Menerapkan foundation adalah sebuah seni dan seperti mahakarya lainnya, hal ini memerlukan alat dan teknik yang tepat. Memahami jenis kulit Anda, memilih warna yang tepat, dan memilih alat pengaplikasian yang sempurna akan mengarahkan Anda menuju kanvas sempurna untuk kreasi riasan Anda. Jadi, mari kita uraikan hal-hal penting tentang cara mengaplikasikan foundation.

Memilih Warna yang Tepat

Sekarang setelah Anda menentukan jenis kulit Anda, sekarang saatnya membicarakan tentang menemukan warna yang sempurna. Bayangkan foundation sebagai palet artis – warna yang tepat berpadu sempurna dengan warna kulit Anda sekaligus meningkatkan kecantikan alami Anda.

Ini bukan hanya tentang memilih warna yang terlihat cantik di dalam botol; ini tentang memilih salah satu yang cocok dengan warna dan rona kulit Anda. Rona kulit mengacu pada rona halus di bawah permukaan kulit Anda dan biasanya terbagi dalam tiga kategori: sejuk, hangat, atau netral.

Untuk mengidentifikasi rona kulit Anda, lihat pembuluh darah di bagian bawah pergelangan tangan atau punggung tangan Anda dalam cahaya alami. Jika warnanya tampak lebih kebiruan atau keunguan, kemungkinan besar Anda memiliki rona kulit dingin. Jika warnanya tampak kehijauan, Anda mungkin memiliki rona kulit hangat. Jika Anda tidak tahu atau sepertinya keduanya merupakan campuran, Anda mungkin memiliki rona kulit netral.

Setelah Anda menentukan undertone Anda, pilihlah foundation dengan undertone yang serasi. Warna dasar dingin cocok dipadukan dengan foundation yang memiliki rona merah jambu atau kemerahan, sedangkan warna dasar hangat cocok dipadukan dengan foundation yang memiliki semburat kuning atau emas. Untuk rona kulit netral, cukup fokuskan intensitas kulit Anda, misalnya terang atau gelap.

Selain itu, uji warna foundation di sepanjang garis rahang Anda dalam cahaya alami untuk memastikan warna tersebut menyatu sempurna dengan warna kulit Anda.

Alat Aplikasi Fondation

Kuas: Kuas foundation sangat cocok untuk mendapatkan hasil akhir tanpa cela dan airbrush. Jika Anda tahu cara mengaplikasikan foundation dengan kuas, alat ini memungkinkan pengaplikasian dan pencampuran yang tepat.

Spons: Spons kecantikan, jika dibasahi, akan menghasilkan hasil akhir yang alami dan rata. Mereka luar biasa dalam memadukan dan memberikan efek fokus lembut dan mulus pada kulit Anda.

Jari: Memberikan kehangatan, yang membantu foundation menyatu dengan kulit Anda dan salah satu cara mengaplikasikan foundation pada kulit kering. Metode ini sangat bagus untuk tampilan yang lebih alami tetapi mungkin memerlukan lebih banyak latihan agar pengaplikasiannya merata.

Cara Mengaplikasikan Foundation

Setelah Anda mempersiapkan wajah dengan membersihkan, melembabkan, dan mengaplikasikan primer, Anda bisa mulai dengan foundation.

  1. Jari

Pastikan Anda memulai dengan sedikit foundation, oleskan ke seluruh wajah, ratakan, lalu tepuk-tepuk perlahan ke kulit Anda. Ketahui cara mengaplikasikan foundation pada wajah dengan jari jika Anda sedang bepergian dan menginginkan tampilan riasan sederhana dan cepat.

  1. Kuas bintik

Kuas bintik adalah alat yang hebat untuk mengaplikasikan foundation —terutama jika berbentuk cair. Untuk mengetahui cara mengaplikasikan foundation dengan kuas, aplikasikan foundation pada wajah Anda dan gunakan sikat berbintik dengan gerakan melingkar ringan untuk membaurkannya secara merata. Kuas stippling selalu hadir dalam dua serat yang membantu memberikan hasil akhir yang halus dan merata pada foundation Anda.

Tip: Jika Anda memiliki kulit kering, hindari penggunaan sikat berbintik karena bulu bagian atas yang digerakkan dengan gerakan memutar akan cenderung mengelupas kulit secara mikro dan dapat membuatnya terkelupas.

  1. Beauty blender

Beauty blender yang lembap membantu merendam foundation jauh ke dalam kulit Anda. Desain beauty blender (berbentuk seperti telur) membantu memadukan produk ke area seperti garis rambut, bawah mata, dll. dengan sangat mudah. Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan foundation dengan spons? Pastikan Anda tidak menyeret blender ke kulit Anda. Sebagai gantinya, pantulkan perlahan ke kulit untuk memastikan produk tergosok dengan baik.

  1. Kuas Foundation Datar

Dengan menggunakan kuas foundation datar, aplikasikan foundation dengan gerakan ke bawah dan ratakan pada wajah dan leher Anda. Selanjutnya, gunakan kuas yang sama untuk mengetuk produk lagi. Jangan lewatkan langkah penyadapan karena akan membantu foundation meresap ke dalam kulit dan pori-pori, begitulah cara mengaplikasikan foundation dengan kuas.

  1. Kuas Bedak

Jika Anda memiliki foundation yang menawarkan cakupan sangat tinggi dan ingin tampil lebih natural, gunakan kuas bedak untuk pengaplikasiannya. Oleskan foundation pada area kulit yang menurut Anda perlu dicakup (ingat bahwa sedikit saja sudah cukup) dan gunakan kuas bedak dengan sapuan lembut ke bawah. Ini akan memberi Anda cakupan yang sangat tipis—hampir seperti Anda menggunakan pelembab berwarna. Mempelajari cara mengaplikasikan foundation dengan kuas dengan cara ini juga akan membantu menghindari hasil akhir yang terlalu kental.

  1. Spons atau Puff Datar

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa banyak bedak dan bedak padat dilengkapi dengan spons atau puff datarnya sendiri. Nah, di situlah separuh pertarungan sudah dimenangkan. Hindari menyapukannya ke seluruh wajah karena bedak mungkin tidak akan menempel secara merata, terutama jika Anda memiliki tekstur kulit yang tebal. Anda juga bisa sedikit membasahi spons atau puff untuk mendapatkan hasil yang tipis, namun pastikan untuk mengeringkannya sebelum memasukkannya kembali ke dalam wadah. Untuk mengaplikasikannya, oleskan spons/puff dengan gerakan kecil di sekitar wajah Anda.

Baca Juga :

<strong>10 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Saat Memilih Warna Anda Foundation</strong>

<strong>4 Cara Menemukan Shade Foundation Yang Tepat Saat Belanja Online</strong>

<strong>10 Tips Membuat Foundation Anda Terlihat Natural</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Tips Perawatan Rambut Terbaik untuk Rambut Bersemangat dan Sehat

Kita semua ingin memiliki rambut yang indah, sehat,