Saat ini skincare tidak hanya diminati oleh kaum Wanita saja, namun kaum pria juga dituntut untuk menjaga penampilan agar tetap fresh. Walaupun skincare pria terbatas dan tidak sebanyak kaum Wanita, namun pria disarankan untuk tetap merawat kulit menggunakan skincare khusus pria.

Mengapa pria memerlukan produk khusus? Karena kulit pria dan Wanita sangatlah berbeda. Selain itu, pria juga memiliki beragam jenis kulit, mulai dari berminyak, kering, sensitif, hingga kombinasi. Berbeda jenis kulit, tentu berbeda juga permasalahan dan kebutuhannya. Bagaimana skincare yang tepat untuk masing-masing jenis kulitnya?

Kulit Berminyak

Pemilik kulit wajah berminyak harus rajin membersihkan wajahnya secara teratur. Selain itu, kontrol minyak pada wajah dengan menggunakan clay mask seminggu sekali. Selain itu, jangan lupa ya untuk sedia face paper agar kulit selalu bersih dan ngga berminyak.

Kulit Kering

Kulit kering sangat tidak disarankan untuk terlalu sering mencuci wajah. Bersihkan wajah sekali saja saat malam hari dan gunakan pelembab dengan bahan dasar aloe vera, olive oil, maupun charcoal di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Kulit Sensitif

Pemilik kulit sensitive harus super hati-hati dalam memilih skincare, karena kesalahan sedikit saja dapat membuat kulit mengalami kerusakan. Kamu harus benar-benar memperhatikan kandugan skincare yang kamu miliki. Hindari adanya kandungan alkohol maupun parfum. Pilih skincare yang hypo allergenic dan free alcohol.

Kunci Keberhasilan Skincare Pria

Seringkali kaum pria asal menggunakan produk atau malah justru menggunakan skincare untuk wanita. Padahal kulit Wanita dan pria sangat berbeda. Selain itu pria juga memiliki masalah dan jenis kulitnya sendiri, sehingga pemilihan skincare juga memerlukan beberapa pertimbangan. Lalu, bagaimana agar skincare pria dapat bekerja maksimal?

Pilih Produk Yang Tepat

Kulit wajah pria juga berbeda-beda misalnya kulit kering, berminyak, kombinasi, dan sebagainya. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit. Pastikan kamu memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit yang kamu miliki ya.

Perhatikan Cara Bercukur

Cara bercukur juga mempengaruhi kesehatan kulit. Perhatikan cara bercukur kamu seperti penggunaan pisau cukur. Untuk menghindari masalah bercukur seperti iritasi, ingrown hair atau rambut tumbuh kedalam, razor bump, dan sebagainya sebaiknya pilih pisau cukur yang tepat. Pilih pisau cukur single atau double serta pastikan pisau cukur masih tajam. Hindari meregangkan kulit ketika bercukur untuk menghindari iritasi. 

Sebaiknya bercukur ketika kulit dalam keadaan lembab dengan menggunakan krim cukur. Cukur rambut searah dengan pertumbuhan rambut. Ganti pisau ketika sudah digunakan 5-7 kali waktu bercukur. Setelah bercukur, gunakan serum dan moisturizer untuk menjaga kulit tetap lembab.

Gunakan Secara Rutin

Aturan penggunaan skincare yang utama adalah rutin. Tidak ada skincare yang bekerja maksimal bila digunakan hanya sesekali. Penggunaam skincare yang disarankan adalah ketika pagi dan malam sehingga rasanya tidak terlalu ribet untuk dilakukan setiap hari. Masukkan skincare dalam daftar aktivitas harian setelah mandi dan sebelum tidur sehingga kamu tidak melupakannya. Skincare akan bekerja maksimal dengan penggunaam yang rutin setiap hari.

Baca Juga :

Tahapan Penggunaan Skincare Untuk Pria

Mengintip Seberapa Penting Skincare bagi Pria

Skincare Wajib Untuk Pria. Sudahkah Kamu Punya?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kiat Menjaga Skin Barrier Tetap Sehat

Istilah skin barrier mungkin masih terlalu asing di