Ada baiknya kita tahu, digunakan untuk apa setiap rupiah yang keluar dari dompet kita. Pengeluaran harus dicatat dan direncanakan dengan baik agar tidak kehabisan uang sebelum gajian tiba.

Jika ingin hidup sejahtera, kita perlu menghindar dari aksi impulsive buying dan menahan diri untuk tidak utang. 

Meskipun demikian, kita juga tidak boleh terlalu pelit pada diri sendiri. Pahami prinsip bahwa ada harga ada pula rupa. Kita tidak bisa mendapatkan barang semurah-murahnya dengan kualitas sebaik-baiknya.

Bagaimanapun juga, pelit yang berlebihan tidak akan pernah membawa kebaikan bagi manusia. Keinginan untuk menghemat uang untuk beberapa barang kadang justru akan menyebabkan lebih banyak pengeluaran di masa depan.

Misalnya, kamu membeli sepatu murah kualitas rendah. Mungkin awalnya kamu puas karena bisa hemat, tapi beberapa bulan kemudian atau bahkan hanya beberapa minggu kemudian, sepatu kamu sudah rusak. Akibatnya, kamu malah harus beli sepatu lagi. Tentu hal ini bukan hemat lagi jadinya, tapi pemborosan yang tertunda.

Selain sepatu, ada lagi barang lain yang lebih baik dibeli dengan harga mahal tapi berkualitas baik daripada dibeli dengan harga murah tapi malah jadi boros di masa depan.

1. Hand sanitizer

Apakah selama ini kamu beranggapan bahwa semua hand sanitizer itu sama? Jika demikian, maka kamu keliru.

Kualitas handsanitizer tergantung pada zat aktif yang digunakan. Ada hand sanitizer  berbasis alkohol dan bebas alkohol. Hand sanitizer bebas alkohol mungkin berbau harum dan tidak mengeringkan tangan, tetapi produk ini sebenarnya hanya akan membuang-buang uang karena tidak efektif.

Para ahli merekomendasikan untuk mendisinfeksi tangan dengan larutan desinfektan yang mengandung tidak kurang dari 60% alkohol. Memang, produk ini mungkin sedikit lebih mahal tetapi terbukti mampu melawan virus dan mikroba dengan lebih efektif.

2. Deodoran

Deodoran alami yang hanya mengandung bahan-bahan alami dalam komposisinya memang cukup populer saat ini. Harga deodoran alami bahkan sering kali lebih tinggi daripada harga deodoran biasa. Mengapa demikian? Karena kebanyakan deodoran alami tidak mengandung komponen agresif. Sedangkan, deodoran biasa banyak mengandung komponen kimia yang bisa memicu reaksi alergi. 

3. Sikat gigi

Rata-rata, sikat gigi elektrik memiliki harga yang fantastis. Bahkan ada yang harganya 10 atau bahkan 20 kali lebih mahal dari sikat gigi biasa. Namun, produk ini masih layak untuk dibelanjakan walaupun harganya selangit. Mengapa? Karena sikat gigi elektrik mampu menghilangkan plak jauh lebih efektif daripada sikat gigi biasa. Selain itu, sikat gigi elektrik juga secara signifikan mampu mengurangi penyakit gusi.

Menyikat gigi dengan sikat biasa dapat menyebabkan gigi berlubang karena tidak membersihkan plak dengan cukup baik. Anggaran yang harus kamu keluarkan akan lebih besar saat harus berobat ke dokter gigi daripada saat harus membeli sikat gigi elektrik. 

4. Pisau

Pisau murah biasanya mudah tumpul dan tidak pas di tangan. Kualitasnya tentu jauh jika dibandingkan pisau berkualitas yang harganya lebih mahal. 

Karena pisau adalah alat yang dipakai sehari-hari untuk menunjang kehidupan, maka kamu perlu membeli pisau berkualitas yang menjamin keamanan dan kenyamanan penggunaan. Membeli pisau berkualitas tinggi adalah investasi bijak, jadi tak perlu ragu untuk mencari pisau berkualitas. Tidak masalah jika harganya lebih mahal, asalkan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan kualitasnya tetap terjaga. 

5. Cat kuku

Salah satu perbedaan utama antara cat kuku murah dan mahal adalah kualitas kuasnya. Jika kualitas kuasnya bagus, maka kamu bisa mengaplikasikannya secara merata dan cat ini pun akan bertahan lebih lama.

Selain itu, merek berkualitas baik biasanya menggunakan bahan yang aman sehingga meminimalkan alergi. Berbeda dengan cat kualitas rendah yang akan hilang atau pudar dalam beberapa hari, cat kuku berkualitas baik akan lebih awet dan tahan lama. 

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu membeli cat kuku berkualitas baik. Apalagi jika kamu memang sering menggunakan cat kuku.

Baca Juga :

Tidak Perlu Budget Mahal, Ini 6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Keriput yang Alami dan Hemat

7 Tips Agar Pakaian Terlihat Mahal dan Elegan

5 Kesalahan yang Membuat Penampilan Kamu Terlihat Murah, Bahkan Saat Kamu Mengenakan Pakaian Mahal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Bersih-Bersih Pakai Cuka Sari Apel? Why Not?

Cuka sari apel dapat digunakan dalam masakan, saus