Pada bulan Januari tahun 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan Darurat Kesehatan Masyarakat Global karena penyebaran Virus COVID-19. Hingga kini, jutaan orang telah terjangkit virus COVID-19 dan ratusan ribu orang meninggal akibat penyakit ini.

Apa itu COVID-19?

Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 14 ...

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang disebut SARS-CoV-2. Menurut CDC, penyakit ini menyebar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara. Penyebaran lebih mungkin terjadi ketika orang berada dalam kontak dekat satu sama lain, terutama ketika orang tidak mengenakan peralatan pelindung (masker). Pada bulan April, CDC mencatat bahwa penyakit ini juga dapat menyebar dengan menyentuh permukaan atau benda di mana virus corona menempel di permukaannya. Virus ini akan menempel di tangan, kemudian masuk ke dalam tubuh ketika seseorang  menyentuh mulut, hidung, atau mata dengan tangan kotor yang penuh virus.

Gejala COVID-19

Sehat | Kenali 3 Gejala Awal Covid-19

Umumnya, gejala virus COVID-19 meliputi :

  • Batuk
  • Sesak napas
  • Demam (muncul antara 2 – 14 hari setelah terinfeksi)

Tetapi gejala-gejala ini dapat bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang mengalami gejala pernapasan, seperti sesak napas, sementara yang lain mengalami manifestasi parah, seperti gumpalan darah dan stroke. Banyak pula orang yang terinfeksi namun tidak memiliki gejala sama sekali. Hingga kini, COVID-19 masih terus diteliti.

Bagaimana cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19?

Perlu waktu lebih dari satu tahun untuk mengembangkan dan membagikan vaksin virus COVID-19 dan hingga kini para peneliti masih terus berupaya mengembangkan vaksin untuk COVID-19.

  • Menjauh dari orang yang terinfeksi adalah cara yang paling dapat diandalkan untuk menghindari terpapar virus COVID-19. Tetapi hal ini tidak mudah di lakukan. Di luar sana banyak orang yang terjangkit virus namun tidak pernah mengalami gejala maupun belum mengalami gejala ketika menularkannya para orang lain. Inilah sumber pandemi yang terjadi saat ini.
  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun secara teratur dan menyeluruh setidaknya selama 20 detik, terutama setelah kamu berada di tempat umum. Jika kamu tidak mendapatkan akses untuk mencuci tangan secara manual dengan air dan sabun, maka gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Semprotkan/oleskan ke seluruh kamu dan gosok sampai kering.

Selain itu, sebaiknya kamu juga mencuci pergelangan tangan kamu, terutama jika pergelangan tangan kamu telah menyentuh permukaan yang terinfeksi atau jika kamu menyentuh pergelangan tangan kamu dengan tangan.

  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut kamu, terutama ketika tangan kamu belum dibersihkan
  • Semua orang wajib memakai penutup wajah (masker) ketika berada di tempat-tempat umum. Masker yang kamu pakai harus pas di mulut dan hidung kamu, sehingga dapat mencegah tetesan pernafasan menyebar ke orang lain.
  • Semua orang juga wajib menjaga jarak sosial yang sesuai dengan protokol, yaitu enam kaki atau lebih, terutama di daerah-daerah dengan transmisi kelompok yang signifikan.
  • Patuhi aturan pemerintah setempat, tetaplah tinggal di rumah dan hindari keluar ke tempat-tempat umum yang dapat memicu penyebaran virus

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/alasan-mengapa-kamu-sering-mimpi-buruk-di-tengah-pandemi-covid-19/

http://www.tampilcantik.com/privasi-atau-ruang-pribadi-sebelum-dan-sesudah-pandemi-covid-19/

http://www.tampilcantik.com/cara-menjaga-hubungan-jarak-jauh-ldr-di-tengah-pandemi-virus-covid-19/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Pentingnya Memeluk Anak Secara Teratur

Sudahkah kamu memeluk anak kamu hari ini? Tentu