Sebagian besar wanita sering melakukan aktivitas mencukur bulu halus atau rambut pada tubuhnya, baik itu rambut pada tangan, kaki, ketiak, atau bagian tubuh yang lain. 

Biasanya, wanita mencukur bulu karena menganggap bulu halus di tubuhnya memperburuk penampilan, sehingga membuat wanita merasa tidak percaya diri. 

Padahal, sebenarnya rambut di tubuh membawa dampak positif, sehingga tidak perlu dicukur. Rambut pada tangan, kaki, ketiak, dan bagian tubuh lainnya berfungsi melindungi suhu tubuh serta melindungi kulit dari debu dan kotoran.

Untuk itu, berhenti mencukur rambut atau bulu halus pada sekujur tubuh bisa membawa manfaat. 

Berikut emal alasan mengapa kamu harus berhenti mencukur rambut halus pada tubuh: 

  1. Rambut halus pada tubuh dapat mencegah penularan bakteri

Rambut pada tubuh pada dasarnya bisa mencegah penyebaran segala jenis penyakit. Rambut dapat melindungi kamu dari bakteri, mengurangi gesekan, dan mencegah terjadinya iritasi.

Bulu hidung, misalnya, memiliki fungsi menyaring kuman yang terhirup melalui lubang hidung sehingga kuman tidak dapat mencapai paru-paru. 

Sementara itu, rambut pada area kemaluan melindungi dari infeksi dan penyakit. Rambut akan meminimalkan risiko tertular bakteri, virus, dan penyakit lainnya.

  1. Rambut halus pada tubuh akan melindungi kulit dari sinar matahari

Rambut memberikan penghalang bagi dua jenis sinar matahari yang terbukti berbahaya bagi kulit, yaitu sinar UVA dan sinar UVB.

Kepadatan rambut pada tubuh dapat menjamin seberapa banyak melanin yang akan dihasilkan. Semakin tebal dan padat rambut pada tubuh, maka semakin besar pula perlindungannya. 

Rambut pada tubuh manusia juga memberikan mekanisme pertahanan alami yang membantu mencegah risiko berbagai jenis kanker kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

  1. Rambut halus pada tubuh akan mencegah infeksi dan iritasi kulit

Pernahkah kamu mencukur bulu ketiak? Setiap orang mungkin pernah melakukan pencukuran bulu ketiak meskipun hanya sekali dalam seumur hidup. 

Aktivitas mencukur bulu ketiak berulang kali atau mencukur bulu ketiak terlalu cepat dapat mengakibatkan iritasi bahkan infeksi pada kulit. 

Selain itu, jika kamu bercukur menggunakan pisau cukur yang sudah lama dan kusam, atau bercukur tanpa menggunakan krim cukur, maka jaringan di sekitar folikel rambut bisa teriritasi.

Apabila folikel atau pori-pori tersumbat dan dibiarkan terbuka setelah bercukur, udara yang masuk ke dalamnya akan teroksidasi dan mengubah warna kulit menjadi gelap.

  1. Rambut halus pada tubuh akan mengatur suhu tubuh secara maksimal

Rambut pada tubuh menjadi bagian penting untuk menjaga agar tubuh kamu tetap hangat pada saat cuaca dingin.

Tentu hal tersebut akan akan sangat bermanfaat. Sebaliknya, jika kamu rutin mencukur bulu-bulu halus pada tubuh, bisa jadi kamu menjadi mudah kedinginan dan terserang penyakit. 

  1. Tidak mencukur rambut halus pada tubuh akan menghemat uang dan waktu

Coba kamu ingat-ingat, berapa waktu yang terbuang saat kamu mencukur bulu-buku halus pada tubuhmu? Cukup lama, bukan?

Selain waktu yang terbuang, uang juga ikut terbuang karena kamu harus membeli alat cukur, krim cukur, dan lain-lain. 

  1. Tidak mencukur rambut halus pada tubuh akan mencegah pertumbuhan rambut yang tidak normal

Pertumbuhan rambut tidak normal alias “tumbuh ke dalam” merupakan efek negatif pencukuran rambut yang terlalu sering. 

Ketika rambut yang mulai tumbuh terhalang oleh kulit mati yang menyumbat folikel, maka pertumbuhan rambut akan mengarah ke dalam. Padahal, rambut normal harusnya tumbuh ke atas. 

Nah, kondisi ini dapat mengakibatkan risiko kesehatan dan memberikan rasa tidak nyaman, entah itu sakit, gatal, kemerahan, bahkan bengkak.

Bila hal ini sudah terjadi, sebaiknya segera hentikan pencukuran rambut. Jika perlu, konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan solusi terbaik. 

Nah, itulah enam alasan mengapa kamu harus berhenti mencukur rambut halus pada tubuh. Rambut adalah bagian tubuh alami yang bermanfaat untuk kesehatan kamu, jadi mengapa harus membuang uang dan waktu untuk menghilangkannya?

Baca Juga :

5 Hal Positif yang Akan Terjadi Jika Kamu Berhenti Mencukur Bulu Halus di Tubuhmu

Manfaat Rutin Mencukur Bulu Miss V yang Harus Kamu Tahu

Sering Merasa perih setelah Mencukur Bulu Ketiak? Makanya Pakai Cara Ini Agar Tidak Terjadi Iritasi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun