Memanfaatkan produk kedaluwarsa mungkin bukan hal yang paling menarik untuk dilakukan, tetapi ada produk yang dapat kamu manfaatkan dengan baik bahkan setelah tanggal kedaluwarsanya telah berlalu. Daripada dibuang, kamu bisa memanfaatkan 9 produk ini untuk berbagai kebutuhan, loh :

  1. Alpukat

Jika kamu tidak sempat memakan Alpukat kamu dan kini Alpukat sudah busuk, jangan buru-buru membuangnya. Kamu bisa menggunakan Alpukat busuk itu untuk perawatan rambut kamu. Alpukat yang sudah basi bisa menjadi pelembab yang bagus bagi rambut. 

Cara Perawatan :

  • Hancurkan atau haluskan alpukat busuk
  • Aplikasikan pada rambut kering
  • Biarkan selama minimal 6 jam
  • Bersihkan dengan sampo dan kondisioner yang biasa kamu gunakan

Pada awalnya, rambut kamu mungkin terasa kering, tetapi setelah kamu keramas sebanyak 2 kali, rambut kamu akan berkilau dan menjadi jauh lebih lembut.

  1. Sheet Mask

Masker lembar (sheet mask) tidak baik digunakan pada wajah kamu jika produknya sudah kedaluwarsa. Tapi, jangan dibuang jika kamu masih punya masker yang kedaluwarsa, karena kamu dapat menggunakannya pada kaki untuk mengobati kaki kering dan pecah-pecah.

  1. Milk Cleanser

Jika kamu memiliki milk cleanser yang kedaluwarsa, kamu dapat menggunakannya kembali untuk membersihkan dan memoles tas dan dompet kamu. Cukup tambahkan beberapa produk ke cotton bud atau kapas, lalu poleslah tas dan dompet kamu sampai bersih. 

  1. Susu

Susu yang kedaluwarsa atau sudah tidak layak konsumsi, sebenarnya masih memiliki berbagai manfaat loh. Daripada dibuang, kamu bisa memanfaatkan susu untuk membuat keju sendiri, menggunakannya untuk memanggang, dan bahkan membuat pancake

Selain untuk memasak, kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Cukup aplikasikan susu di seluruh wajah kamu, diamkan, dan bilas. Baunya mungkin tidak sedap, tetapi asam laktat yang terkandung di dalamnya akan bermanfaat bagi kulit kamu.

  1. Krim cukur

Krim cukur dapat digunakan kembali dengan berbagai cara bahkan setelah kadaluwarsa. Kamu bisa membersihkan kotoran dan minyak dengan krim cukur. Tetapi hal paling mengejutkan yang dapat dilakukan adalah membersihkan bagian bawah kuku kamu. Cukup oleskan krim pada kuku dan bersihkan dengan tusuk gigi.

  1. Pasta gigi

Karena pasta gigi mengandung detergen, ini dapat membantu menghilangkan noda pada karpet dan bahkan dapat membersihkan krayon dari dinding. Selain itu, kamu dapat memutihkan dan membersihkan sepatu kamu bahkan layar ponsel kamu. 

  1. Yoghurt

Yoghurt dapat memberikan manfaat yang besar, bahkan setelah kedaluwarsa. Mungkin tampak aneh memanfaatkan yoghurt kedaluwarsa, tetapi ini bisa menjadi masker wajah untuk eksfoliasi loh. 

Cara Perawatan :

  • Campurkan yoghurt dengan madu dan mentimun
  • Oleskan ke wajah kamu, dan diamkan selama 15 menit. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat.
  1. Eyeliner dan Lipliner

Kamu tidak boleh menggunakan eyeliner dan lipliner yang kedaluwarsa atau yang sudah berjamur pada mata atau bibir kamu. Tapi, kamu tidak perlu membuang produk itu, karena kamu dapat menggunakannya sebagai highlighter untuk menggarisbawahi kata dan kalimat di buku atau  gunakan sebagai pensil warna untuk menggambar.

  1. Selai kacang

Selai kacang yang kedaluwarsa bisa kamu manfaatkan sebagai krim cukur. Ini adalah alternatif yang bagus karena selai kacang kaya akan minyak, sehingga akan membuat kulit menjadi lebih halus dan tidak kering setelah bercukur. 

Baca Juga :

Manfaat Barang Hitam yang Satu Ini Ternyata Banyak Banget Loh

Jangan Dibuang! Inilah 8 Manfaat Tak Terduga dari Kulit Pisang

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Aktor Film yang Cinlok dan Akhirnya Menikah

Cinta lokasi atau yang kerap disebut sebagai cinlok