Pada malam hari, kulit sebenarnya mampu menyerap nutrisi yang lebih baik jika dibandingkan siang hari. Parvaneh Rafaeloff dari Le Jolie Medi Spa menambahkan, “Saat malam hari tak ada tekanan dari lingkungan, seperti polusi dan sinar matahari, sehingga produk kecantikan akan meresap lebih baik saat diaplikasikan. Terlebih, jika kamu sebelumnya membersihkan wajah dahulu, maka kulit akan bernafas dengan mudah”. Lalu, rutinitas malam apa yang direkomendasikan? Simak yuk.

  1. Gunakan Make Up Remover

Meski hanya memakai sunscreen, lipstik dan sedikit bedak saat beraktivitas seharian, memakai make up remover adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam rangkaian skincare malam. Make up remover berfungsi untuk mengangkat sisa make up di kulit wajah sekaligus debu yang menempel. Ada banyak jenis make up remover. Mulai dari yang bahan dasarnya minyak, cleansing balm hingga susu. 

Perhatikan baik-baik jenis kulit sebelum memilih make up remover. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit kering, harap hindari make up remover yang mengandung alkohol. Hal ini akan menyebabkan kulit semakin kehilangan kelembabannya sehingga lama-kelamaan kulit wajah bisa iritasi. Demi mendapatkan kulit yang bersih, cerah dan sehat, penting adanya untuk memakai make up remover sebelum urutan selanjutnya.

  1. Membersihkan Wajah dengan Face Wash

Memakai make up remover saja tidak cukup untuk membersihkan kotoran pada wajah. Untuk mendapatkan efek bersih dan kesegaran, urutan kedua adalah memakai face wash. Dua langkah ini sering disebut sebagai double cleansing. Artinya melakukan pembersihan wajah sebanyak dua kali, yaitu make up remover dan dilanjutkan dengan face wash. Sisa-sisa kotoran yang sudah terangkat oleh make up remover akan dibersihkan oleh produk face wash ini.

Produk face wash yang digunakan juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Banyak produk face wash yang memberikan efek kulit menjadi kencang dan meninggalkan kesan tertarik setelah pemakaian. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering harus berhati-hati memilih produknya. Gunakan face wash yang sekaligus dapat memberikan efek melembabkan namun juga ampuh mengangkat sisa kotoran pada wajah.

  1. Eksfoliasi Kulit Wajah

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang sudah menumpuk pada kulit wajah hingga ke dalam pori-pori. Produk eksfoliasi biasanya akan sedikit lebih mahal dari face wash karena manfaatnya. Terkadang sering melakukan double cleansing saja belum cukup mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori. Maka diperlukan untuk melakukan urutan selanjutnya dengan skincare eskfoliator.

Ada berbagai macam jenis skincare eksfoliator, mulai dari yang lembut hingga yang mampu memberikan efek cekit-cekit di wajah. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, memilih jenis produk skincare yang satu ini harus lebih berhati-hati. Memakainya pun tidak dianjurkan setiap hari karena sifatnya yang mengangkat sel kulit mati. Dianjurkan untuk menggunakan produk eksfoliator sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar kulit wajah tidak mengalami iritasi.

  1. Aplikasikan Toner

Langkah selanjutnya dalam melakukan skincare malam adalah menggunakan toner. Selain memiliki manfaat untuk membersihkan, toner juga bisa mengembalikan pH alami kulit wajah setelah menggunakan face wash dan produk eksfoliator. Sehingga keadaan kulit yang tadinya cenderung terasa panas dan kering akan kebali segar. Memakai toner juga dianjurkan untuk kulit wajah yang sudah dibersihkan. 

Jika kamu memakai toner dalam keadaan kulit berminyak dan masih tersisa kotoran atau sisa make up menempel, manfaatnya akan terbuang. Kandungan zat aktif pada toner tidak bisa memberikan manfaatnya dengan maksimal. Cara mengaplikasikannya bisa dengan menggunakan kapas lalu ditap-tap pada wajah secara lembut. Jangan pernah digesek karena hanya akan melukai kulit. Atau jika kamu ingin menghemat isinya, bisa dilakukan dengan langsung menuangkannya beberapa tetes di telapak tangan lalu ditepuk ke wajah sebelum tidur.

  1. Gunakan Serum

Untuk kamu yang memiliki masalah kulit wajah seperti pori-pori besar, jerawat dan bekas jerawat membandel, menggunakan serum sangat dianjurkan. Dalam urutan pemakaian skincare malam, serum akan mengatasi masalah yang ada pada kulit. Tentu tidak secara instan, melainkan bertahap seiring waktu berjalan. Jika hilang secara instan, hal itu perlu dipertanyakan. Apakah efek jangka panjangnya menyehatkan untuk kulit wajah?

Memakai serum dengan teratur akan mengatasi masalah pada kulit wajah. Kulit juga akan terasa lebih kencang dan sehat. Teksturnya juga menjadi lembut dan kecerahan wajah juga akan lebih merata. Tergantung dari jenis serum dan khasiat yang kamu pilih nantinya. Cara penggunaannya hampir mirip dengan toner. Namun karena serum lebih banyak memiliki kandungan zat aktif di dalamnya, disarankan untuk meneteskannya pada wajah kemudian ditepuk ke wajah.

  1. Krim Malam

Penutup untuk rangkaian skincare malam adalah menggunakan krim malam. Tidak seperti krim pagi yang cenderung memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV, krim malam tidak memiliki SPF. Produk skincare yang satu ini memiliki kandungan yang bersifat memperbaiki kerusakan kulit. Jadi ketika kamu bangun pagi nanti, kulit akan terasa lebih sehat dan cerah.

Baca Juga :

Wajah Glowing dan Awet Muda, Ini 5 Rahasia Skincare Olivia Munn

Skincare Wajib Untuk Pria. Sudahkah Kamu Punya?

4 Rahasia Skincare Gemma Chan, Bisa Ditiru Agar Kulit Makin Halus

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perhatikan, Ini 5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Banyak orang yang menganggap perawatan rambut sebagai hal