Diet bebas gluten sudah banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Meskipun peminatnya masih belum banyak karena banyaknya pantangan makanan yang harus dihindari, namun diet ini menjadi satu-satunya pilihan bagi pengidap penyakit tertentu.

Orang dengan diet bebas gluten menghindari makanan-makanan yang mengandung gluten, seperti gandum, oat dan barley. Hal ini cukup berat dilakukan mengingat banyaknya produk turunan tepung seperti mie, pasta, roti dan lainnya. Meski demikian, beberapa orang harus tetap menjalani diet ini demi kelangsungan hidupnya. Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang menjalani diet bebas gluten

Cara memeriksa label makanan

Mempelajari cara memeriksa label makanan sangat penting untuk mengikuti diet bebas gluten. Ini karena mungkin tidak selalu jelas jika suatu produk mengandung gluten. Sayangnya di Indonesia sendiri, belum banyak produk yang mencantumkan label “bebas gluten” pada kemasannya. Hal ini membuat banyak konsumen diharuskan lebih jeli melihat daftar komposisi pada produk. Jadi, penting untuk memeriksa bahan-bahan seperti gandum, gandum hitam, dan jelai yang semuanya mengandung gluten. Anda juga harus memastikan oat diberi label bebas gluten.

Berikut cara memeriksa label makanan untuk diet bebas gluten:

  • Cari label bebas gluten atau simbol biji-bijian yang dicoret
  • Periksa daftar bahan untuk gandum, barley, rye, oat
  • Periksa peringatan ‘mungkin mengandung’ untuk gluten atau gandum

Orang yang sedang diet bebas gluetn juga harus memeriksa kontaminasi silang pada label makanan. Hal ini untuk memastikan makanan dalam kemasan tidak bersentuhan dengan gluten dalam proses memasak atau pembuatannya.  

Saran untuk makan bebas gluten di restoran

Saran terbaik untuk makan bebas gluten di restoran adalah memastikan bahwa Anda mengomunikasikan kebutuhan Anda dengan staf restoran tersebut. Ini mungkin termasuk menelepon tempat sebelum kunjungan Anda untuk mendiskusikan pilihan bebas gluten yang tersedia. Hal ini juga merupakan kesempatan untuk bertanya bagaimana makanan disiapkan, untuk mencegah kontaminasi silang. Selain itu, pastikan Anda menjelaskan kebutuhan diet Anda kepada orang yang melayani Anda saat Anda tiba.

Makanan yang harus sangat diperhatikan saat makan di restoran:

  • sup
  • Saus dan kuahnya
  • Remah roti digunakan sebagai pelapis
  • Minyak yang digunakan untuk menggoreng
  • Keripik/kentang goreng
  • Produk gorengan yang dimasak dengan minyak yang sama dengan makanan lain yang mengandung gluten

Banyak restoran sekarang akan menyertakan simbol bebas gluten di menu mereka, yang akan membantu Anda memesan. Anda juga dapat meminta agar makanan Anda disiapkan menggunakan panci dan peralatan yang berbeda untuk menghindari kontaminasi silang.

Berhati-hati terhadap apa yang Anda makan adalah kunci dari diet ini. Meskipun banyak produk-produk makanan yang mengandung gluten, Anda masih bisa memilah dan memilih produk makanan apa yang bisa Anda konsumsi.

Anda juga bisa membuat sendri makanan bebas gluten di dapur Anda. Namun hal ini bukan hal yang mudah, karena banyak makanan bebas gluten yang proses pembuatannya cukup rumit. 

Alternatif lainnya adalah dengan memesan makanan bebas gluten pada catering yang paham dan mengerti akan kebutuhan Anda. Namun hal ini tentunya akan membutuhkan biaya yang lebih banyak daripada jika Anda membuatnya sendiri.

Baca Juga :

Makanan Bebas Gluten Bagi Penderita Penyakit Celiac

Diet Bebas Gluten dan Manfaatnya untuk Anda

Ingin Diet Tapi Takut Badan Kamu Jadi Ngak Sehat? Cobain Deh Diet Sehat Gluten Free

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Herbal Ajaib Untuk Menambah Berat Badan Lebih Cepat

Dalam masyarakat saat ini, di mana dunia sedang