Bahasa tubuh ampuh dan efektif untuk menciptakan kesan baik saat bertemu dengan seseorang. Faktanya, bahasa tubuh dan ucapan memiliki kekuatan yang sama untuk meninggalkan kesan pada seseorang. Apalagi, jika kamu mampu menggabungkan ucapan dan bahasa tubuh. Tentu orang akan melihatmu sebagai sosok yang penuh percaya diri dan berkarisma. 

Untuk menciptakan kesan percaya diri, perhatikan lima bahasa tubuh berikut ini:

  1. Kontak mata 

Kontak mata adalah salah satu alat yang paling penting dan kuat ketika berinteraksi dengan orang lain. Mempertahankan kontak mata yang tepat akan menunjukkan kejujuran, ketulusan, kesan mudah didekati, perhatian, dan kesediaan untuk mendengarkan. 

Seseorang yang melakukan kontak mata selama percakapan, menunjukkan bahwa dia dapat memberikan rasa aman sembari memancarkan karisma dan kepercayaan dirinya. 

Tapi ingat, kamu harus berhati-hati agar tidak terlihat seperti orang yang “terlalu ingin tahu” alias kepo. 

  1. Condongkan tubuh sedikit ke depan

Saat berbicara dengan orang lain, kamu perlu memperhatikan postur tubuh kamu, terutama saat kamu duduk. Cobalah untuk mencondongkan tubuh ke depan, untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu memperhatikan dia dan bahwa kamu tertarik dengan apa yang dia katakan. 

Postur badan yang sedikit condong ke depan akan memberikan kesan kepercayaan diri dan mengurangi suasana canggung antara kamu dan lawan bicara.

Jangan bersandar ke belakang saat duduk, karena postur ini bisa meningkatkan jarak antara kamu dan lawan bicara. Jika kamu bersandar ke belakang, itu juga dapat menunjukkan bahwa kamu tidak berminat pada percakapan.

  1. Jaga agar kepala tetap tegak

Umumnya, orang yang berjalan dengan kepala tertunduk, atau yang menundukkan kepala saat berbicara dengan orang lain, memiliki kepribadian yang introvert. Postur menundukkan kepala juga bisa menjadi tanda ketidakpercayaan diri. 

Jadi, jika ingin memberikan kesan percaya diri, jagalah agar kepala kamu terangkat dan tetap tegak. Kepala yang tegak akan membuat kamu terlihat seperti orang yang percaya diri dan dapat dipercaya. 

Postur ini juga dapat menunjukkan keterbukaan dan kejujuran, karena dengan menegakkan kepala, kamu menunjukkan bahwa kamu tidak menyembunyikan apa pun dari lawan bicara. 

  1. Perlihatkan tangan kamu

Ketika kamu ingin orang lain memandangmu sebagai sosok percaya diri yang profesional, maka jauhkan tangan kamu dari saku. Sebaliknya, perlihatkan tangan dan jari kamu dengan jelas, terutama saat menyilangkannya di depan dada. Pasalnya, postur menunjukkan tangan ini akan membuat orang lain memercayai kamu. 

Jika kamu justru memasukkan tangan ke dalam saku, maka kamu akan menunjukkan kegugupan, rasa tidak aman, dan terkesan menyembunyikan sesuatu atau menjaga jarak. Itulah mengapa lebih baik menjaga tangan tetap terlihat dengan posisi yang santai. 

  1. Ciptakan ruang

Jika kamu merasa tidak aman, gugup, atau gelisah, maka sadar tidak sadar kamu akan membuat diri kamu “menciut” dengan menjaga ruang sekitar menjadi sempit. Contoh, kamu duduk di sofa besar tetapi kamu duduk memojok dengan posisi kaki rapat. Postur seperti ini jelas tidak nyaman dilihat dan menunjukkan kamu tidak percaya diri.

Jadi, jika ingin terkesan percaya diri, cobalah ciptakan ruang di sekitarmu, sehingga kamu merasa nyaman bergerak. Ketika ada ruang bebas di sekitar kamu dan dirimu mampu menikmati suasana, maka kepercayaan diri kamu akan terpancar pada lawan bicara. 

Baca Juga :

8 Bahasa Tubuh Ini Dapat Membuktikan Bahwa Dia Jatuh Cinta Padamu

7 Bahasa Tubuh yang Bisa Membuat Orang Lain Jengkel

Ini Caranya Membuat Lawan Bicaramu Terkesan Dengan Bahasa Tubuh Yang Benar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

Diet Militer adalah rencana makanan jangka pendek yang