Purslane sendiri mungkin lebih dikenal sebagai gulma yang mengganggu. Purslane lebih dikenal dengan nama krokot. Krokot sendiri sebenarnya dapat dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang tinggi lho. 

Selain bermanfaat untuk kesehatan, tanaman yang seringkali dianggap gulma ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Tak heran jika banyak sekali produk skincare yang mulai melirik Purslane untuk bahan pembuatan produk mereka.

Kandungan Purslane

USDA (The United States Department of Agricultur – Departemen Pertanian Amerika Serikat) menyatakan setidaknya dalam 100 gram tumbuhan purslane terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya, memiliki energi kalori sebesar 20 kcal, karbohidrat 3.36 gram, lemak 0.36 gram dan protein 2.03 gram. 

Selain itu, purslane juga mengandung vitamin antara lain vitamin A, beberapa senyawa vitamin B meliputi thiamine (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin (B6), folate (B9), vitamin C dan vitamin E. Kandungan mineral yang terdapat dalam tumbuhan purslane seperti kalsium, zat besi, manga, magnesium, zat fosfor, potasium dan zinc, juga dipercaya sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Untuk perawatan kecantikan, kandungan dalam purslane seperti senyawa katekolamin, dopamine, asam lemak omega-3 sangat berkhasiat sebagai obat anti inflamasi. Kamu bisa memanfaatkan ekstrak dari tumbuhan purslane untuk meredakan radang jerawat karena sifat senyawa alami yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Purslane dalam Produk Perawatan Kecantikan

  1. Pencerah alami

Jika digunakan secara teratur, ektstrak dari tumbuhan purslane dapat membantu mencerahkan kulit secara alami. Kandungan di dalamnya bermanfaat untuk meringankan resiko terjadinya kerusakan jaringan melanin kulit wajah karena paparan sinar UV, terutama di Indonesia yang beriklim tropis. Kamu bisa rutin menggunakannya untuk mencegah pigmentasi dan menjaga kulit wajah tetap cerah alami.

  1. Regenerasi sel

Purslane memiliki kandungan vitamin A yang diketahui sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan mata, pertumbuhan tulang dan juga sel. Dengan memanfaatkan keunggulan tersebut, vitamin A dapat dijadikan sebagai salah satu kandungan yang bisa membantu sel tubuh cepat beregenerasi, terlebih pada jaringan kulit. Kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi bekas jerawat yang menghitam dan membuat penampilan kurang menarik.

  1. Anti alergi

Kandungan ketokolamin serta dopamine yang banyak dimiliki Purslane memiliki sifat anti alergi. Dua jenis zat tersebut dapat mengecilkan kapiler kulit atau pori-pori. Kamu bisa menggunakannya untuk meredakan kulit merah yang biasanya dialami akibat iritasi kosmetik.

  1.  Anti inflamasi

Asam lemak omega 3 selain bagus untuk kesehatan jantung juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Senyawa ini efektif untuk meredakan masalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit lebam, jerawat meradang hingga kulit wajah kering dan gatal karena terlalu lama berada di ruangan berAC.

  1.  Antioksidan

Kandungan multivitamin pada ekstrak Ppurslane memiliki segenap manfaat. Sebut saja seperti vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat membatu mencegah munculnya keriput pada wajah, menangkal dan menetralkan efek radikal bebas, serta gari- garis halus pada wajah. Selain itu, kandungan vitamin E, C dan karoten pada purslane dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit, menghambat proses penuaan, serta mengurangi efek kerusakan akibat paparan sinar UV. 

Baca Juga :

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Ladies, 6 Tips Kecantikan Ini Tidak Boleh Kamu Abaikan

6 Detail Sederhana Ini Akan Mempercantik Penampilanmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perhatikan, Ini 5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Banyak orang yang menganggap perawatan rambut sebagai hal