Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat, namun setiap orang tetap memiliki saat-saat tertentu di mana dia ingin makan di luar rumah dan menikmati menu favorit di restoran langganan.

Meskipun sudah punya restoran langganan yang selalu dikunjungi saat ingin makan di luar, kemungkinan besar pelanggan tidak tahu tentang kualitas sesungguhnya dari restoran tersebut. Untuk itu, beberapa chef membagikan tips di forum online tentang cara membedakan restoran baik dan buruk.

Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, simak daftar berikut. 

  1. Aturan kebersihan yang ketat

Menurut seorang Chef yang bekerja sebagai manajer layanan makanan di sebuah perusahaan besar, ia pernah bertanya bertanya kepada seorang inspektur kesehatan yang mengunjungi tempatnya bekerja. Di bertanya, di mana inspektur kesehatan biasa makan saat berada di luar rumah, dan inspektur kesehatan menjawab dia makan di restoran cepat saji. 

Tentu Chef yang bertanya padanya heran. “Mengapa Anda makan di restoran cepat saji?”, tanyanya lagi. Inspektur kesehatan pun menjawab bahwa aturan kebersihan di restoran cepat saji lebih ketat daripada restoran biasa. 

  1. Produk makanan di luar musim

Seorang Chef membagikan fakta tentang penjualan makanan di luar musim. Kita tahu, beberapa produk hanya tersedia saat musim tertentu. Nah, Chef mengatakan bahwa kepiting yang tersedia di restoran padahal belum musimnya, adalah kepiting kalengan yang tidak sehat. Jadi, jika sedang mengidam menu makanan yang sedang “tidak musim” sebaiknya ditunda dulu, ya. 

  1. Saus yang terlalu banyak bukanlah hal baik

Dalam komunitas online, seorang Chef membeberkan sesuatu tentang kualitas makanan dari restoran. Ia mengatakan, kualitas daging dan ikan adalah representasi dari kualitas keseluruhan restoran. Jika restoran menyajikan banyak saus dan bumbu di atas sepotong daging atau ikan, itu artinya mereka mencoba menyembunyikan sesuatu. Kecuali jika masakannya memang masakan berkuah, ya! 

  1. Pelayanan dan fasilitas yang kurang baik

Kamu melihat seorang karyawan bermain handphone saat sedang bekerja? Wah, ini bisa jadi tanda yang kuat bahwa pemilik atau pengelola restoran tidak peduli dengan citra restorannya. Apalagi jika kamu mendapati kamar mandi di restoran kotor dan bau sampai-sampai kamu tidak ingin memakainya. Kamar mandi adalah citra dari dan cerminan dari kualitas restoran. Jika kamar mandi buruk dan pelayanan karyawan buruk, tentu itu bukan restoran yang tepat untuk menikmati makanan. 

  1. Minta minuman tanpa es

Seorang Chef berpesan agar para pelanggan meminta menu minuman tanpa es. Mengapa? Sebab, sering kali restoran tidak memperhatikan dengan baik tentang es yang disajikan untuk pelanggan. Memang tidak semua restoran demikian, tetapi masih ada di luar sana restoran yang asal-asalan membeli es batu atau membuatnya dengan air yang tidak higienis. Jadi, lebih baik cari aman dengan tidak memesan minuman dingin yang memakai es batu. 

  1. Menu Barbeque (BBQ)

Jika kamu pergi ke restoran untuk menikmati menu BBQ tetapi tidak melihat ada asap pemanggangan atau tidak mencium aroma daging panggang, artinya kamu harus mempertanyakan menu BBQ yang disajikan untukmu. 

Restoran yang menjual BBQ asli, akan meletakkan panggangan di tempat yang bisa dilihat pelanggan. Bahkan, beberapa restoran justru membiarkan pelanggan membakar sendiri BBQ pesanan mereka. 

Nah, itulah beberapa tips dari para Chef yang dibagikan di forum online. Jangan tertipu pada restoran mahal, ya, karena mahal belum tentu berkualitas. Tetap perhatikan layanan dan kualitas sebelum makan di sana.

Baca Juga :

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

6 Alasan Mengapa Restoran Mewah Menyajikan Makanan dengan Porsi Super Kecil

Aturan Restoran yang Harus Anda Ikuti Jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Hal Ini Perlu Disimpan di Mobil untuk Keperluan Darurat

Melakukan perjalanan jauh tentu butuh persiapan ekstra. Tidak