Rambut kamu sulit tumbuh atau butuh waktu lama untuk tumbuh? Nah, alih-alih membeli produk penumbuh rambut yang belum jelas khasiat dan dampaknya, kamu bisa menggunakan beberapa trik alami berikut ini agar rambut kamu lebih cepat tumbuh dan lebih tebal.

Tips berikut bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah tanpa membutuhkan alat atau bahan khusus: 

  1. Penuhi kebutuhan vitamin B-12

Jika rambut kamu sulit tumbuh, itu bisa berarti tanda bahwa tubuh kamu tidak memiliki cukup vitamin B-12. Padahal, vitamin B-12 penting untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut. 

Kekurangan vitamin B-12 bisa menjadi penyebab dari rambut kering, tipis, dan rapuh. Kulit kepala pun membutuhkan vitamin B-12 agar tetap sehat. Jika tidak, kulit kepala bisa gatal dan bahkan berketombe. 

Untuk itu, cukupi vitamin B-12 kamu, agar kandungan vitamin B-12 seimbang dalam tubuh, sehingga rambut pun lekas tumbuh. Jika perlu, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menambah asupan vitamin.

  1. Pijat kulit kepala kamu

Tahukah kamu? Pijatan di kepala akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal itu akan membuat darah mengalir dengan lancar ke folikel rambut, sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut kamu.

Lakukan pijatan di kulit kepala menggunakan ujung jari. Pijatlah semua sisi kepala kamu dengan lembut. Kamu bisa lakukan pijatan saat keramas atau saat menggunakan vitamin untuk kulit kepala.

  1. Keringkan rambut dengan benar

Untuk menumbuhkan rambut dengan cepat, usahakan untuk menghindari memelintir rambut dengan handuk setelah keramas. Agar rambut tetap sehat, kamu tidak boleh menggosok rambut dengan cara apa pun, karena itu bisa membuat rambut semakin rapuh. 

Alih-alih menggosok atau bahkan memelintir rambut, lakukanlah pengeringan dengan cara menepuk-nepuk rambut dengan lembut menggunakan handuk. Tekan handuk dengan lembut ke rambut dan hilangkan air yang masih terjebak di rambut kamu.

  1. Tidur dengan sarung bantal sutra

Sarung bantal dari kain katun dapat menarik kelembapan dari rambut kamu dan membuat rambut jadi semakin kering. Tapi hal itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan sarung bantal sutra. Karena, kain sutra dapat mengurangi gesekan antara rambut dengan bantal, sehingga akan meminimalkan kerusakan rambut.

  1. Ubah cara kamu mengikat rambut

Jika kamu selalu mengikat rambut menjadi ekor kuda setiap hari, maka cobalah untuk mengubah posisi ikatan rambut kamu. Usahakan untuk menghindari kucir kuda yang tinggi, tapi buatlah menjadi kucir kuda rendah. Selain itu, kamu juga tidak boleh mengikat rambut dengan terlalu kencang. 

Fakta menunjukkan bahwa ketika kamu membuat kucir kuda yang kencang dan pada posisi yang tinggi, kamu bisa menarik rambut kamu, sehingga rambut bisa rontok. Ditambah lagi, kamu juga berisiko kehilangan rambut di area yang sama dan merusak akar rambut. 

Jika kamu tidak bisa hidup tanpa mengikat rambut, ubahlah gaya ikatan kamu agar tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu kencang. Longgarkan ikatan kamu agar rambut tidak tertekan. 

  1. Rawat kulit kepala kamu

Kulit kepala juga membutuhkan perawatan seperti halnya kulit wajah kamu. Oleh karena itu, kamu perlu mencari produk perawatan kulit kepala yang cocok untuk memelihara kebersihan dan kesehatannya. Ingat, kulit kepala kamu perlu dilembapkan secara berkala, supaya pH simbang sehingga kulit tetap sehat. 

  1. Keramas dengan air dingin

Setelah kamu keramas, coba bilas rambut kamu dengan air dingin. Atau, kamu bisa keramas dengan air dingin secara penuh. Air dingin dapat membantu kamu memperkuat rambut dan membuat rambut jadi lebih sehat. Selain itu, keramas dengan air dingin akan menambah kilau pada rambut kamu dan membuatnya jadi lebih halus.

Baca Juga :

Tips Agar Rambut Tumbuh Subur dengan Beberapa Latihan Sederhana

Apakah Rambut Tumbuh Lebih Cepat Ketika Dipotong Secara Rutin? Jika Kamu Penasaran, Berikut Ini Beberapa Mitos Dan Kebenaran Perawatan Rambut

Bingung Karena Rambut Tumbuh di Dagu? Atasi dengan cara ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kulit Kepala Jerawatan? Ini Cara Mengobati dan Mencegahnya!

Jerawat adalah masalah kulit paling umum yang pasti