Pertama-tama, mari kamu perlu memahami fakta bahwa mewarnai rambut adalah suatu proses. Apakah kamu memilih untuk mewarnai kembali akar rambut kamu di salon atau di rumah, proses mengecat rambut tetaplah membutuhkan kesabaran ekstra. Mulai dari mengecat, membilas hingga styling rambut membutuhkan waktu dan kesabaran.

Saat kamu memutuskan untuk mewarnai rambut di rumah, kamu mungkin berisiko mengacaukan cat rambut kamu. Kamu bisa mengotori kulit kamu dengan cat rambut yang berantakan. Meskipun tidak umum, nyatanya pewarna rambut dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah pada wajah (yaitu mata bengkak tertutup) dan reaksinya pun akan bertambah buruk setiap kali kulit terpapar cat rambut.

Jadi, jika kamu pernah memiliki reaksi alergi, bahkan jika itu adalah alergi yang ringan, maka berhati-hatilah karena alergi berikutnya bisa lebih parah. Berikut ini panduan komprehensif untuk menghindari noda tak terduga dan reaksi alergi karena cat rambut :

  • Selalu Lakukan Tes Patch
Lakukan Patch Test: Uji Coba Produk Skin Care Sebelum Dibeli ...

Tidak peduli berapa kali kamu mewarnai rambut, sangat penting untuk selalu menguji warna terbaru kamu di tangan sebelum kamu menerapkannya pada rambut kamu. Ini akan membantu menghindari reaksi alergi yang tidak diinginkan.  Ada alergen yang umum dalam pewarna rambut. Alergen ini dikenal sebagai paraphenylenediaImine (PPD), yang hanya akan bereaksi terhadap sebagian kecil orang. Tetapi ketika alergi itu terjadi, seluruh kepala kamu bisa menjadi gatal dan meradang.

  • Persiapan Sebelum Kamu Mulai Mengecat Rambut

Dalam hal mewarnai rambut kamu, sebaiknya kamu melapisi garis rambut dengan plester medis sebelum menerapkan warna pada rambut kamu. Kamu perlu membuat penghalang semu di antara rambut dan kulit kepala. Kamu bisa menggunakan minyak atau petroleum jelly untuk meningkatkan faktor perlindungan. Hal ini akan sangat diperlukan apalagi jika kamu pernah memiliki riwayat alergi terhadap cat rambut.

  • Lindungi Kulit Selama Proses

Jika kamu ingin mewarnai rambut sendiri di rumah, sangat direkomendasikan untuk membungkus diri kamu dengan handuk berwarna gelap untuk melindungi kulit dan pakaian kamu dari pewarna rambut. Jadi, selain sarung tangan, kamu juga memerlukan pelindung di badan supaya pewarna rambut tidak menodai kulit kamu.

  • Gunakan Alat yang Tepat

Cara terbaik untuk menghindari kekacauan atau cat rambut berantakan adalah dengan menukar aplikasi kamu di pertengahan aplikasi. Sebaiknya kamu menggunakan kuas yang lebih kecil untuk proses pengecatan yang lebih tepat, dan kemudian menggunakan cermin pembesar supaya kamu dapat memperhatikan setiap langkah dan proses pewarnaan pada rambut.

  • Bersihkan kekacauan yang kamu buat

Meskipun secara umum, pewarna rambut relatif aman pada kulit untuk waktu yang singkat, jika memang cat rambut kamu jatuh ke wajah, tangan, atau bagian tubuh lainnya selama proses pewarnaan, kamu perlu segera mengusapnya dengan sabun dan air, lakukan dengan lembut. Jika terdapat bekas cat warna rambut pada kulit, kamu bisa membersihkannya dengan soda atau alkohol. Tapi hal itu bisa membuat kulit kamu menjadi kering. Lebih baik kamu membersihkannya dengan sabun dan air secara teratur.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/langkah-awal-yang-penting-sebelum-melakukan-pewarnaan-rambut/

http://www.tampilcantik.com/5-alasan-kenapa-vegetable-hair-dye-lebih-baik-daripada-produk-pewarna-biasa/

http://www.tampilcantik.com/5-manfaat-pewarna-rambut-alami/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Gaya Rambut Untuk Olahraga

Menata rambut bisa jadi merepotkan saat kita hendak