Tetap nyaman di tempat tidur Anda yang hangat di malam hari

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada harus bangun dari tempat tidur untuk buang air kecil di malam hari. Untungnya, ada beberapa tip tentang cara menghindarinya. Kami telah membuat daftar lengkap!

Kita semua pernah mengalaminya: Anda tidur nyenyak di tempat tidur Anda yang hangat, tetapi Anda bangun karena harus pergi ke kamar mandi. Ini sangat menjengkelkan, tetapi Anda bisa melakukan sesuatu untuk mengatasinya! Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah ini. Anda mungkin sudah mencoba segala cara untuk menghindari buang air kecil di malam hari, seperti tidak banyak minum di malam hari. Tidak bekerja untuk Anda? Kemudian Anda dapat mencoba menggunakan beberapa tip berikut ini.

Beser

Anda biasanya menghasilkan sekitar 1 hingga 2 liter urin per hari, dan hanya 25% darinya pada malam hari. Jadi kamu harus bisa melewati malam tanpa harus buang air kecil. Apakah Anda terbangun beberapa kali dalam semalam untuk pergi ke kamar mandi? Kemudian Anda mungkin memiliki kandung kemih yang terlalu aktif, juga disebut sebagai nokturia. Ini berarti Anda mengalami peningkatan produksi urin di malam hari. Gangguan ini terlihat lebih sering pada wanita daripada pria, dan usia juga berperan.

Penyebab

Jika Anda memperhatikan Anda mengalami ini juga, Anda mungkin ingin tahu apa penyebabnya. Produksi urin yang meningkat dapat disebabkan oleh banyak hal, dan beberapa tidak berbahaya dibandingkan yang lain. Kemungkinan penyebabnya adalah:

  • Makan atau minum terlalu banyak sebelum tidur
  • Gangguan hormon antidiuretik (ADH), hormon yang memastikan Anda memproduksi lebih sedikit urin di malam hari
  • Fungsi ginjal terganggu
  • Gangguan kandung kemih
  • Untuk pria: masalah prostat
  • Pembentukan edema atau lebih dikenal dengan penumpukan cairan
  • Obat tertentu

Ke dokter atau tidak?

Kapan tepatnya Anda harus pergi ke dokter? Sebaiknya Anda pergi jika masalah buang air kecil di malam hari mengganggu tidur dan istirahat malam Anda. Jika Anda hanya sesekali pergi ke kamar kecil pada malam hari, jangan terlalu khawatir. Hanya kunjungan ke dokter yang dapat menjelaskan masalah yang dihadapi karena dokter dapat melakukan sesuatu tentang hal itu. Dokter Anda dapat memeriksa: kebiasaan makan dan minum, gangguan hormon, masalah kandung kemih atau prostat, infeksi saluran kemih, masalah ginjal, dan masalah jantung.

Inilah yang bisa Anda lakukan sendiri

Sebelum memeriksakan diri ke dokter, ada beberapa hal yang bisa Anda upayakan agar tidak buang air kecil di malam hari. Coba tips berikut ini:

  • Jangan minum apapun setelah jam 8 malam. Jika Anda minum satu setengah liter air sepanjang hari, ini seharusnya tidak menjadi masalah.
  • Batasi konsumsi kafein dan alkohol Anda. Minuman ini memiliki efek penolak kelembapan.
  • Apakah Anda menderita kaki bengkak di siang hari? Tidurlah dengan bantal di bawah kaki Anda agar tetap terangkat atau gunakan stoking kompresi.
  • Perhatikan apa yang Anda makan sebelum tidur. Pencernaan dapat merangsang produksi urin.
  • Dan terakhir (dengan persetujuan dokter Anda) Anda bisa minum diuretik (pengekspos air) atau desmopresin di sore hari.

Baca Juga :

7 Cara Mengontrol Kandung Kemih Saat Tidak Ada Kamar Mandi untuk Buang Air Kecil

Ingin Buang Air Kecil Terus? Bisa Jadi Karena Hal-Hal Ini, Ladies

Ladies, Tanda-Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Masalah Buang Air Kecilmu Bisa Jadi Batu Ginjal, Waspada, Ya!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Bakat Kamu Lewat 8 Cara Berikut

Minat dan bakat adalah kedua isu membuat orang