Jerawat pada wajah bisa timbul karena banyak alasan. Bisa jadi jerawat kamu timbul karena mendekati tanggal menstruasi, bisa jadi kamu sedang stres dan banyak pikiran, atau bisa jadi karena kamu mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan.

Apa pun alasannya, obat terbaik untuk jerawat adalah obat dari dalam, yaitu dengan mengontrol asupan makanan. 

Makanan yang TIDAK BOLEH Dimakan Saat Jerawatan

Berikut daftar makanan yang tidak boleh kamu makan saat sedang breakout jerawat :

  1. Susu Sapi 

Semakin banyak susu yang kamu minum, maka semakin besar kemungkinan jerawat muncul di wajah kamu, terutama jika susu itu adalah susu sapi. Para ilmuwan sampai saat ini memang masih mencari tahu apa alasan di balik efek susu terhadap timbulnya jerawat. 

Namun, ada kemungkinan bahwa hal itu terjadi karena hormon yang dihasilkan sapi saat mereka hamil, di mana hormon ini masuk ke dalam susu. Nah, orang yang memiliki kadar hormon tinggi dalam darahnya cenderung berisiko tinggi mengalami jerawat.

  1. Gula

Risiko jerawat akan sangat tinggi jika kamu memakan banyak gula, entah itu kandungan gula dalam soda, roti manis, nasi putih, kue, atau aneka camilan. Gula maupun kandungan gula dalam karbohidrat, akan masuk ke dalam darah kamu dengan cepat. 

Hal itu akan membuat indeks glikemik meninggi. Indeks inilah yang menentukan kadar gula dalam darah. Untuk mengatasi kelebihan darah atau menurunkan kadar gula dalam darah, tubuh kamu akan membuat lebih banyak insulin. Proses ini akan mempengaruhi hormon lain, sehingga menyebabkan produksi minyak di kulit meningkat.

Nah, peristiwa meningkatnya produksi minyak inilah yang memicu munculnya jerawat di wajah.

  1. Cokelat Manis

Beberapa penelitian sederhana menunjukkan bahwa orang yang makan banyak cokelat manis memiliki risiko tinggi untuk breakout jerawat. Hal ini tidak terjadi karena kakao yang terkandung di dalamnya, melainkan karena susu, gula, dan zat lain. 

Jika kamu sangat menyukai cokelat, usahakan mencari cokelat jenis dark chocolate atau cokelat pahit yang tinggi adar kakao. Dengan mengonsumsi dark chocolate, risiko berjerawat justru akan menurun. Selain itu, cokelat pahit memang baik untuk kesehatan.

Makanan yang BOLEH Dimakan Saat Jerawatan

  1. Makanan Berserat Tinggi (Sayur dan Buah)

Orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah dan sayur, akan membuat kondisi jerawat di wajah membaik. Hal ini terjadi karena pola makan tinggi serat dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Jika ingin jerawat hilang, cobalah untuk rajin mengonsumsi makanan berserat tinggi. 

Tidak hanya baik untuk jerawat, makanan berserat tinggi juga baik untuk pencernaan kamu.

  1. Ikan Salmon

Ikan Salmon kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi ini akan membantu mengurangi peradangan yang terjadi di seluruh tubuh, termasuk jerawat di wajah. Kandungan gizi dalam Ikan Salmon akan membantu menurunkan protein berlebih di dalam tubuh, yang memicu munculnya jerawat.

Jadi, jika kamu ingin makan lezat, sehat, sekaligus mengurangi jerawat, maka kamu dapat memilih menu makanan yang mengandung Ikan Salmonn.

  1. Rumput Laut

Kabar baik bagi kamu yang suka rumput laut, entah itu rumput laut dalam agar-agar, atau rumput laut kering dalam sushi, salad, dan camilan. Rumput laut merupakan sumber yodium yang dibutuhkan tubuh agar kelenjar tiroid kamu bekerja dengan baik. Hal ini dapat membantu meringankan jerawat.

Namun, kamu harus ingat, bahwa kadar yodium berlebihan justru bisa berbahaya dan memicu lebih banyak jerawat. Untuk itu, konsumsi rumput laut secukupnya saja, ya!

Baca Juga :

Solusi Untuk Wajah Berjerawat Akibat Stres

Punya Kulit Berjerawat? Segera Jauhi Bahan Ini Dari Wajahmu Agar Jerawat Tidak Semakin Parah

5 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Menggunakan Handuk Untuk Mengeringkan Wajah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Agar Awet Muda ala Wanita Indonesia

Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri