Jika ada iklan yang ingin kamu percaya bahwa ada pil atau ramuan ajaib yang bisa membuat kamu awet muda, maka yakinlah semua itu trik belaka. Tak ada cara instan agar kulitmu tetap lembut, otot bisepmu tetap kencang, dan rambutmu selalu tebal hingga akhir hayat. Mengalahkan waktu adalah misi sia-sia. Namun, ada strategi-strategi untuk mencegah penuaan mengalahkanmu terlalu tepat, dengan memberi dukungan pada 30 triliun sel-sel dalam tubuhmu.

Seluruh sel tersebut mengandung kromosom. Di setiap ujung kromosom itu ada telomer, sebuah lapisan DNA esktra yang membantu sel-sel membelah diri. Namun dengan setiap proses pembelahan diri, telomermu terurai, sehingga semakin cepatlah proses penuaan yang kadang diiringi dengan penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Untuk memperlambat proses ini, cara terbaik adalah dengan melindungi telomer. Simak empat rahasia untuk menjaga telomer berikut ini.

Perkaya DNA-mu dengan Nutrisi

Asam lemak omega-3 anti peradangan yang ditemukan di ikan-ikan berlemak seperti salmon dan tuna mampu menjadi perisai yang melindungi telomer dari kerusakan. Konsumsilah makanan-makanan ini untuk memperlambat efek-efek buruk penuaan.

Di sisi lain, ada makanan-makanan yang justru bersifat racun bagi telomer. Daging merah diproses dan gula adalah makanan-makanan utama yang harus dijauhi karena dampak negatifnya terhadap telomer kita. Batasilah konsumsi makanan-makanan ini dan gantilah dengan daging organik, free range sebanyak mungkin. Selain itu, jauhi benar-benar suplemen yang mengaku mampu memperpanjang usia telomer. Hingga saat ini, belum ada riset yang membuktikan manfaatnya.

Selalu Positif agar Awet Muda

Kesinisan, sikap bermusuhan, dan pesimisme ternyata bukan hanya membawa dampak buruk bagi kebagahiaan Anda, namun juga telomer. Stres sehari-hari memang merupakan bagian dari kehidupan modern, namun yang paling penting adalah cara kita menangani situasi-situasi tersebut dan sembuh darinya. Ketika kamu mulai berpikiran negatif, kamu memompa hormon-hormon stres yang bisa mensabotase telomer.

Coba strategi yang dinamai dengan metode menjauhkan diri ini. Bayangkanlah situasi-situasi stresmu sebagai adegan dari sebuah film dan kamu hanyalah penontonnya. Bayangkan adegan-adegan itu berlalu tanpa investasi emosimu.

Larilah dari Penuaan

Cara terbaik untuk lari dari penuaan adalah dengan lari secara literal. Olahraga adalah alat terpenting untuk melindungi telomer karena aktivitas tersebut mengusir dua pengaruh buruk: peradangan an stres. Saat-saat dimana kita paling malas berolahraga justru adalah saat terbaik untuk melakukannya demi melindungi telomer.

Aerobik dengan intensitas moderat yang dilakukan tiga kali seminggu selama 45 menit dipercaya mampu menggandakan aktivitas sebuah enzim yang dinamai telomerase. Enzim ini bertugas memperbaiki telomer-telomer yang rusak terurai dan membuat kita awet muda.

Desain Ulang Liburanmu

Alih-alih bermalas-malasan di pantai, ada cara berbeda untuk refreshing yang lebih bermanfaat. Retreat meditasi selama enam hari ternyata mampu membantu kita untuk memperbaiki telomer-telomer yang rusak.

Kini, semakin banyak perusahaan jasa wisata yang menawarkan paket retreat meditasi. Namun, kamu juga bisa mempraktekkan aktivitas meditatif ke mana pun kamu berlibur tanpa membuang lebih banyak uang untuk menyewa jasa profesional. Dengan tidak adanya rutinitas, kamu bisa mempraktekkan teknik-teknik penghilang stres baru dalam liburanmu tanpa khawatir terjeda kesibukan.

Baca juga Masih Muda Masa Udah Sering Stress?! 5 Hal Ini Terbukti Menjadi Solusi Cepat Mengatasi Stress

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Manfaat Mengejutkan dari Minum Air Panas untuk Kulit Anda

Panas atau dingin, segelas air dapat bertindak sebagai