Angkat tangan, sudah berapa lama Anda menggunakan maskara favorit Anda? Jangan-jangan Anda bahkan tidak ingat kapan membelinya? Dan bagaimana dengan lipstik Anda, yang ingin Anda buang sejak dua tahun yang lalu? Merapikan dan mengorganisir make up Anda tidak hanya lebih baik kerapian kamar Anda namun juga untuk kesehatan kulit Anda

Coba perhatikan make up Anda dan mulai dipilah dan dipilih make up mana saja yang masih bisa digunakan dan make up mana yang seharusnya Anda buang. Untuk mengetahui kapan sebaiknya make up Anda tidak lagi digunakan, simak penjelasan berikut ini. 

  1. Foundation

Jika mulai berbau aneh, mengelupas atau berubah warna, buang. Jauhkan jari Anda dari leher botol agar tetap bebas kuman lebih lama. Sebagai gantinya, oleskan ke punggung tangan Anda sebelum Anda menggunakannya.

  1. Maskara

Memompa tangkai maskara masuk dan keluar menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat. Ketika mulai mengelupas atau terlihat menggumpal, Anda tahu apa yang harus dilakukan. Plus, menggantinya sangat penting untuk menghindari infeksi mata. 

  1. Concealer

Saat menggunakan untuk menutupi noda, jangan menyentuh noda dengan kuas, lalu celupkan kembali ke dalam jar karena ini menyebarkan bakteri. Sebagai gantinya, tuangkan produk ke punggung tangan Anda dan aplikasikan dari sana. Jika concealer Anda mulai berubah tekstur, gantilah.

  1. Lipstik

Lipstik lebih berlilin daripada ‘berair’ jadi jika Anda melihatnya menjadi kering atau sedikit gloopy, buang, bahkan jika itu favorit Anda! Simpan lipstik di tempat yang sejuk dan kering dan akan bertahan lebih lama.

  1. Eyeliner

Seperti eyeshadows, eyeliner dapat terkena bakteri dan membawanya kembali ke mata Anda dengan sangat mudah. Jadi, jika mata Anda mulai terasa gatal, tampak agak merah atau dalam beberapa keadaan, Anda mengalami konjungtivitis, buang eyeliner Anda. 

  1. Eyeshadow dan blush on

Yang paling tahan lama dari semua produk Anda, tetapi ketika menjadi keras atau berkapur, yang terbaik adalah membeli yang baru. Dan pastikan untuk membersihkan aplikator secara teratur untuk mencegah kuman menyebar dari produk ke wajah dan punggung lagi.

  1. Brush

Memang sulit, ya, tetapi sedikit perawatan rutin akan membuat brush Anda bebas bakteri, dan juga memperpanjang umurnya. Setiap beberapa minggu cuci dengan sampo bayi dengan air hangat, lalu taruh dalam cangkir dan biarkan kering.

  1. Cat kuku

Setelah botol dibuka, beberapa bahan akan mulai menguap. Jadi, jika Anda melihat konsistensi yang kental, lengket, dan terpisah di mana pigmen mengendap di bagian bawah, bahkan setelah dikocok dengan baik, buanglah. 

  1. Parfum

Parfum dapat bertahan bertahun-tahun tanpa kedaluwarsa tetapi jauhkan dari sinar matahari langsung dan pastikan tutupnya tertutup rapat, karena udara dapat mencemari produk yang menyebabkannya teroksidasi. 

  1. Pelembab

Jika tekstur pelembab Anda berubah atau mulai sedikit keras sebelum tanda 1 tahun, buanglah. Semakin banyak bahan aktif yang dikandungnya dan semakin banyak bakteri yang bersentuhan dengannya (misalnya saat Anda mencelupkan jari ke dalam jar), semakin tidak stabil dan semakin cepat kadaluwarsanya.

Segera buang make up yang tidak layak atau sudah kadaluarsa agar kulit Anda terbebas dari bakteri dan menghindari iritasi yang menyebabkan kulit menjadi rusak.

Baca Juga :

Trik Makeup Tetap Kece Walaupun Menggunakan Masker

Mau Nampak 10 Tahun Lebih Muda? Cobain Trik Makeup Mata Berikut Ini Yuk

Serem!! Ini Lho Yang Bisa Terjadi Kalau Kamu Malas Bersihkan Makeup

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Langkah Mendapatkan Rambut Sehat dengan Hair Spa di Rumah

Hair spa merupakan salah satu perawatan yang difavoritkan