Diet bebas gluten adalah pola makan yang menghilangkan semua makanan yang mengandung gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian gandum, barley dan rye. Diet bebas gluten dapat diadopsi oleh orang-orang karena alasan kesehatan termasuk penyakit celiac dan intoleransi gluten. Bagi mereka yang menderita penyakit celiac, diet bebas gluten seumur hidup dan ketat harus dilakukan untuk mengatasi penyakit tersebut. Namun orang dengan intoleransi terhadap gluten sering juga mengadopsi diet untuk meringankan beberapa gejala mereka.

Saat ini kesadaran tentang gluten telah meningkat secara signifikan dan produk yang mengandung gluten harus diberi label yang jelas. Ada juga banyak produk bebas gluten yang tersedia untuk dibeli di supermarket.

Diet bebas gluten sangat penting bagi orang dengan penyakit celiac karena ini adalah satu-satunya pilihan yang tersedia untuk menyembuhkan usus mereka. Tidak ada obat yang dapat menghentikan gluten dari menyebabkan kerusakan usus. Jadi orang perlu mengikuti diet ketat bebas gluten seumur hidup untuk menjaga usus tetap sehat. Ini juga membantu mereka menghindari komplikasi jangka panjang yang terkait dengan kerusakan usus kecil. Jika diet tidak diikuti, ada peningkatan risiko kematian. Plus, peluang lebih besar untuk mengembangkan kondisi seperti kanker dan osteoporosis.

Bagi banyak orang, memulai diet bebas gluten mungkin terasa cukup menakutkan. Ini sering karena ada begitu banyak produk yang harus dihindari atau diperiksa dengan cermat untuk bahan-bahannya.

Namun, begitu Anda mulai mencari, Anda akan menemukan banyak resep bebas gluten untuk ditambahkan ke dalam diet Anda. Dari makan malam lezat seperti gnocchi bayam bebas gluten hingga camilan seperti kue bebas gluten.

Manfaat diet bebas gluten

Manfaat utama dari diet bebas gluten adalah kesehatan yang baik bagi penderita penyakit celiac. Ini karena sistem kekebalan mereka bereaksi bahkan terhadap jumlah gluten terkecil dan dapat merusak usus mereka. Namun, orang dengan intoleransi terhadap gluten juga dapat merasakan manfaat dari gejala tidak nyaman yang lebih sedikit.

Untuk orang dengan penyakit celiac: satu-satunya pilihan adalah mengikuti diet bebas gluten.

Menghilangkan gluten dari makanan dan kudapan mereka membantu pasien menghindari gejala yang menyakitkan. Ini termasuk diare, steatorrhea (tinja berlemak), penurunan berat badan, sakit perut, kembung, sembelit, kelelahan dan kekurangan zat besi.

Untuk orang dengan intoleransi gluten, diet bebas gluten dapat membantu mengurangi gejala termasuk sakit perut, sembelit dan sakit kepala.

Namun, meskipun ada manfaat yang bisa diperoleh dari diet bebas gluten, para peneliti telah memperingatkan bahwa orang tidak boleh menghilangkannya dari makanan mereka jika tidak perlu (jika tidak celiac). Ini karena banyak produk yang mengandung gluten juga memiliki nutrisi penting di dalamnya. Studi ini menemukan bahwa produk biji-bijian olahan bebas gluten seringkali lebih rendah serat, zat besi, seng, dan kalium daripada yang mengandung gluten.

Jadi memotong gluten sepenuhnya dari diet Anda hanya boleh dilakukan dengan pertimbangan yang cermat. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang Anda bisa dan tidak bisa makan, ada baiknya berbicara dengan ahli gizi atau ahli gizi. Ini dapat membantu Anda mempersempit apa yang menyebabkan gejala Anda.

Baca Juga :

Ingin Diet Tapi Takut Badan Kamu Jadi Ngak Sehat? Cobain Deh Diet Sehat Gluten Free

<strong>8 Tips dan Trik Kehidupan Sehari-hari yang Patut Diikuti Agar Hidup Lebih Nyaman</strong>

Wajah Glowing dan Awet Muda, Ini 5 Rahasia Skincare Olivia Munn

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Tips Mengencangkan Kulit Setelah Penurunan Berat Badan 

Menurunkan berat badan bukanlah proses yang mudah. Anda