Setiap generasi memiliki lifestyle unik masing-masing. Sebut saja generasi 70-an, 80-an dan 90-an. Setiap generasi memiliki ciri khas yang tidak akan dimengerti oleh generasi lainnya. Kita tumbuh dengan tren yang sangat beragam. Foto-foto jadul milik ayah dan ibu kita tentu berbeda dengan foto-foto jadul yang kita miliki. Dari style pakaian, style rambut bahkan tren pose foto pun akan sangat berbeda.

Nah, berikut ini adalah flashback beberapa hal yang sangat dikenal oleh anak generasi tahun ’90-an yang kemungkinan besar tidak akan pernah dimengerti oleh Kids Jaman Now atau generasi tahun 2000an :

  • Menggunakan pensil / jari untuk menggulung kaset
Memori-Memori Indah Bersama Kaset Pita, Siapa yang Pernah ...

Kids Jaman Now mungkin tidak mengenal jaman kaset. Ya! Anak tahun 90-an tahu betul tentang kaset. Cara menikmati musik di tahun 90-an sangat berbeda dengan jaman yang serba digital saat ini. Anak-anak tahun 90-an mendengarkan musik dengan tape dan kaset. Mereka membeli album idola mereka dalam wujud kaset dan mendengarkannya dengan kaset. Ketika kaset bermasalah, anak-anak generasi 90-an akan mengeluarkan pensil mereka atau menggunakan jari untuk merapikan pita kaset!

  • Membersihkan CD secara teratur
Media Penyimpanan Eksternal – walid890

Selain kaset, generasi 90-an juga memiliki CD! Mereka menggunakan CD untuk menonton musik video dan menonton film. Tidak lupa, mereka selalu membersihkan CD secara berkala, terutama saat akan menggunakannya. Jaman itu belum ada flashdisk, girls! Bahkan, untuk menonton film panjang, biasanya anak-anak generasi 90-an harus mengganti CD karena satu CD hanya memuat 1 Part film atau setengah dari durasi film.

  • Menghemat kata untuk menghemat pulsa

Hai para generasi 90-an! Ingatkah kalian tentang singkatan-singkatan di jaman sms-an seperti, “coz, q, Aq, qm, gx, ska, dgr, skul, x”? Jika kamu masih paham dengan singkatan itu, artinya kamu sudah tua! Mungkin Kids Jaman Now atau anak generasi 2000an tidak akan paham bagaimana perjuangan kamu menghemat pulsa dengan cara menghemat karakter saat sms. Tentu saja, sms sangat berbeda dengan sosmed WhatsApp, Line, Telegram, Instagram, Facebook, dll. Sekarang, kalian bisa menuliskan ratusan kata dan tidak dipungut biaya (hanya modal kuota saja). Tapi dahulu, setiap kata ada harganya!

  • Melihat guru menurunkan dan menggulung peta di papan tulis

Jaman sekolah dulu, generasi 90-an belum mengalami OHP atau Proyektor Digital! Jika Bapak atau Ibu Guru ingin menjelaskan tentang peta, mereka harus membuka gulungan peta yang biasanya terletak di atas papan tulis. Murid-murid terkadang berlomba untuk membantu guru membuka gulungan peta ini. Rasanya sangat unik, seperti menurunkan tirai. 

  • Beragam koleksi unik (bahkan kadang tidak masuk akal)

Jaman sekarang, orang-orang sangat senang mengoleksi like, follower, subscriber dan komentar di sosial media. Tapi dulu, anak-anak generasi 90-an mengoleksi berbagai barang unik! Mereka mengoleksi kertas binder, tamiya, yoyo, sticker, karet rambut, barbie, bahkan ada yang sering mengoleksi bungkus rokok untuk dipamerkan pada teman-teman.

Bagaimana? Apakah kalian para generasi 2000-an juga pernah mengalami hal-hal di atas? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/tren-tahun-90-an-yang-kembali-di-tahun-2020/

https://www.tampilcantik.com/tips-berkomunikasi-dengan-anak-dari-berbagai-usia/

https://www.tampilcantik.com/tren-tahun-2000-an-yang-kini-jadi-stylish-lagi-mungkin-kamu-sudah-melupakan-beberapa-di-antaranya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ubah Taman di Rumah Menjadi Negeri Dongeng Dengan 20 Bunga yang Mekar di Malam Hari

Sejak pandemi virus COVID-19 yang melanda dunia, banyak