.

8. Makan makanan yang seimbang

 Diet yang memenuhi semua kebutuhan mineral dan vitamin harian Anda akan membantu menjaga kulit Anda sesehat mungkin. Diet sehat memberi Anda blok bangunan untuk kulit yang sehat. Jika menurut Anda makanan tertentu dapat menyebabkan kulit meradang, temui dokter umum Anda, yang dapat merujuk Anda ke ahli diet atau dokter kulit untuk saran lebih lanjut tentang makanan yang baik untuk kulit.

Buah dan sayuran segar mengandung banyak antioksidan, yang menyerap kerusakan kulit. Itulah sebabnya, ketika Anda mengalami kerusakan akibat sinar matahari, banyak bahan topikal yang Anda oleskan pada kulit Anda akan mengandung ekstrak tumbuhan karena antioksidannya sangat membantu.

Baca Juga :

Coba Aturan Skincare 3 Detik Ala Korea Ini Untuk Kulit Sehat dan Glowing

Skincare Para Wanita Jepang Untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Kebiasaan Pagi Hari Demi Kulit Sehat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Pentingnya Lulur Wajah dan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses menghilangkan sel-sel mati dari permukaan