Tidur adalah salah satu kebutuhan tubuh yang paling mendasar selain makan dan minum. Saat tidur inilah tubuh akan memperbaiki dirinya dengan memperbaiki jaringan maupun sel yang rusak. Banyak penelitian yang menyebutkan manfaat tidur nyenyak bagi tubuh.

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, namun disarankan untuk tidur setidaknya 7-8 jam per harinya. Setelah membaca bagian pertama, mari kita lanjutkan bagian kedua. Kebiasaan apa lagi yang dapat dilakukan agar tidur bisa lebih nyenyak?

Menghindari Tidur Setelah Jam 3 Sore

Siklus tidur benar benar harus diperhatikan. Saat malam hari, Anda harus mendapatkan tidur yang cukup. Jika tidak cukup, maka Anda harus mendapatkan tidur siang yang cukup. Tidur siang singkat dapat membantu, namun tidur siang yang terlalu sore jutsru dapat membuat Anda insomnia. Hindari tidur setelah jam 3 sore sebab bisa membuat Anda insomnia.

Tidak Memandangi Jam

Seingkali Anda bangun di tengah malam dan melihat jam. Misal jam menunjukkan pukul 3 pagi, maka otomatis pasti Anda akan menghitung berapa ja lagi yang tersisa untuk bangun pagi. Ini tentu saja membuat tubuh dilanda kecemasan yang membuat Anda tetap terjaga. Untuk tidur lebih nyenyak, Anda dapat menghindari untuk melihat jam. 

Hindari Kafein dan Alkohol Sebelum Tidur

Mungkin Anda ingin mengkonsumsi segelas kopi atau alkohol untuk membantu Anda merasa nyaman dan membuat tertidur. Alkohol dan kopi bisa saja membuat Anda mengantuk dan tenang, namun efeknya hanya sementara saja. Anda akan terbangun di malam hari untuk buang air kecil atau Anda akan bangun dengan banyak keringat dan sakit kepala. Cobalah untuk berhenti minum setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Kafein tak hanya ditemukan pada segelas kopi saja, namun cokelat dan teh tertentu juga memiliki kandungan kafein yang dapat menganggu siklus tidur. Bahkan efeknya bisa bertahan hingga 8 jam. Jadi jangan heran jika sore hari Anda mengkonsumsi latte yang nampaknya lezat, namun ternyata malamnya Anda kesulitan untuk tidur.

Membuat Suara

Terkadang telinga seseorang tetap tajam saat tertidur. Ada tipe orang yang bisa tertidur nyenyak saat mendengarkan suara lembut. Cobalah membuat suara latar yang menenangkan seperti kipas angin untuk meredam suara lainnya. Bahkan jika mau Anda bisa membeli mesin white noise yang dipercaya mampu membuat tidur seseorang lebih nyenyak.

Mandi Dengan Air Hangat

Banyak yang mengaitkan tidur nyenyak dengan suhu tidur yang ideal. Untuk mendapatkan suhu tidur yang ideal, Anda dapat mandi air hangat 1-2 jam sebelum tidur. Dengan berencam air hangat, tubuh akan panas secara alami dan suhunya akan menurun sebelum tidur. Disarankan mandi air hangat dari pancuran utuk mendapatkan sensasi menyegarkan.

Menciptakan Lingkungan Kamar Yang Kondusif

Lingkungan kamar sangat berpengaruh terhadap tidur kita. Tidak mungkin kita bisa tidur di kamar yang berantakan dan kotor. Ada baiknya bersihkan kamar secara rutin untuk menghindarid ebu dan kotoran. Jika perlu belilah kipas angina tau AC demi kenyamanan Anda.

Baca Juga :

Kenali 6 Tanda yang Menunjukkan Potensi Psikopat pada Anak

Lima Gejala Narkolepsi yang Harus Kamu Tahu

Hindari 6 Barang Ini Agar Bisa Tidur Nyenyak Tiap Hari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Kesehatan Yang Mengesankan Dari Adas Manis

Pimpinella anisum, yang dikenal sebagai adas manis, adalah