Tahukah kamu? Hal-hal yang kamu lakukan di malam hari bisa menjadi pemicu bertambahnya berat badan, loh. Jika tak ingin berat badan makin bertambah, coba perhatikan kebiasaan buruk malam hari berikut ini dan berusahalah untuk menghindarinya, ya :

  1. Kurang tidur

Jika kamu kurang tidur di malam hari, maka tubuh kamu bisa menghadapi konsekuensi seperti: 

  • Metabolisme jauh lebih lambat.
  • Merasa lebih lapar.
  • Meningkatkan tingkat kortisol.
  • Merasa lebih lelah.

Untuk menghindari hal tersebut, tidurlah minimal 8 jam dalam sehari.

  1. Makan malam terlalu banyak atau berlebihan

Jika konsumsi makan malam kamu berlebihan atau kamu makan terlalu banyak, maka pencernaan kamu bisa melambat. Hal ini akan memicu kamu untuk bersantai di sofa sambil menonton televisi, atau berbaring di tempat tidur sambil bermain gadget. Jadi, jika tidak ingin menambah berat badan karena kebiasaan ini, kamu harus lebih memerhatikan menu makan malam. Pilih makan malam ringan yang terdiri dari protein dan sayuran.

  1. Langsung tidur setelah makan malam

Setelah makan, kita memang cenderung akan mengantuk dan tergoda untuk rebahan. Tapi, jika kamu langsung tidur setelah makan malam, hal itu bisa menumpuk lebih banyak sel lemak. Jika itu terjadi, kamu akan mengalami masalah pencernaan juga. Untuk itu, makanlah sekitar 1,5 sampai 2 jam sebelum tidur. Atau, tunggu 1,5 sampai 2 jam setelah makan malam, baru kamu boleh tidur.

  1. Makan gorengan di malam hari 

Siapa yang tak tergoda untuk menggoreng pisang atau menggoreng nugget ayam di malam hari. Tentu saya gorengan menjadi sajian yang nikmat untuk disantap saat malam. Tapi, konsekuensinya tak senikmat gorengan itu sendiri.


Pasalnya, jika kamu mengonsumsi gorengan di malam hari, kamu akan kelebihan kalori dan kekurangan waktu untuk membakarnya. Hal itu pun berujung dengan penumpukan sel lemak di dalam tubuh. Ini juga bisa menyebabkan tidur kamu tidak nyenyak.

Sebaiknya, pilih menu makanan yang direbus, dikukus, atau dipanggang untuk makan malam.

  1. Makan makanan pedas

Rempah-rempah dan makanan pedas juga menjadi sajian menarik di malam hari. Tapi, ini bisa menyebabkan masalah pencernaan yang membuatmu tidak bisa tidur nyenyak. Seperti kita tahu, makan makanan pedas bisa membuat perut sakit sampai kamu harus bolak-balik ke kamar mandi. 

Meskipun makanan pedas bisa mempercepat metabolisme, tapi makanan pedas tidak disarankan untuk dikonsumsi saat malam. 

  1. Makan sereal, roti, atau karbohidrat lain 

Karbohidrat yang terkandung dalam sereal, roti, nasi, kentang, dan sebagainya, akan memberi kamu energi ekstra yang tidak terpakai saat tidur. Akibatnya, akan ada terlalu banyak gula halus yang harus segera dibakar oleh pencernaan kamu. 

Jika tak ingin menambah berat badan, cobalah mengganti menu makan malam kamu dengan smoothie, buah segar, atau salad. Tentu saja, semua itu harus dimakan dalam porsi kecil, ya!

  1. Mengonsumsi alkohol atau kafein

Setelah bekerja seharian, kamu mungkin merasa lelah dan stres. Biasanya, orang akan mengonsumsi kopi atau alkohol untuk menghilangkan stres. Padahal, produk minuman beralkohol dan berkafein mengandung lebih banyak kalori dari yang kamu kira. Akibatnya, kamu pun akan menambah berat badan. 

Jadi, alih-alih minum minuman beralkohol atau kopi, pilihlah susu hangat, air hangat, atau smoothies dari buah alami. 

Baca Juga :

5 Alasan yang Membuat Kamu Bertambah Gemuk di Tempat Kerja

Duh Gimana Nie Puasa Malah Tambah Gemuk? Makanya Jangan Berbuka Seperti Ini Yaa

Udah Ngurangin Makan Bukannya Tambah Kurus, Eh Yang Ada Badan Malah Tambah Gemuk. Hati-hati! Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan