Ketika datang ke jerawat dan jerawat, kita semua telah menghabiskan berjam-jam menatap cermin, berharap mereka akan pergi. Dan kemungkinan besar, kami telah mencoba hampir semua obat yang ada. Sementara sebagian besar perawatan jerawat menjanjikan dunia, tetapi memberikan apa-apa, kami ingin mengalihkan perhatian Anda ke teh hijau untuk jerawat. Tidak hanya baik untuk tubuh Anda, teh hijau bila dioleskan atau bahkan dikonsumsi, dapat membantu mengobati iritasi kulit, jerawat, dan bahkan bekas jerawat. Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat teh hijau untuk jerawat? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kulit Berminyak

Lebih sering daripada tidak, jerawat disertai dengan kulit berminyak. Jerawat disebabkan ketika sebum menyumbat folikel kulit, dan kulit berminyak berjalan seiring dengan produksi sebum yang berlebihan. Teh hijau bermanfaat untuk kulit berminyak hanya dengan mengurangi produksi sebum di kulit saat digunakan secara topikal, berkat polifenol yang ada di dalamnya. Selain itu, ia memiliki sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri yang membuatnya sangat cocok untuk menghilangkan kulit berminyak. Ketika ada kekurangan produksi sebum, ada bukti jelas yang menunjukkan bahwa akan ada lebih sedikit jerawat dan jerawat yang menyertainya.

Tak perlu dikatakan, teh hijau terdengar menjanjikan untuk kulit berjerawat dan berminyak. Tetapi jika Anda bertanya-tanya bagaimana teh hijau untuk jerawat benar-benar bekerja, kami akan menguraikannya untuk Anda.

Bagaimana Teh Hijau Bekerja Untuk Jerawat

1. Menetralisir Radikal Bebas

Teh hijau mengandung katekin, yaitu senyawa nabati yang memiliki sifat antioksidan. Katekin menyerang radikal bebas yang mungkin ada di wajah dan menetralisirnya, yang berhasil mencegah kerusakan sel dan mengurangi pembentukan jerawat di wajah.

2. Mengontrol Produksi Minyak

Teh hijau sangat bermanfaat untuk kulit berminyak karena mengontrol produksi sebum secara efektif, berkat polifenol yang ada di dalamnya. Selain itu, ia juga kaya akan epigallocatechin gallate atau EGCG, sejenis polifenol yang memutus siklus pori-pori tersumbat, yang sering menjadi penyebab utama jerawat hormonal.

3. Mengurangi Peradangan

Meskipun memiliki jerawat dapat menyebabkan peradangan dan kemerahan pada kulit, kami senang untuk melaporkan bahwa teh hijau sebenarnya adalah bahan anti-inflamasi, berkat senyawa katekin yang ada di dalamnya. Apakah Anda mengkonsumsinya atau mengoleskannya, Anda dapat menghambat semua tanda peradangan kulit, yang di masa depan, dapat mengurangi kemungkinan munculnya bekas jerawat juga.

4. Memberikan Tubuh Detoks

Kulit Anda sering mencerminkan keadaan dalam tubuh Anda, jadi jika kulit Anda terus-menerus berjerawat dengan semua jenis jerawat, tubuh Anda mungkin sangat membutuhkan detoksifikasi. Untungnya, teh hijau adalah tentang memberikan sistem Anda detoks, karena menghilangkan racun yang mungkin menyebabkan masalah dari dalam, meningkatkan metabolisme Anda, dan membersihkan tubuh Anda dari dalam.

5. Mengurangi Bakteri Penyebab Jerawat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa EGCG (polifenol yang terdengar sangat rumit yang kami sebutkan sebelumnya) dapat menghambat pertumbuhan bakteri P.acnes, yang bertanggung jawab untuk menyebabkan jerawat. Ini menjadikannya bahan yang efektif dalam mengurangi jerawat dan segala bentuk potensi kerusakan di masa depan.

Tindakan Pencegahan Sebelum Menggunakan Teh Hijau Untuk Jerawat

Kecuali Anda memiliki alergi parah terhadap teh hijau, teh hijau umumnya aman digunakan untuk kulit berjerawat. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil sebelum menggunakannya. Inilah yang perlu Anda ingat:

1. Selalu Gunakan Pada Kulit Bersih

Jika wajah Anda memiliki penghalang minyak, kotoran, kotoran, atau bahkan produk riasan, tampaknya teh hijau yang digunakan secara topikal tidak akan berpengaruh pada jerawat Anda. Selalu pastikan bahwa Anda menggunakan teh hijau untuk jerawat pada kulit yang benar-benar bersih, sehingga semua senyawa yang baik dapat menembus kulit dengan baik.

2. Jangan Mengkonsumsinya Secara Berlebihan

Konsumsi teh hijau yang berlebihan dapat terjadi murni dalam bentuk suplemen; jadi, jika Anda mengonsumsi suplemen teh hijau untuk jerawat Anda, selalu konsultasikan dengan profesional medis untuk mengetahui dosis yang tepat untuk Anda! Mengkonsumsi lebih dari 800mg katekin teh hijau setiap hari dapat berdampak buruk pada hati, dan kami tidak menginginkannya!

3. Menghabiskan Waktu Penggunaan Anda

Apalagi jika Anda memiliki jerawat pada kulit kering atau sensitif! Terlalu sering menggunakan teh hijau secara topikal dapat mengeringkan kulit Anda jika Anda tidak berhati-hati, jadi selalu berhati-hatilah, terutama jika Anda hanya menggunakan campuran teh hijau saja seperti masker teh hijau.

Baca Juga :

<strong>9 Alasan Teh Hijau Membantu Menurunkan Berat Badan</strong>

Mengenal Manfaat Teh Hijau Dan Cara Terbaik Untuk Mengkonsumsinya

Teh Hijau yang Ternyata Dapat Membantu Meningkatkan Kecantikan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Manfaat dan Pentingnya Rutinitas CTM

Rutinitas CTM mengacu pada proses pembersihan, pengencangan dan