Apakah kamu tahu bahwa sisir rambut ternyata memiliki tanggal kedaluwarsa?

Tidak banyak orang yang tahu bahwa barang yang tampaknya bisa dipakai bertahun-tahun, ternyata memiliki tanggal kedaluwarsa. Tidak hanya sisir rambut, tetapi ada juga barang lainnya seperti handuk, sandal rumah, bantal, sampai alat dapur.

Penasaran dengan aturan pakai barang tersebut? Simak daftar berikut ini :

  1. Charger dan kabel (1-2 tahun)

Meskipun tidak ada tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kabel atau charger handphone, tetapi durasi pakai maksimal untuk alat ini hanya 1-2 tahun saja, apalagi jika kabel sudah tertekuk-tekuk, sobek, dan lainnya.

Kabel yang dipakai terus-menerus, akan kehilangan efisiensi, sehingga tidak sama seperti saat masih baru. Untuk itu, jika kamu sudah lupa berapa lama kamu memakai kabel, usahakan untuk menggantinya. Biaya mengganti kabel baru tentu masih lebih murah daripada kamu harus menanggung risiko kebakaran karena kabel konslet.  

  1. Sandal rumah (6 bulan)

Sama seperti kabel, sandal rumah juga tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Tetapi, jika digunakan terlalu lama, sandal tidak sehat bagi kamu. Coba bayangkan, kamu selalu memakainya di sekitar rumah, baik di dapur, di kamar mandi, di kamar, sampai di teras. Tentu sandal kamu sudah terpapar banyak kuman dan bakteri, sehingga tidak higienis lagi. Sebab itu, kamu perlu menggantinya setidaknya 6 bulan sekali dan ingat untuk mencuci bersih sandal kamu secara berkala.

  1. Rempah-rempah (1-4 tahun)

Sebagian besar rempah-rempah yang dibeli di toko memang mencantumkan  tanggal kedaluwarsa pada wadahnya. Tetapi, jika tanggal sudah tidak terlihat karena kemasan mulai rusak, atau jika kamu membuat bumbu rempah sendiri di rumah, maka perlu diingat bahwa umur simpan rempah adalah 1-4 tahun. 

Rempah kering bisa bertahan 1-3 tahun. Bumbu halus atau bumbu bubuk bisa bertahan 2-3 tahun. Sementara itu, rempah-rempah utuh bisa bertahan hingga 4 tahun jika disimpan dengan benar.

  1. Bantal dan guling (2-3 tahun)

Coba kamu ingat-ingat, berapa usia bantal yang kamu pakai sekarang. Jika kamu sudah lupa berapa usianya atau jika bantal kamu sudah sangat kotor, maka saatnya kamu mengganti bantal. Seiring berjalannya waktu, bantal menyerap minyak, keringat, kotoran, sel kulit mati, debu, dan berbagai noda lainnya. Semua kotoran yang menempel bisa jadi tempat berlindung bagi bakteri dan alergen. Tentu saja hal ini tidak baik untuk kesehatanmu.

Selain mengganti setiap 2-3 tahun, kamu juga harus mencuci bantal dan guling secara berkala, sekurang-kurangnya setiap 6 bulan sekali. 

  1. Alat dapur yang terbuat dari kayu (1 tahun) 

Alat-alat dapur yang terbuat dari kayu tidak memiliki usia panjang. Alat hanya akan optimal digunakan selama 1 tahun saja. Jadi, jika sudah lebih dari setahun, kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Mengapa harus diganti? Karena alat dapur yang terbuat dari kayu bisa retak atau lecet dari waktu ke waktu. Retakan kayu bisa melukai kamu saat sedang memasak. Selain itu, bahan kayu mudah menyerap minyak. Meskipun kamu rajin membersihkannya, resapan minyak kemungkinan besar tidak hilang di dalam kayu, dan justru menjadi tempat berkembang biak bakteri.

  1. Handuk (3 tahun)

Kamu harus mencuci handuk setidaknya setiap 3-4 kali mandi, kemudian menjemurnya sampai kering. Jika rajin membersihkan handuk, kamu dapat menggunakannya sekitar 3 tahun. Setelah itu, kamu harus segera membeli handuk baru yang lebih higienis. Tidak perlu membuang handuk lama, kamu bisa memanfaatkannya sebagai lap atau keset. 

  1. Sisir rambut (6 bulan)

Saat kamu menyisir rambut, sel-sel kulit mati, sisa produk perawatan rambut, minyak, dan kotoran akan menempel pada sisir. Jika dibiarkan, kotoran tersebut akan menumpuk dan membuat sisir jadi kotor.

Apabila ingin sisir rambut lebih awet, kamu harus mencucinya seminggu sekali atau setiap keramas, agar tetap bersih dan higienis. Meskipun rajin dicuci, kamu tetap harus mengganti sisir setidaknya 6 bulan sekali demi menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Baca Juga “

REVIEW: Beauty Treats Corrective Concealer Palette

REVIEW: L’Oreal UV Perfect Super Aqua Essence

REVIEW : Implora Urban Lip Cream Matte

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,