Lari dianggap sebagai salah satu latihan kardiovaskular yang paling efektif. Anda tidak perlu memberi banyak peralatan fitness yang super mahal. Hanya perlu sepatu dan baju kaos yang menyerap keringat saja Anda sudah bisa hidup sehat dengan berolahraga. 

Namun, apakah lari bisa dilakukan oleh siapa saja? Belum tentu olahraga lari yang praktis ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Berlari mungkin cocok Anda lakukan, namun belum tentu cocok dilakukan bagi orang lain. Jadi, cocokkah?

Bagi pemula, olahraga lari bisa menjadi salah satu alternatif yang menyenangkan. Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga lari, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Apa Tipe Tubuh Anda?

Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan sebelum memulai berlari adalah tipe tubuh Anda. Biasanya, pelari memiliki tubuh yang ramping, atletis, dan berotot ringan. Berlari melibatkan banyak kekuatan karena ketika Anda berlari, kekuatan yang Anda gunakan untuk mendaratkan tubuh sekitar tiga kali lebih banyak dari berat badan Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tipe tubuh Anda.

Secara ilmiah, tipe tubuh disebut sebagai ectomorph, mesomorph dan endomorph. Tipe tubuh ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Ectomorph: Seseorang yang kurus dan tinggi dan memiliki kesulitan dalam menambah berat badan.

Endomorph: Orang dengan tipe tubuh endomorph bertubuh besar, tinggi lemak, sering berbentuk buah pir, dengan kecenderungan tinggi untuk menyimpan lemak tubuh.

Mesomorph: Orang ini berotot dan kekar dan memiliki metabolisme yang tinggi dan sel otot yang responsif.

Orang Dengan Tipe Tubuh Besar

Dalam bahasa awam, seseorang yang bertubuh besar tidak berarti mesomorph. Ada beberapa tipe tubuh besar yang merupakan gabungan dari ectomorph dan endomorph. Ada juga  yang merupakan gabungan dari ectomorph dan mesomorph. Gabungan ectomorph dan mesomorph inilah yang dianggap sebagai kombinasi terbaik untuk menjadi seorang sprinter.

Tipe Tubuh Kecil

Jika Anda termasuk orang yang memiliki tubuh pendek dan kurus, kemungkinan besar Anda akan menjadi pelari jarak jauh terbaik. Tidak masalah berapa tinggi tubuh Anda; yang penting adalah kekuatan yang Anda masukkan saat berlari. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa pelari yang lebih pendek bisa melakukan lari jarak jauh lebih baik daripada pelari yang lebih tinggi! Di mana kaki yang panjang dan besar menyulitkan untuk mengangkat dan mendorong tubuh ke depan, tipe tubuh yang lebih pendek dengan bobot yang lebih sedikit membantu dalam menempuh jarak jauh dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Orang Dengan Tipe Tubuh Gemuk

Karena pendaratan saat berlari membutuhkan lebih banyak kekuatan dan tenaga, ada kemungkinan orang yang kelebihan berat badan cenderung terlalu cepat lelah saat berlari. Karena mereka memiliki sifat endomorph, tipe tubuh mereka besar dan memiliki lebih banyak lemak. Walaupun gemuk, bukan berarti Anda tidak bisa berlari, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tetap harus berkonsultasi dan sebaiknya hindari memaksakan diri. Jika memang lelah, istirahatlah. Awali dengan berlari ringan atau pemanasan.

Baca Juga :

7 Olahraga yang Dapat Membakar Lebih Banyak Lemak Daripada Lari

8 Hal yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Mulai Lari

3 Latihan Kardio di Rumah yang Lebih Cepat Membakar Kalori daripada Berlari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik