Tidak peduli seberapa banyak Anda merawat kulit Anda, beberapa penyakit kulit sedemikian rupa sehingga tidak dapat dihindari. Infeksi jamur adalah salah satu kondisi yang dialami hampir setiap orang setidaknya sekali dalam hidup mereka. Beberapa infeksi jamur yang umum adalah kaki atlet, ruam popok dan gatal di selangkangan. Sementara obat-obatan dan salep tersedia untuk infeksi jamur ini, banyak jamur menjadi kebal terhadapnya, sehingga membuat obat-obatan tidak berguna. Jika Anda menderita infeksi jamur dan obat-obatan yang dijual bebas tidak membantu, mungkin Anda bisa mencoba pengobatan rumahan. Artikel ini mencantumkan 9 pengobatan rumah alami untuk infeksi jamur.

Jika Anda menderita infeksi jamur, menunggu sampai hilang atau sembuh dengan sendirinya bukanlah pilihan. Kelalaian dapat menyebabkan konsekuensi yang berbahaya, jadi lihat perbaikan alami ini untuk menyembuhkan infeksi Anda.

1. Madu

Digunakan sebagai bahan dalam perawatan kulit di rumah, madu terkenal dengan khasiat penyembuhannya. Karena merupakan antiseptik, ia bekerja sangat baik sebagai obat rumahan untuk infeksi jamur. Secara alami mengandung hidrogen peroksida, dapat membunuh bakteri dan jamur.

Cara Penggunaan:

Untuk menggunakan madu untuk infeksi jamur, oleskan satu sendok teh madu ke area yang terinfeksi dan biarkan selama setengah jam. Anda dapat melakukan ini dua kali sehari untuk pemulihan yang lebih cepat.

P.S. Cuci madu dengan benar, jika tidak maka akan menyengat kulit Anda, dan tetap lengket.

2. Daun nimba

Sejak lama, daun mimba telah digunakan untuk menyembuhkan infeksi dan penyakit kulit. Faktanya, ini adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk infeksi jamur. Dipenuhi dengan sifat antijamur, mimba bekerja sebagai detoksifikasi yang luar biasa.

Cara Penggunaan:

Untuk menggunakan daun mimba untuk mengobati infeksi jamur, rebus dalam air selama 2-3 menit. Anda bisa membuat pasta dari daun rebus ini dan mengoleskannya ke area yang terkena. Cara lain untuk menggunakan daun mimba adalah dengan mengkonsumsi jusnya, karena itu juga sangat efektif.

3. Cuka sari apel

Kaya nutrisi seperti magnesium, potasium dan fosfor, dan diisi dengan sifat antibakteri dan antijamur, bahan asam ini adalah obat rumah yang efektif untuk infeksi jamur.

Sifat asam cuka sari apel memperlambat pertumbuhan jamur, sehingga mengobati infeksi Anda dengan cepat dan efektif. Cuka sari apel dapat digunakan dengan berbagai cara untuk menangkal infeksi jamur.

Cara Penggunaan:

Salah satu caranya adalah dengan meminum cuka sari apel yang diencerkan dengan air. Ini dapat membunuh infeksi dan membantu tubuh Anda dari dalam ke luar. Namun, perbandingannya harus 1-2 sendok makan cuka sari apel dengan satu cangkir air. Anda juga dapat mengoleskan cuka sari apel yang diencerkan pada area yang terkena untuk pemulihan yang lebih cepat. Jika Anda memiliki infeksi pada kaki Anda, siapkan larutan cuka sari apel yang diencerkan dalam air dan rendam kaki Anda di dalamnya.

4. Minyak pohon teh

Minyak esensial ini adalah bahan ajaib untuk perawatan kulit dan rambut, karena mengandung sifat antijamur dan antibakteri. Sifat-sifat minyak pohon teh inilah yang membuatnya menjadi obat rumahan yang berguna untuk infeksi jamur.

Cara Penggunaan:

Untuk menggunakan minyak pohon teh untuk infeksi jamur, campur dengan minyak pembawa apa pun yang Anda miliki (kelapa/jojoba/almond/zaitun) dan oleskan ke area yang terinfeksi.

Penafian: Jangan gunakan minyak pohon teh tanpa minyak pembawa karena terlalu kuat dan dapat menyebabkan reaksi buruk pada kulit.

5. Yogurt

Kita semua tahu bahwa yoghurt penuh dengan bakteri probiotik. Bakteri lactobacillus yang terkandung dalam yoghurt melepaskan hidrogen peroksida, yang membunuh infeksi jamur dan ragi. Jadi, yoghurt adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling menjanjikan untuk infeksi jamur.

Cara Penggunaan:

Untuk menggunakan yoghurt untuk infeksi, oleskan yoghurt dingin pada area yang terkena agar lebih cepat sembuh.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah bahan terbaik untuk perawatan kulit dan juga untuk penyembuhan penyakit. Obat kuno untuk infeksi kulit, sifat antijamur minyak kelapa membunuh sel jamur.

Cara Penggunaan:

Untuk menggunakan minyak kelapa, oleskan lapisan minyak kelapa pada daerah yang terkena dua sampai tiga kali sehari. Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling dapat diandalkan untuk infeksi jamur dan harus diulang secara teratur untuk bantuan yang lebih cepat.

7. Bawang putih

Bahan yang disukai semua orang, tetapi tidak menyukai baunya, adalah obat rumah yang fantastis untuk infeksi jamur. Salah satu bahan antimikroba dan antijamur yang paling ampuh, mengkonsumsi bawang putih secara teratur mengurangi kemungkinan Anda menderita infeksi. Menggunakan bawang putih secara topikal juga baik untuk melawan infeksi jamur dan ragi.

Cara Penggunaan:

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari bahan ini, campur bawang putih yang dihancurkan dengan minyak zaitun untuk membentuk pasta kental dan oleskan ke daerah yang terkena. Anda juga dapat menggunakan pasta bawang putih pada area yang terkena dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. Namun, jangan biarkan pasta bawang putih mentah tetap berada di area yang terinfeksi selama lebih dari setengah jam, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

8. Lidah buaya

Banyak digunakan untuk menenangkan kulit, lidah buaya adalah salah satu solusi alami terbaik untuk kulit dan juga merupakan agen penyembuhan yang bagus untuk infeksi jamur. Karena bersifat antiseptik, lidah buaya bekerja melawan jamur dan bakteri, membunuh mereka. Hal ini juga dapat menghambat pertumbuhan ragi. Dengan demikian, ini adalah obat rumah yang sangat baik untuk infeksi jamur.

Cara Penggunaan:

Yang perlu Anda lakukan adalah mengoleskan beberapa gel pada area yang terkena setiap hari sampai Anda melihat hasil yang diinginkan.

9. Kunyit

Kunyit adalah masala tercinta di dapur kita yang berguna untuk berbagai tujuan!

Ingin menambahkan warna dan rasa pada makanan Anda? Gunakan kunyit.

Ingin membuat kulit Anda bersinar? Gunakan kunyit.

Ingin menyembuhkan luka? Gunakan kunyit.

Kunyit adalah solusi untuk hampir setiap masalah yang Anda hadapi, jadi masuk akal jika kunyit juga merupakan obat rumahan untuk infeksi jamur.

Cara Penggunaan:

Pada daerah yang terkena, oleskan pasta kunyit dan air untuk penyembuhan lebih cepat.

Bagaimana Mencegah Infeksi Jamur?

Setelah Anda menderita infeksi jamur dan ragi, Anda tahu betapa menyakitkan dan menjengkelkannya infeksi tersebut. Untuk memastikan Anda tidak tertular lagi, ikuti tip sederhana berikut untuk mencegah infeksi lebih lanjut:

  • Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat, karena dapat menyebabkan lebih banyak keringat, yang menyebabkan infeksi jamur. Kenakan pakaian yang menyerap keringat.
  • Jangan menggaruk area yang terinfeksi karena dapat meningkatkan kemungkinan penyebaran dan memperburuk infeksi.
  • Jika pakaian Anda basah atau kotor, gantilah sesegera mungkin. Mengenakan pakaian lembab dapat menyebabkan infeksi jamur.
  • Jaga agar area yang terkena tetap kering.

Baca Juga :

Jamur yang Sering Menyerang Kulit

5 Manfaat Menarik dari Jamur

Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Kamu Rentan Terserang Infeksi Ragi Area Kewanitaan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Penglihatan Kita

Penglihatan adalah salah satu indera terpenting dari tubuh